Senin, 17 Desember 2018

Biar Nggak Ketipu, 7 Hal Ini Harus Kamu Cek Setelah Beli Smartphone

  • Ayesha
  • 03/03/2017 20:05 WIB
Biar Nggak Ketipu, 7 Hal Ini Harus Kamu Cek Setelah Beli Smartphone

Saat beli smartphone, kamu nggak boleh begitu aja percaya sama iklan dan spesifikasi yang dijelaskan oleh penjualnya. Setelah kamu udah beli, karena kamu nggak bisa cek sebelum beli, kamu harus segera melakukan pengecekan. Tujuh hal ini jadi yang paling penting buat dicek. Jangan sampai kamu ketipu dan mendapat smartphone yang jelek.

1. Sim card

Pertama, kamu harus pastikan slot untuk sim card bisa dipakai secar normal. Kamu juga harus cek apa koneksi 3G dan 4G di ponsel bisa berjalan lancar. Jangan lupa buatnyoba telfon nomor lain juga untuk memastikan bahwa kartu bisa berfungsi sengan baik.

2. Kartu memori

Mintalah untuk memasang kartu memori, sebaiknya dengan kapasitas sesuai yang tertera pada spesifikasi. Lalu cek di File Manager, apakah kartu memori terdeteksi dan cek apakah kapasitas memorinya sesuai. Kalu enggak, berarti kamu harus mulai curiga.

3. Baterai

Hal yang nggak kalah penting lainnya adalah baterai. Coba cek dengan cara mengisi ulang batre itu. Apa ada masalah atau tidak.  Jika memiliki fitur fast charging lakukan tes pula. Sebab tak sedikit produk yang hanya embel-embel belaka.

4. Kamera

Ini nih, bagian yang sangat penting. Kamu harus langsung nyobain kameranya. Jangan lupa lepas plastik yang biasanya menutup kamera. Gunakan kamera utama dan kamera depan. Cek juga apa foto itu bisa diunggah di sosmed atau nggak.

5. Audio

Biasanya udah ada lagu bawaan di ponsel, kamu bisa coba dengarkan.

6. Wi-Fi

Pastikan ponsel baru kamu bisa tersambung dengan Wi-Fi.  Jangan lupa, kartu SIM masih terpasang dan tes pula Personal Hotspot untuk tethering.

7. About phone

Yang terakhir ini kadang dilupakan orang saat beli hp baru. Padahal ini penting buat mengetahui kondisi ponsel kamu. Kamu bisa cek IMEI, prosesor, RAM, ROM, dll. Apakah sesuai dengan spek yang dijanjikan atau tidak.

Dengan ketelitian itu, kamu nggak akan gampang ditipu sama iklan atau penjual. Pokoknya cek satu-satu. Kalau belum sesuai sama yang dijanjikan, kamu bisa segera komplain.

Sumber: Intisari-Online/Ade Sulaeman



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close