Rabu, 17 Januari 2018

Mengapa Manusia Dominan Memakai Tangan Kanan? Jawabannya Bakal Bikin Kamu Terpana

  • Rosiana
  • 17/05/2017 23:58 WIB
Mengapa Manusia Dominan Memakai Tangan Kanan? Jawabannya Bakal Bikin Kamu Terpana
EPIZONE.ID - Sekitar 90% manusia di dunia dominan menggunakan tangan kanan dalam setiap aspek kehidupan. Apalagi buat kita orang Indonesia. Liat orang makan pake tangan kiri aja langsung dicap aneh. Apalagi kalo orang itu kidal.

Kadang banyak banget yang tanya “Mbak/mas kidal ya? Kok makan pake tangan kiri?” Ya suka-suka lah mau pake tangan apa. Emang tangan kiri ini anak tiri banget deh. Ketemu pejabat aja yang disalami tangan kanan. Coba bayangin rasanya jadi tangan kiri, kalo bisa nangis, nangis dah dia.


dominan tangan kanan

Tapi sebenernya kenapa sih kok hampir semua manusia mendewakan tangan kanan? Nih Epizone kasih tau alasannya

1. Udah dari jaman purba

Penemuan purba tunjukkan manusia dominan tangan kanan dari jutaan tahun lalu
theconversation.com

Para peneliti percaya bahwa kebiasaan menggunakan tangan kanan ini udah ada sejak jaman purba. Bukti menunjukkan dari fosil yang ditemukan. Namun uniknya, bukti ini ditemukan di gigi seorang manusia purba. Lah kok bisa? Jadi pada dasarnya gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa bertahan lama hingga jutaan tahun. Dilansir dari theconversation.com, dengan mempelajari struktur gigi, ilmuwan percaya bahwa manusia dominan menggunakan tangan kanan dari jutaan tahun lalu.

Menurut ourplatforms.com, fosil dari gigi merekam goresan yang terjadi saat tangan kanan dan kiri beraktivitas.


2. Temuan alat batu berusia 3,3 juta tahun lalu 

Jadi nih, peneliti menemukan alat bantu yaitu batu yang digunakan sama manusia jaman dulu. Batu purba ini ditemukan di Kenya dan udah berusia sekitar 3,3 juta tahun. Dilansir dairi BBC, melalui penelitian ilmuwan berpendapat bahwa alat batu purba ini digunakan dan dikendalikan dengan tangan. Wow...
Temuan alat batu tunjukkan goresan pada gigi buktikan manusia dominan tangan dari jutaan tahun lalu
ourplatforms.com, temuan alat batu buktikan manusia dominan tangan kanan dari goresan pada gigi

Dan menurut penelitian, otak kiri yang terkoneksi dengan tubuh bagian kanan bertanggung jawab dalam setiap proses perencanaan dan pelaksanaan. Dengan kata lain, jika otak kiri sedang aktif maka anggota tubuh bagian kanan yang merespon. Begitu juga sebaliknya, jika otak kanan yang aktif maka tubuh bagian kiri mengambil kendali.


3. Gara-gara Bahasa
otak kiri kendalikan bagian tubuh kanan
ourplatforms.com

Lho kok bisa? Dilansir dari BBC, bahasa memberi pengaruh besar dalam kebiasaan manusia menggunakan otak kanan. Dari penjelasan nomor dua tadi, otak kiri mempengaruhi sisi tubuh bagian kanan. Sedangkan penelitian mengungkapkan bahwa pemrosesan bahasa terjadi di otak kiri. Ini yang menyebabkan sebagian besar manusia dominan memakai tangan kanan.

 

Sekarang terjawab kan kenapa manusia lebih dominan pake tangan kanan?. Tapi buat kamu yang dominan tangan kiri jangan berkecil hati. Karena menurut penelitian, orang kidal lebih mudah pulih dari kerusakan otak. Maka berbanggalah kalian.

Baca Juga: 
Lagu I Will Always Love You Ternyata Bukan Milik Whitney Houston, Ini nih Penyanyi Aslinya...



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close