Jumat, 22 Juni 2018

5 Strategi Jitu Buat Naikkin Nilai Matematika

  • Ayesha
  • 02/03/2017 13:44 WIB
5 Strategi Jitu Buat Naikkin Nilai Matematika

Matematika adalah pelajaran yang menyenangkan dan ditunggu buat beberaapa orang tapi kebanyak sih ngeluh sama pelajaran yang satu ini. Orang yang ngeluh sih biasanya karena nilai mereka jelek atau emang beneran nggak bisa sama yang namanya hitung hitungan dan rumus yang seabrek. Kalau kamu juga termasuk orang yang bermasalah dengan nilai matematika, coba deh terapin lima strategi yang dilansir dari mathgoodies.com.

1. Fokus ke satu topik

Saat kamu belum paham sama satu topik, jangan malah nyoba yang lainnya. Kamu harus fokus buat menyelesaikan satu topik itu dan memastikan kalau kamu udah bener-bener paham. Kalau kamu pindah-pindah dan nggak fokus, kamu malah nggak akan dapat apa-apa dan buang waktu aja. Ditambah lagi, matematika adalah pelajaran yang saling berkaitan dan berurutan. Kalau kamu belum paham bab yang pertama, misalnya, kamu nggak akan bisa paham bab yang kedua. Ingat nggak saat SD, kamu pasti disuruh belajar pengurangan dulu sebelum akhirnya tahu pembagian dan perkalian.

2. Mencoba buat mengerjakan contoh soal

Biasanya di setiap buku dan materi yang kamu pelajari bakal ada contoh soal. Kamu bisa mencoba mengerjakan contoh soal itu tapi jangan ngintip jawabannya dulu. Kerjakan sebisamu dan lihat apakah jawaban kamu benar atau salah. Pemahamanmu tentang matematika nggak bisa dinilai kalau kamu cuma baca buku aja. Kamu harus membuktikan dengan menyelesaikan permasalahan. Selain itu saat kamu bisa mengerjakan contoh soal itu dan jawabanmu benar, secara nggak sadar kamu kepercayaan dirimu bakal meningkat.  

3. Jangan membayangkan apapun sebelum mulai menulis

Jujur aja, selama ini kamu pasti udah membayangkan rumus, cara, dan segala macam hal di kepalamu sebelum menulis apapun di kertas. Itu bukan langkah yang tepat. Pertama-tama kamu harus menuliskan masalah. Baru kamu mulai menyelesaikannya langkah demi langkah. Tulis satu per satu. Walaupun panjang, itu justru bakal mempermudah kamu buat menyelesaikan soal itu. Kalau kamu mencoba untuk menyingkat, pada akhirnya kamu malah akan bingung sendiri.

4. Jangan nulis pakai pulpen

Hal ini kedengarannya sederhana tapi sangat berpengaruh. Kalau kamu nulis pakai pulpen, kamu akan kesulitan buat menghapus. Hasilnya kertas kamu bakal penuh coretan yang bikin kamu bingung sendiri. Kertas yang penuh coretan bakal mempengaruhi kondisi mental kamu. Kamu akan merasa stress dan soal itu terlalu rumit. Kamu juga bakal kesulitan menemukan kesalahan karena tulisan kamu nggak rapi.

5. Tulis cara dan jawaban kamu secara urut dan per baris

Selalu kerjakan setiap soal dengan menulis penyelesaiannya secara vertikal. Setiap baris ada satu langkah. Jangan pernah nulis penyelesaian secara horizontal. Kamu bakal kesulitan sendiri buat memahami apa yang kamu tulis. Mungkin cara nulis secara vertikal bakal menghabiskan kertas, tapi kamu nggak akan bingung saat guru tanya tentang caramu menyelesaikan satu soal. Ditambah lagi, kamu akan lebih mudah paham jika suatu saat nanti membutuhkan catatan itu lagi.

Coba deh terapin itu semua setiap kali kamu belajar matematika. Lama kelamaan kamu bakal bisa merasakan perbedaannya.



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close