Sabtu, 18 November 2017

Sadar Nggak, Sebagian Besar Tokoh Kartun Warnanya Kuning? Ini Alasannya

  • Ayesha
  • 25/04/2017 14:18 WIB
Sadar Nggak, Sebagian Besar Tokoh Kartun Warnanya Kuning? Ini Alasannya
EPIZONE.ID - Kayaknya di dunia ini hampir semua orang punya tokoh kartun yang jadi idola. Nah, hampir semua tokoh yang diidolakan oleh orang bitu warnanya kuning. Beberapa di antaranya adalah SpongeBob, Tweety, Winnie the Pooh, Minions, Pikachu, The Simpsons, Pluto, dan masih banyak lagi.

Bukan kebetulan, ternyata ada alasan kenapa para animator pilih warna kuning untuk tokoh yang mereka ciptakan.



Alasan pertama adalah color theory. Dalam hal ini roda warna dipakai buat menunjukkan warna mana yang saling melengkapi. Setelah dilihat ternyata kuning dan ungu jadi warna yang saling melengkapi.

Di TV, ada roda warna lain yang disebut sebagai RGB model. Di model yang satu ini, kuning akan cocok dengan warna biru. Ditambah lagi, biru adalah warna yang paling sering dipakai sebagai backround dalam animasi.



Alasan kedua adalah psikologi warna. Hal ini berkaitan sama sesuatu yang diasosiasikan saat orang melihat warna tertentu. Misalnya aja, warna merah diasosiakan dengan sesuatu yang negatif seperti kemarahan.

Warna kuning adalah warna yang dianggap simbol sesuatu yang aktif. Warna ini diasosiasikan dengan kebahagian dan engergi positif. Kamu pasti mau karakter kartun yang punya karakter kayak gitu kan?

Alasan ketiga adalah mata kita. Warna kuning terlihat sangat menonjol. Hal itu bisa terlihat dari warna papan peringatan dan taksi yang biasanya juga berwarna kuning.

Keuntungan lain dari pemilihan warna kuning adalah orang yang mengalami buta warna tetap bisa melihat warna kuning.



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close