Senin, 25 September 2017

Siapakah Zaha Hadid Yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

  • Rosiana
  • 31/05/2017 15:53 WIB
Siapakah Zaha Hadid Yang Jadi Google Doodle Hari Ini?
EPIZONE.ID - Zaha Hadid merupakan arsitek asal Inggris kelahiran Irak. Zaha Hadid merupakan wanita muslim pertama yang meraih penghargaan Pritzker yang tertinggi di bidang arsitektur pada tahun 2004. Selain itu, ia juga pernah meriah penghargaan Stirling di tahun 2010 dan 2011.

Menurut Wikipedia, Zaha Hadid merupakan anak seorang terpandang di Irak. Ayahnya adalah salah satu pendiri Partai Demokratik Nasional di Irak dan ibunya adalah seorang artis. Beberapa karyanya yang terkenal yaitu The Riverside Museum di Skotlandia, Vitra Fire Station di Jerman, Dongdaemun Design Plaza di Seoul, Korea Selatan, Guangzhou Opera House dan lain sebagainya. Melihat sepakterjang dan prestasinya dia bidang arsitektur, tak heran jika ia dianggap sebagai arsitek wanita terbaik di dunia saat ini.

sosok seorang Zaha Hadid
bintang.com

Meski telah meninggal setahun lalu karena serangan jantung, ia masih meninggalkan rancangan bangunan yang masih dalam proses. Beberapa diantaranya adalah Salerno Maritime Terminal di Salerno, Italia yang baru saja selesai dibangun pada tahun 2016. Serta rancangan gedung pencakar langit Skyscraper yang diselesaikan Zaha Hadid sebelum kematiannya dan  kini masih dalam proses pembangunan di New York.

Meski karyanya sering dipuji, namun sosok seorang Zaha Hadid juga tak luput dari kontroversi. Dilansir dari bintang.com, salah satu rancangan yang menuai banyak protes adalah desain stadion Al-Warkah di Qatar yang sejatinya akan dipakai di Piala Dunia 2022. Banyak orang yang menentang desain stadion tersebut karena terlihat serupa dengan gambar vagina. Tapi dengan santainya Zaha Hadid menolak proter tersebut. Menurutnya desain yang ia but merupakan representassi dari kapal kuno Arab. Kalau ini sih tinggal persepsi orangnya aja. mau dilihat kayak alat kelamin perempuan atau dilihat sebagai seni. Sah-sah aja kan dalam berkreasi?

stadion al-warkah di Qatar yang akan dipakai dalam gelaran Piala Dunia 2022 yang jadi kontroversi
bintang.com


Baca juga:
8 Jenis Makanan Yang Harus Ada Selama Puasa
Tak Hanya Kisah Cinta yang Mendunia, Taj Mahal Ternyata Menyimpan Sejumlah Fakta Yang Bakal Bikin Kamu Takjub
Susah Tidur? Coba 4 Cara Ini, Dijamin Langsung Pules

 



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close