Minggu, 16 Desember 2018

Kenapa Dokter Pakai Baju Warna Hijau/Biru Saat Megoperasi Pasien? Ini Jawabannya

  • Ayesha
  • 24/02/2017 16:15 WIB
Kenapa Dokter Pakai Baju Warna Hijau/Biru Saat Megoperasi Pasien? Ini Jawabannya

Pernahkah kamu tanya kenaa dokter selalu pakai seragam warna hijau atau biru saat mereka mengoperasi pasien? Banyak yang mengira bahwa nggak ada hubungannya warna baju sama keberhasilan operasi. Fakta mengejutkan diungkap oleh Brightside.me. Nyatanya warna baju itu punya peran penting selama proses operasi.

Awalnya, semua staf medis mengenakan pakaian putih. Nah, di tahun 1914 ada seorang dokter mencoba baju warna hijau atau biru. Bukan tanpa alasan. Warna putih ternyata bisa mengganggu proses operasi.
Penglihatan ahli bedah akan gelap jika mereka mengalihkan pandangan mereka dari warna gelap darah ke pakaian yang dipakai rekan-rekan mereka. Efek yang sama terjadi ketika kamu pertama kali pergi ke luar di musim dingin dan melihat sinar matahari terpantul salju.



Kamu mungkin tanya lagi, kenapa warna yang dipilih hijau atau biru bukan kuning atau ungu? Alasannya karena hijau dan biru adalah warna yang berlawanan sama merah dan selama operasi berlangsung ahli bedah akan fokus id warna merah.

Karena itu, warna hijau dan biru dari pakaian mereka tidak hanya membantu untuk meningkatkan ketajaman visual seorang ahli bedah, tetapi juga membuat mereka lebih sensitif terhadap berbagai warna merah. Hal itu membantu mereka lebih memperhatikan warna anatomi manusia, yang secara signifikan mengurangi kemungkinan bahwa mereka akan membuat kesalahan selama operasi.

Itu tadi penjelasan tentang baju seragam saat operasi di rumah sakit. Jangan kira, itu asal pilih aja loh. Semua udah dipertimbangkan secara matang demi kelancaran dan keselamatan pasien.



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close