Minggu, 16 Desember 2018

Wow.. Ini Dia 10 Buku Tertua Di Dunia. Salah Satunya dari Emas Lho

  • Rosiana
  • 10/05/2017 21:27 WIB
Wow.. Ini Dia 10 Buku Tertua Di Dunia. Salah Satunya dari Emas Lho

EPIZONE.ID - Penggunaan buku di era global ini sudah semakin berkurang. Apalagi dengan ditemukannya buku elektronik dalam berbagai bentuk. Tapi kita ngak boleh langsung ngelupain kegunaan buku gitu aja loh. Seperti yang dilansir dari wiganlanebooks, berikut ini

Madrid Codex
wikimedia.org

  1. Madrid Codex

Madrid Codex atau yang disebut Tro-Cortesianus Codex merupakan buku yang ditemukan sejak tahun 1860-an. Sesuai namanya Madrid Codex ditemukan di kota Madrid, Spanyol. Buku tua ini kemungkinan besar ditulis dalam bahasa Yucatan. Madrid Codex merupakan salah satu dari 4 buku tersisa peninggalan suku Maya. Seperti yang diketahui, para penjelajah Spanyol membinasakan peninggalan suku Maya dan hanya 4 buku literatur yang bisa diselamatkan.

Gutenberg Bible 
smu.edu

  1. The Gutenberg Bible

Tercatat sebagai buku cetak tertua di dunia Barat. Usianya hampir mencapai 600 tahun dan merupakan buku cetak mesin pertama di dunia. Dicetak oleh Jonanes Gutenberg di Mainz, Jerman. Saat ini di dunia hanya terdapat 48 salinan asli buku ini. dan salah satunya disimpan di Perpustakaan Umum New York.

 Celtic Psalter - Buku tertua di dunia
wiganlanebooks.co.uk

  1. The Celtic Psalter

Juga disebut Mazmur Celtic. Menurut ilmuwan, buku ini diciptakan di abad ke 11 dan telah berusia 941 tahun. Buku ini jadi satu-satunya buku tertua di Skotlandia.

 Diamond Sutra -  Buddhist Holy Book
huffingtonpost

  1. Diamond Sutra

Buku yang diperkirakan telah berusia 1148 tahun ini merupakan kitab suci agama Buddha. Buku tua ini juga dianggap sebagai buku cetak tertua di dunia yang berasal dari daratan Tiongkok. Kebayang nggak sih orang Tionghoa jaman dulu jenius banget?

 Siddur - Buku Doa Umat Yahudi
wiganlanebooks.co.uk

  1. Siddur

Adalah buku doa umat Yahudi yang bertanggal 840 Masehi. Buku yang berusia 1176 tahun ini mengandung vokal Babelanion dan sangat mirip dengan Bahasa Inggris kuno. Saat ditemukan di tahun 2013, buku tua ini masih dalam kondisi lengkap dimana perkamen mengikat seluruh badan buku sebagai pelindung.

 Books of Kells- buku tertua di dunia ditemukan berisi 4 Injil Perjanjian Baru
from-ireland.net

  1. Book of Kells

Berusia 1.216 tahun. buku ini disimpan di Perpustakaan Trinity College, Dublin, Irlandia. Buku ini dibuat oleh pendeta Celtic sekitar tahun 800 Masehi. Ditulis dalam bahasa Latin, buku kuno ini berisi 4 Injil di Perjanjian Baru.

 St Cuthbert Gospel - buku tua di dunia yang berisi Injil dan dikuburkan bersama dengan pendeta St Cuthbert
pravoslavie.ru

  1. St Cuthbert Gospel

Saat ditemukan, buku ini masih dalam keadaan utuh. Sehingga dianggap sebagai buku tertua yang ditemukan dalam keadaan terjilid. Buku ini dibeli oleh British Library pada tahun 2012 sebagai bagian dari penggalangan dana. Berisi tentang Injil Kristen dan dikuburkan bersama dengan St Cuthbert, pemimpin awal Kristen di Inggris di tahun 689 Masehi.

Nag Hammadi - salah satu buku tertua di dunia 
null-entropy.com

  1. Nag Hammadi Library

Merupakan buku yang ditemukan pada tahun 1945 di dalam toples yang tertutup rapat dan berusia hampir 1.700 tahun. Dinamakan Nag Hammadi berdasarkan lokasi penemuan buku ini yaitu kota Nang Hammadi, Mesir. Ditulis dalam bahasa Koptik dan diduga diterjemahkan dari bahasa Yunani. Buku ini sekarang tersimpan di Museum Koptik, Kairo, Mesir.

 Pyrgi Gold Tablets - 3 lempengan emas dari tahun 500 SM
akg-images.co.uk

  1. Pyrgi Gold Tablets

Pada tahun 1964 di kota Pirgi, Italia, ditemukan 3 lempengan emas yang diperkirakan berasal dari tahun 500 SM. Lempengan ini merupakan dedikasi Raja Thefarie Velianas untuk Dewi Astarte Fenisia. Buku emas ini sekarang bisa dilihat di Museum Nnasional Etruscan, Roma, Italia.

 Eetruscan Gold Book - Ditemukan di Bbulgaria saat penggalian
pinterest.com

  1. Buku Emas Etrusca

Ditemukan saat penggalian di Sungai Struma, Bulgaria. Buku berusi 2.676 tahun ini dianggap sebagai buku multi-halaman tertua di dunia. Ditulis dalam karakter Etrusca, buku ini dibuat oleh orang Etruria. Etruria adalah ras yang bermigrasi ke Lydia (sekarang jadi bagian wilayah Turki). Buku ini disumbangkan oleh seorang donor anonim ke Museum Sejarah Nasional Bulgaria di Sofia. Dibuat sebanyak 6 lembar dari emas 24 karat dan diikat dengan cincin. Wow... kaya juga yang buat ya.


Baca Juga: 
Pecinta Buku Wajib Install 5 Aplikasi Ini di Ponsel Biar Nggak Kudet
Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Baca Buku
Kalo Dikumpulin Waktumu Buat Main Sosmed dalam Setahun Bisa Buat Baca 182 Buku, Gini Perhitungannya

 

 



Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close