Minggu, 16 Juni 2019

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

  • Fitri
  • 02/03/2017 21:08 WIB
Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Teknik informatika adalah salah satu jurusan teknik, yang mempelajari tentang bagaimana menerapkan logika matematika dalam pengelolaan informasi. kemampuan yang paling utama dari mahasiswa yang kuliah di jurusan ini adalah kemampuan berpikir logis dan terstruktur.

Jurusan teknik informatika sendiri memiliki banyak sekali program pemetaan seperti sistem informasi, jaringan komputer dan komunikasi data, sistem cerdas dan grafika komputer serta komputasi dan metode numerik.

Teknik infomatika mempelajari tentang:
1. pengenalan teknologi informasi
2. pengantar rekayasa & Desain
3. pengantar analisis rangkaian
4. dasar pemograman
5. struktur data & algoritma

Prospek kerja jurusan teknik informatika:

1. Pegawa Negeri Sipil
Bisa dikatakan semua Instansi, lembaga dan badan pemerintahan membutuhkan praktisi teknik Informatika. Namun yang paling banyak membutuhkan jurusan ini adalah kementerian Komnikasi dan Informatika.

2. Badan usaha milik negara
badan usaha milik negara juga membutuhkan lulusan dari teknik informatika terutama PLN dan telkom. selain itu juga, BUMN yang bergerak dibidang perkebunan, kehutanan dan lainnya yang bisa dimasuki lulusan teknik informatika.

3. Tenaga pendidik
lulusan dari jurusan teknik informatika bisa menjadi guru di sekolah-sekolah teknik. peluang untuk menjadi dosen juga sangat terbuka lebar, sebab banyak perguruan tinggi yang dibuka di seluruh indonesia, akan tetapi untuk menjadi dosen sarjana teknik harus meneruskan ke tahap selanjutnya untuk menempuh studi S2

4. Programmer
lulusan teknik informatika erat kaitannya dengan pembuatan program. membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi-fungsi tertentu, menjadi tugas inti dari seorang programmer. programmer dalam segala bidang kerja, baik industri, pertelevisian, perbanka, media, instansi, pemerintah, bisnis dan ekonomi.

5. Software engineer
mengembangkan software untuk pendidikan, bisnis, hiburan, games dan lain sebagainya. perangkat lunak yang biasanya juga digunakan untuk simulasi-simulasi. software engineer, yang menjadi salah satu prospek kerja dari lulusan teknik informatika.

6. IT Consultant
lulusan jurusan ini bisa menjadi konsultan IT, seorang lulusan teknik informatika dapat menerapkan ilmu-ilmunya secara nyata dalam suatu organisasi, mulai dari perencanaan, pelakasanaan hingga evaluasi dalam menerapkan teknologi dan informasi didalamnya.

7. Game Developer
jurusan teknik informatika, terkadang dibekali dengan keahlian komputer grafis. denga perpaduan ini, seseorang lulusan teknik informatika juga dapat menjadi seorang game developer. membuat dan mengembangkan perangkat lunak multimedia game, merupakan prospek kerja yang cukup menjanjikan bagi lulusan teknik informatika. terlebih lagi jika games yang dilempar kepasaran menjadi games yang fenomenal dan membuat siapapun memainkannya menjadi addicted. dijamin bakalan pundi-pundi uang akan terus mengalir ke dalam rekening anda. heheheh

8. Computer network / data communication engineer
menjadi seorang computer network juga menjadi salah satu prospek kerja terbaik bagi lulusan teknik informatika. seorang computer network bertugas untuk merancang rsitektur dan pembangunan jaringan.


sumber:http://www.academicindonesia.com



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close