Sabtu, 21 Juli 2018

8 Fakta tentang Musik dan Gimana Musik Bisa Mempengaruhi Otak

  • Ayesha
  • 13/03/2017 16:50 WIB
8 Fakta tentang Musik dan Gimana Musik Bisa Mempengaruhi Otak

Nggak kebayang deh gimana suasana dunia ini tanpa ada musik. Kayaknya bakal sepi dan memprihatinkan banget deh suasananya. Musik itu nggak cuma sekadar buat hiburan atau jadi pengiring saat lagi ngelakuin sesuatu. Ternyata ada beberapa fakta mengejutkan tentang musik yang harus kamu tahu.

1. Kamu merinding saat mendengarkan lagu tertentu.



Hal itu bisa terjadi karena saat mendengarkan musik, otak memproduksi dopamine. Ini adalah zat yang bisa menstimulasi perasaan lebih baik. Zat ini bisa membuat kamu termotivasi dan merasa bahagia.

2. Memutar musik secara teratur bisa mengubah struktur otak.



3. Otak merespon musik dengan cara yang sama seperti saat merespon sesuatu yang kamu makan.

Udah disebutin tadi bahwa saat mendengarkan musik, ada dopamine yang diproduksi. Nah, zat itu berkaitan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan hal-hal yang menyenangkan.

4. Mendengarkan musik sambil olahraga bisa meningkatkan kinerja.

Kamu akan merasakan semangat dan kesenangan yang lebih saat berolahraga sambil mendengarkan musik.

5. Keterikatan emosional bisa menjadi alasan kenapa kamu suka satu lagu tertentu.

Lagu favorit masing-masing orang beda. Semua itu tergantung sama pengalaman dan hubungan emosional antara lagu dan seseorang.

6. Detak jatungmu dipengaruhi sama musik yang kamu dengarkan.



Musik ternyata bisa memodulasi denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

7. Mendengarkan lagu bahagia atau sedih bisa mempengaruhi caramu melihat dunia loh.

Ini kedengarannya sangat serius yah? Emang serius. Lagu-lagu senang bisa membuat kamu lebih semangat dalam melihat kehidupan dan dunia. Beda banget sama efek yang diciptakan oleh lagu sedih.

8. Pernah nggak kamu benci sama satu lagu tapi lagu itu malah terus terngiang di otak kamu.

Itu disebut sebagai "eraworm" di mana ada lagu yang nggak bisa keluar dari otak kamu. Otakmu akan terus bernyanyi lagu itu walaupun lagunya udah berakhir.



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close