Senin, 25 September 2017

Super Besar, Super Berat. Yuk Kenalan Sama Si Hewan Pencatat Rekor Ini

  • Rosiana
  • 15/05/2017 14:36 WIB
Super Besar, Super Berat. Yuk Kenalan Sama Si Hewan Pencatat Rekor Ini

EPIZONE.ID - Paus biru merupakan mamalia laut terbesar yang pernah hidup. Tak hanya di laut, klaim hewan terbesar juga disandang oleh paus ini sebagai hwan terbesar di dunia yang masih ada. Ukurannya bahkan bisa menyaingi dinosaurus yang hidup jutaan tahun lau. Tak hanya Dinosaurus, Ikan Besar ini juga punya keunikan. Yuk simak menarik Fakta Paus Biru ini

1. Dibandingkan dengan Dinosaurus, Paus Biru ternyata salah satu hewan terbesar yang pernah Hidup
Paus Biru dibandingkan dengan Sauropod

Tau Sauropod? Kalian pasti udah pernah liat visualnya di tayangan-tayangan Discovery. Itu loh jenis dinosaurus yang paling besar. Punya leher panjang dan herbivora. Inget kan? Nah si Paus Biru ini ternyata memiliki perbandingan besar yang sama. Sauropod, memiliki berat sekitar 96 ton . sedangkan di sisi lain, paus biru memiliki berat maksimum yang pernah tercatat sebesar 173 ton. Dengan fakta ini,  paus biru dinobatkan sebagai mamalia hewan terbesar di dunia yang masih eksisi sampai saat ini. Untung si paus ini hidup di laut. Coba kalo di darat, nggak bisa bayanggin se-gede apa kandangnya....

2. Saking besarnya, Lidah paus biru berbobot sebesar gajah hutan Afrika dan hatinya seukuran kereta golf
Ukuran hhati paus biru sebesar Mobil Golf

Para peneliti menemukan bangkai paus biru yang terjebak di es di Kanada kemudian mengukur berat dan besar masing-masing bagian tubuhnya. Lebih mengejutkan lagi, hati hewan besar ini sebesar mobil golf. Dan lidahnya memiliki berat 2,7 ton.

 3. Paus biru dapat mengkonsumsi 500 kilogram krill dalam sekali teguk

Krill merupakan makhuk yang mirip udang kecil. Sejumlah ikan kecil, cepopeda dan cumi-cumi masuk saat mulut paus ini membuka mulut mereka lebar-lebar. Mulut paus ini saat terbuka lebar bisa menampung 90 ton makanan dan air.

4. Saat bermigrasi, paus ini bisa puasa sampai 6 bulan
Peta Migrasi Paus Biru

Bayangkan kalo kamu puasa sampai 6 bulan. Sehari nggak ketemu makanan aja badan udah lemes. Nah si paus ini punya kehebatan lain selain badan yang super besar tadi. Saat bermigrasi, mereka akan mencari krill di daerah Antartika. Dan mengumpulkan cadangan makanan untuk kemudian pindah ke daerah khatulistiwa. Di perairan khatulistiwa, paus-paus ini akan berkembang biak dan puasa selama kurang lebih 6 bulan. Karena di daerah ini lebih sedikit kandungan krill-nya.

5. Sama kayak induknya, anak paus biru juga terlahir dengan ukuran fantastis
Bayi Paus Biru yang Juga Besar

Nggak kayak bayi hewan lain, bayi-bayi paus biru lahir dengan ukuran besar juga. Berat bayi paus biru yang pernah tercatat adalah 2,5 ton. Di hari pertama, mereka bisa menghabiskan 380 sampai 570 liter susu. Wow....

6. Dengan tubuh sebesar itu, nggak menjamin mereka punya ukuran otak yang besar juga
Otak Paus Biru yang kecil, namun jika dibandingkan dengan otak manusia, kita jelas kalah jauh

Dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, otak ikan paus biru sangat kecil dan beratnya hanya 6,92 kilogram, yaitu 0,007 persen dari berat tubuhnya. Jadi nggak ada jaminan kan kalau tubuh gede otak juga encer?

7. Sayangnya hewan laut yang eksotis ini mendekati kepunahan
Perburuan paus yang dilarang

Menurut penelitian pernah terdapat 239.000 ekor paus biru di Antartika. namun sayangnya setelah penemuan bahan peledak di tahun 1864, populasi paus ini berkurang dan hanya tersisa sekitar 10.000 sampai 25.000 ekor saja di dunia. Sedih banget sih. Tapi tenang saat ini udah ada pelarangan perburuan di tahun 1966 oleh International Whaling Commission atau Komisi Perburuan Ikan Paus Internasional. Dengan adanya organisasi ini, perburuan paus biru bisa ditekan.

8. Suka bepergian sendiri atau hanya berpasangan

Jenis paus ini punya kebiasaan suka menyendiri. Namun tak jarang mereka juga ditemukan berpasangan dengan anak atau ibu. Mereka bukan anti sosial lho, namun dengan badan sebesar itu mereka pastinya butuh tempat lebih besar. Dan jika mereka berenang berkelompok, bisa dipastikan mereka akan saling berebut makanan dan tempat. Mereka hanya berkumpul jika ditemukan sumber makanan yang banyak di suatu tempat.

9. Mereka bisa mendengar satu sama lain memanggil sampai 1.000 mil jauhnya
Tak hanya besar, suara paus biru bisa terdengar sampai 1000 mil

Satu lagi keunikan paus biru. Mereka telah mengembangkan sistem komunikais yang luar biasa. Suara mereka berada di frekunsi rendah. Jadi kita nggak bisa denger kalo mereka lagi gosip. Dengan kemampuan seperti itu, wajar sih kalau mereka hidup terpisah. Wong suaranya aja bisa kedengeran sampe Zimbabwe kok.

Buat yang masih penasaran sama Paus Biru, kamu bisa tongkrongin videonya di sini. Jangan lupa sedia kuota dan Google Translate ya....



Sumber : www.unbelievable-facts.com

Baca Juga: Yuk, Ketahui Fakta Sejarah Mickey Mouse Yang Belum Kamu Tahu



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close