Sabtu, 21 Juli 2018

Tragis!! 10 Orang Jenius Ini Terbunuh Oleh Penemuannya Sendiri

  • Rosiana
  • 05/06/2017 20:40 WIB
Tragis!! 10 Orang Jenius Ini Terbunuh Oleh Penemuannya Sendiri
EPIZONE.ID - Setiap apa yang diperbuat pasti memiliki resiko.  Termasuk dalam pekerjaan. Kadang resiko ini bisa berakibat fatal. Tak terkecuali buat 10 orang penemu ini. Mereka terbunuh oleh alat temuan mereka. Tragis, tapi mereka akan selalu diingat dalam sejarah karena kontribusi dan jasanya. Dirangkum dari unbelievable-facts.com, Inilah 10 orang penemu yang terbunuh oleh penemuan mereka sendiri.

1. Sylvester R. Roper

 Sylvester R. Roper, terbunuh oleh penemuannya sendiri

Penemu berkebangsaan Amerika ini adalah seorang perintis pembangun mobil dan sepeda motor awal. Dia juga anb telah menemukan pistol revolver. Penemuan lainnya adalah mesin jahit tangan. Pada tahun 2002 ia dianugerahi penghargaan Motorcycle Hall of Fame. Kehormatan ini diberikan kepadanya karena menemukan velocipede uap Roper.

Sayangnya, velocipede temuanny amalah menjadi penyebab utama kematiannya. Pada tanggal 1 Juni 1896, Roper mengendarai salah satu model velocipedenya. Dia naik di jalur sepeda Sungai Charles, di dekat Harvard Bridge di Cambridge, Massachusetts. Ia terjatuh dan mengalami luka di kepala kemudian ditemukan tewas. Setelah diautopsi, penyebab kematiannya ternyata adalah gagal jantung. Belum diketahui apakah kecelakaan itu yang jadi pemicu gagal jantungnya, atau jika jantungnya yang gagal sebelum kecelakaan.

2. Franz Reichelt

Franz Reichelt, terbunuh oleh penemuannya sendiri
ppcorn.com

Sering disebut sebagai "Penjahit Terbang". Adalah seorang penjahit, penemu, dan orang yang mempelopori parachuting di Prancis. Dia berkeinginan untuk mengembangkan jas bagi penerbang yang bisa diubah menjadi parasut. Niatnya sangat mulia yakni membantu penerbang agar bisa mendarat dengan aman, jika mereka terpaksa harus melompat keluar dari pesawat.

Jadi, ia menciptakan sebuah pakaian yang berisi parasut. Beberapa kali ujicobanya berhasil. Tap di tahun 1912 tepatnya pada tanggal 4 Februari, ia berniat untuk melompat dari menara Eiffel di Paris. Kala itu, banyak teman dan kolega yang meminta Franz Reichelt untuk memikirikan kembali aksinya. Tapi Franz tetap melanjutkan aski dan ujicobanya. Naas saat ia melompat desain jas parasutnya gagal untuk diimplementasikan. Ia tewas menabrak tanah di bawah menara dan terbunuh seketika.

 

3. Karel Soucek

Karel Souchek, terbunuh karena penemuannya sendiri
 
stoplusjednicka.cz

Karel Soucek merupakan seorang stuntment profesional berasal dari Kanada. Ia membuat sebuah kapsul yang berbentuk seperti tong dan melakukan aksinya berlayar di Air Terjun Niagara. Di tahun 1985 ia membuat pertunjukan yang sama yaitu meluncur dari atas Houston Astrodome di Texas. Tapi pertunjukan ini malah jadi bencana. Karel Soucek tewas karena kapsulnya yang menghantam tepi kolam dan melukainya.

4. Horace Lawson Hunley

 Horace Lawson Hunley, terbunuh karena penemuanya sendiri

Merupakan seorang insinyur Angkatan Laut selama Perang Saudari Amerika. Dia mengembangkan sebuah kapal selam bertenaga tangan. Pada tanggal 15 Oktober 1963 Horace Hunley memutuskan mengambil alih komando kapal selam. Namun hari itu merupakan hari terakhirnya berada di kapal selam. Kapal yang ia komando tenggelam beserta seluruh awak termasuk ia sendiri. Ia diamakamkan dengan penghormatan militer penuh dan salah satu kapal selamnya dinamai dengan namanya yaitu H. L. Hunley.

5. Marie Curie

Marie Curie, terbunuh karen apenemuannya sendiri 

Marie Skłodowska Curie atau dikenal dengan nama Marie Curie adalah seorang fisikawan dan ahli kimia wanita pertama yang memenangkan hadiah Nobel. Ia juga merupakan satu-satunya wanita yang memenangkannya dalam 2 bidang yang berbeda. Salah satu prestasinya adalah meliputi pengembangan teori radioaktivitas. Di juga yang menemukan dua unsur, polonium dan radium.

Selama penelitiannya, dia selalu membawa tabung tes radium di saku dan dengan demikian sering terpapar radiasi. Karena radiasi pula dia menderita anemia aplastik dan meninggal pada tahun 1934. Bahkan sampai hari ini surat-suratnya dari tahun 1890-an dan bahkan buku masaknya dianggap terlalu berbahaya untuk ditangani. Hal ini karena tingkat kontaminasi radioaktifnya. Kertas-kertas ini sekarang disimpan dalam kotak berlapis timbal.

6. Henry Smolinski

Henry Smolinski, terbunuh karena peemuannya sendiri 

AVE Mizar adalah sebuah mobil hibrida yang dibangun oleh Advanced Vehicle Engineers (AVE) antara tahun 1971 dan 1973. Proyek ini dipimpin oleh pemilik perusahaan bernama Henry Smolinski. Pada tanggal 11 September 1973, pencipta Mizar, Smolinski membawa pesawat untuk penerbangan uji coba di Camarillo. Namun uji coba tersebut harus berakhir tragis. Kecelakaan ujicoba tersebut menyebabkan kematian Smolinski dan Wakil Presiden AVE, Harold Blake.

7. Sabin Arnold von Sochocky

Sabin Arnold von Sochocky, terbunuh oleh penemuannya senidir

Dr. Sabin Arnold von Sochocky adalah penemu cat berbasis radium. Awalnya cat ini sangat populer. Tapi segera, pekerja, terutama wanita mulai menderita kontaminasi radioaktif yang serius. Perusahaan miliknya tersebut dikenai beberapa tuntutan hukum karena penyakit berat dan kematian para pekerja. Dr. Sabin Arnold von Sochocky juga tidak aman dari paparan radiasi. Dia meninggal pada bulan November 1928 karena anemia aplastik akibat paparan bahan radioaktif.


8. Aurel Vlaicu

Aurel Vlaicu, terbunuh oleh penemuannya sendiri 

Merupakan seorang insinyur, penemu, konstruktor pesawat terbang Rumania, dan pilot awal. Dia mulai membangun pesawat bertenaga pertamanya, A. Vlaicu Nr pada tanggal 1 November 1909. Dia menyelesaikan pembangunannya dalam waktu tujuh bulan dan menerbangkannya untuk pertama kalinya pada tanggal 17 Juni 1910. Setelah itu ia membangun pesawat terbang lain, A. Vlaicu Nr. II. Dia juga membangun pesawat ketiga, A. Vlaicu Nr. III. Aurel Vlaicu meninggal pada 13 September 1913, saat mencoba membuat rekaman di A. Vlaicu Nr. II. Dia berusaha menjadi orang pertama yang terbang melintasi Pegunungan Carpathian, tapi sayangnya pesawat tersebut jatuh dan meernggut nyawanya. Hhingga kini  penyebab kecelakaan Vlaicu masih belum diketahui.

9. Valerian Abakovsky

Valerian Abakovsky, terbunuh karena penemuannya sendiri 

Diingat sebagai penemu Aerowagon. Aerowagon adalah kereta api eksperimental berkecepatan tinggi yang dilengkapi dengan mesin pesawat terbang. Pada awalnya ditujukan untuk transportasi pejabat Soviet. Aerowagon diuji pada 24 Juli 1921. Saat uji coba, Valerian Ivanovich Abakovsky ada di kapal bersama dua puluh satu orang lainnya. Mereka tiba dengan sukses di Tula namun Aerowagon tergelincir dalam perjalanan pulang ke Moskow. Kecelakaan itu menewaskan enam orang. Naas penemunyajuga merupakan salah satu orang yang tewas dalam kecelakaan itu.

10. Max Valier

Max Valier, terbunuh karena penemuannya sendiri 

Max Valier merupakan seorang penemu dan ilmuwan. Dia bekerja dengan direktur perusahaan Opel, Fritz von Opel, antara tahun 1928 dan 1929. Selama itu dia bekerja di sejumlah mobil bertenaga roket dan pesawat terbang. Menjelang akhir 1920-an, dia memusatkan perhatian pada pengembangan mesin roket berisi cairan. Tak lama kemudian ia mengembangkan Valier-Heylandt Rak 7, sebuah mobil roket yang menggunakan propulsi cair. Sayangnya ia terbunuh pada 17 Mei 1930, ketika sebuah mesin roket berbahan bakar alkohol meledak di bangku tesnya di Berlin.


Penemuan-penemuan mereka banyak yang berguna lho. Banyak yang jasanya bisa kita rasakan sampai sekarang. Namun sayang, karena kurang hati-hati banyak yang akhirnya terbunuh karena penemuannya sendiri. 




Baca Juga: 
7 Penemuan Benda Bersejarah Ini Jadi Bukti Bahwa Dunia Masih Punya Banyak Misteri
Tahu Nggak Sih Ternyata Cuma Ada 4 Warna Paspor di Dunia Ini? Begini Alasannya
Kenapa Dokter Pakai Baju Warna Hijau/Biru Saat Megoperasi Pasien? Ini Jawabannya

 



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close