Senin, 25 September 2017

7 Jurusan Paling Sepi Peminat Ini Justru Ngasih Peluang Kerja Lebih Besar dan Gajinya Selangit Loh

  • Ayesha
  • 22/02/2017 11:43 WIB
7 Jurusan Paling Sepi Peminat Ini Justru Ngasih Peluang Kerja Lebih Besar dan Gajinya Selangit Loh

Momen perpindahan antara lulus SMA/SMK ke kuliah adalah momen yang cukup sulit. Kamu pasti bakal dibikin stress sama berbagai ujian dan pilihan jurusan yang banyak. Sebagian orang akhirnya malah pilih jurusan yang banyak peminatnya. Selain itu, jurusan itu juga menjanjikan peluang kerja yang besar setelah lulus nanti. Padahal nggak selalu gitu loh. Ada beberapa jurusan yang sepi peminat padahal peluang suksesnya malah lebih besar dari jurusan lainnya. Ini nih daftarnya.

1. Ilmu Perpustakaan

Banyak yang ngira jurusan ini nggak dibutuhkan dan membosankan. Padahal sebaliknya. Lulusan dari jurusan ini malah banyak dicari loh. Wawasan kamu akan bertambah luas dan kamu bisa jadi lulusan yang over knowledge kalau mengambil jurusan ilmu perpustakaan. Itu udah jadi poin plus saat mau melamar kerja.

2. Filsafat

Jurusan yang satu ini juga sepi peminat. Banyak yang beranggapan bahwa jurusan ini terlalu sulit buat ditaklukkan. Orang yang kuliah di sini bakal butuh waktu lama. Padahal kalau kamu kuliah jurusan ini ada kemungkinan kamu bisa jadi penasehat penelitan bahkan penasihat negara. Jangan ditanya berapa gajinya deh.

3. Ilmu Arkeologi

Jurusan lain yang dianggap membosankan adalah ilmu arkeologi. Padahal kuliah di jurusan ini tuh seru banget. Kamu bisa kebudayaan (manusia) masa lalu melalui kajian sistematis atas data benda-benda yang ditinggalkan. Ada peluang juga buat bergabung sama peneliti internasional loh.

4. Ilmu Astronomi

Jangan anggap remeh jurusan ini. Ilmu Astronomi sendiri merupakan cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi. Serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi. Justru kalau memilih jurusan ini, kamu berpeluang melamar di badan astronomi Indonesia atau internasional. Gajinya lumayan tinggi, lho!

5. Batra

Batra adalah jurusan yang bakal ngajarin kamu buat bikin obat tradisional. Jangan remehkan jurusan ini loh. Walupun udah banyak obat yang canggih, minat masyarakat akan obat herbal juga masih sangat tinggi. Kamu akan bisa menciptakan obat-obat herbal dan tradisional baru. Pencipta obat itu gajinya juga tinggi lho.

6.Pendidikan Guru SLB

Sekarang ini peluang untuk lulusan keguruan cukup dikit, kecuali untuk lulusan dari Pendidikan Guru SLB. Nggak cuma di Indonesia, di luar negeri jumlah guru untuk anak berkebutuhan khusus ini masih sangat kurang. Itu artinya peluang kerjamu lebih banyak.

7. Kehutanan

Banyak yang beranggapan setelah lulus kamu akan jadi penjaga hutan. Di jurusan ini, kamu bakal belajar ilmu pengelolaan hutan, seperti sumber daya alam. Jadi lingkup kerjamu sangat luas! Presiden Jokowi juga lulusan Fakultas Kehutanan UGM (Universitas Gajah Mada).

So, nggak usah ragu lagi kalau kamu emang minta buat ambil salah satu dari tujuh jurusan itu. Sepi peminat nggak berarti sepi kerjaan loh. Justru, kamu nggak punya banyak saingan. Peluang kerja akan lebih besar.

Sumber: idntimes.com/Rizal Aditya



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close