Sabtu, 18 November 2017

Mengenal Prof Ravik Karsidi dan slogan ACTIVE-nya

  • Rosiana
  • 24/05/2017 09:36 WIB
Mengenal Prof Ravik Karsidi dan slogan ACTIVE-nya
EPIZONE.ID - Bagi mahasiswa Universitas Sebelas Maret, pasti nggak asing sama nama Prof Ravik Karsidi kan? Siapa sangka ternyata sosok UNS 1 ini berasal dari keluarga yang sederhana. Ravik lahir dari keluarga petani asal desa Hadiluwih, Sumberlawang, Sragen. 

Masa kecil Ravik dihabiskan layaknya anak desa yang diisi oleh belajar, mengaji, bermain, dan terkadang menggembala. Ravik melanjutkan pendidikan di PGAP Negeri Sragen dilanjutkan pendidikan tingkat menengah di PGAA (Pendidikan Guru Agama tingkat Atas) di Solo. Entah karena pendidikan telah menjadi jiwanya, Ravik memilih menempuh jenjang perguruan tinggi di IKIP Surakarta. Tak henti sampai jenjang S1, Ravik ingin terus menimba ilmu ke jenjang S2 dan S3. Hanya saja, perjalanan menuju jenjang S2 tidak disetujui ketua Prodi dan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) saat itu.

“Anda belum pernah cukup mengabdi di sini Sekolah kok penak men. Sing tua-tua saja belum pada sekolah kok Anda sudah mau sekolah (S2)?” Demikian penuturan atasan Ravik ketika itu sebagaimana dikisahkan Guru Besar FKIP UNS yang sekarang menjabat Rektor untuk periode kedua ini.

Memaknai pendidikan dari mata Ravik Karsidi, Rektor UNS, Ketua SBMPTN

Sempat putus asa karena pengabdiannya sebagai asisten dosen, konselor, dan pengurus YPAC (Yayasan Penyandang Anak Cacat) tidak memuluskan jalannya menempuh jenjang S2, Ravik pun terus berusaha agar tetap bisa kuliah. Tahun 1994, Ravik akhirnya menempuh jenjang S2 dan S3 di IPB setelah sebelumnya sempat mengikuti Training Community Development di Sersolin Xavier University Filipina dan mendirikan Pusat Studi Pengembangan Pedesaan (PPSP) yang sekarang menjadi Puslitbangdeka.

Dibalik kesuksesan seorang Ravik terdapat satu resep khusus yang diramu dalam satu kata “BISA”. Dan kini sering disuarakan sebagai slogan UNS Bisa! Resep ini didukung enam budi utama, yaitu Achievement, Customer satisfaction, Teamwork, Integrity, Visionary, dan Entrepreneurship atau disingkat ACTIVE yang kini terus dibagikan UNS pada perguruan-perguruan tinggi lainnya yang tengah berusaha meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.

Pengen tau kesibukan lain seorang rektor UNS? Download Majalah Epizone disini

Tyas Annisa Nur Ashri



  • Tags

Related Posts

Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close