Sabtu, 18 November 2017

6 Hoax Paling Fenomenal dalam Sejarah Peradaban Manusia, Hampir Semua Orang di Dunia Percaya

  • Ayesha
  • 09/03/2017 09:33 WIB
6 Hoax Paling Fenomenal dalam Sejarah Peradaban Manusia, Hampir Semua Orang di Dunia Percaya

Hoax adalah info yang nggak benar alias tipuan semata. Hoax ini makin lama makin mengkhawatirkan karena sekarang setiap info gampang banget tersebar ke mana aja lewat media sosial. Dari ribuan hoax yang pernah tersebar, enam hoax ini jadi yang paling fenomena seperti dilansir dari lama brightside.me (9/3/2017).

1. Cottingley Fairies



Cottingley Fairies adalah sebuah foto berseri yang diambil pada tahun 1917 dan 1921 oleh dua orang anak gadis yang usianya 10 dan 16 tahun. Foto itu mencoba buat membuktikan keberadaan peri. Jangankan orang biasa, seorang Arthur Conan Doyle yang merupakan penulis Sherlock Holmes aja percaya bahwa foto itu asli. Dia tetep percaya hal itu bahkan sampai akhir hayatnya.

2. Hilangnya populasi orang berambut blonde



Di tahun 2002, BBC menerbitkan sebuah artikel yang menyatakan bahwa jumlah orang berambut pirang yang lahir makin dikir. Dalam waktu dua ratus tahun, jumlah orang berambut pirang diprediksi akan hilang. Faktanya, gen rambut pirang terus diturunkan dari generasi ke generasi.

3. Loch Ness monster



Ini termasuk hoax terbesar di dunia. Pada tahun 1934, Daily Mail menerbitkan foto pertama yang menunjukkan keberadaan hewan mistis. Foto itu diklaim sebagai hasil jepretan Dr. Wilson, seorang ahli bedah London. Foto itu menggegerkan dunia, sampai tahun 1994 foto itu dinyatakan palsu.

4. Piltdown Man



Pada 1912, seorang arkeolog amatir yang bernama Charles Dawsan mengaku bahwa dia menemukan mahkluk yang hidup di masa kuno. Temuannya itu diduga sebagai sesuatu yang bisa menghubungkan antara kehidupan manusia dan primata. Nah, 40 tahun kemudian dugaan itu salah. Ternyata tengkorak Piltdown Man’s itu berasalal dari Abad Pertengahan.

5. William Mumler



Di akhir abad 19, seorang fotografer bernama William Mumler mencoba buat mengambil gambar orang yang udah meninggal dengan keluarganya yang masih hidup. Foto yang paling terkenal adalah foto Mary Todd Lincoln dan sosok hantu yang disebut sebagai Abraham Lincoln. Setelah diselidiki ternyata foto itu juga cuma palsu.

6. Otopsi Alien



Di tahun 1947, ada sebuah kecelakaan di Roswell, Amerika Serikat. Kecelakaan itu diduga sebagai kecelakaan alien. Pada tahun 1995, produser film asal Inggris, Ray Santili, membuat sebuah video yang sensaional yang menunjukkan otopsi mayat alien dari kecelakaan itu. Beberapa saat kemudian terungkap bahwa video itu ternyata palsu. Santili pakai boneka humanoid untuk membuat video itu.



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close