Kamis, 24 Mei 2018

Iklan Jadul Indonesia Ini Bakal Buat Kamu Terkagum-kagum

  • Rosiana
  • 08/06/2017 14:48 WIB
Iklan Jadul Indonesia Ini Bakal Buat Kamu Terkagum-kagum
EPIZONE.ID - Iklan merupakan sarana dan media yang digunakan untuk memasarkan produknya. Saat ini udah banyak banget beredar berbagai macam dan bentuk iklan. Mulai dari iklan cetak, iklan audio hingga iklan dengan audio visual. Dengan banyaknya media dan kemajuan jaman, pembuatan media untuk iklan pun ssemakin mudah. Namun tahu nggak sih, bentuk iklan jadul Indonesia jaman dulu? Yuk simak 15 contoh iklan jadul Indonesia ini. Siapa tahu kamu terinspirasi.


1. Masuk Angin? Pakai balsem ini

Iklan jadul Indonesia, Balsem Bintang Toedjoe

Iklan jadul Indonesia ini terlihat apik dengan 3 buah ilustrasi. Iilustrasi yang digambarkan sangat sesuai dengan fungsi balsem yaitu sebagai minyak urut dan kerokan bagi orang yang terkena masuk angin karena kehujanan. Dari ejaan dan bahasa yang digunakan aja udah kelihatan kalau iklan ini emang dari jaman dulu. Klasik banget kan?


2. Iklan Mobil Lawas Indonesia

Iklan Jadul  Indonesia, Fiat


Dari gambarnya aja udah kelihatan kalau poster iklan ini dibuat saat Indonesia masih bernama Hindia. Hal ini terlihat dari penggunaan ejaan lama dan Bahasa Bbelanda yang dipakai. Iklan jadul ini mempromosikan mobil Fiat 1500. Melansir dari Wikipedia, mobil pabrikan Jerman ini pertama kali diproduksi pada tahun 1935. 


3. Iklan Margarin Jadul

Iklan Jadul Indonesia,Blue Band

Brand margarin satu ini ternyata udah ada dari dulu loh... Salah satu iklannya ini berbentuk komik yang menceritaka tentang seoang anak Tionghoa bernama A Fuk yang sedang berkebun. Setelah selesai, kemudian ibuA A Fuk datang dan memberikan roti isi Blue Band. Iklan jadul ini ingin menunjukkan bahwa produk Bblue Band bisa membuat anak sehat dan kuat. 


4. Mau nyangkul dimana pak?


Iklan Jadul Indonesia, Rokok Pak Tani

Mungkin kamu familier dengan gambar iklan ini. Gambar seorang petani ini mirip dengan di salah satu merk korek api warna biru. 


5. Iklan Makanan Sejuta Umat

Iklan Lawas Indomie

Makanan lezat sejuta umat ini juga punya versi iklan jadulnya. Terlihat dari ilustrasi diatas kalau ternyata bungkus Indomie yang kita kenal sekarang berbeda dengan pendahulunya. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, Iklan lawas Indomie ini ingin memperkenalkan Indomie sebagai makanan instang yang praktis dan ekonomis. Hmmm seenak Indomie kayak sekarang nggak ya?


6. Iklan lawas ini selawas nama brand-nya
Iklan Jadul Indonesia, Jamu Jago
Brand jamu ini emang udah terkenal sebagai produsen jamu terkemuka di Indonesia. Seperti terlihat di iklan, Jamu Djago ini ingin memperkenalkan jamu sebagai minuman sehat yang terbuat dari bahan alami.


7. Model iklannya siapa ya?


Iklan jadul Indonesia, Sabun kecantikan Llux


Pasti kamu sering lihat poster iklan sabun yang menampilkan perempuan cantik sebagai modelnya. Nah sama dengan iklan ini. Iklan jadul sabun kecantikan Lux ini juga menampilkan perempuan cantik sebagai modelnya. Ditambah dengan tagline kece yang memberikan gambaran yang pas untuk kebutuhan wanita.  


8. Mungkin ini asal usul nama Triplek

Iklan Jadul Indonesia, Asal mula nama Triplek

Entah bener atau nggak, mungkin produk ini jadi asal muasal nama Triplek. Tahu kan bahan kayu tipis yang sering dipakai untuk keterampilan atau karya seni?


9. Senyumnya Lebar Sekaliii

iklan jadul Indonesia, Pepsodent

Familier dengan nama ini? Pastilah, produk pasta gigi Pepsodent ini emang jadi primadona orang Indonesia. 


10. Ayo Buka Buku Sejarah Lagi

iklan jadul Indonesia, poster propaganda Jepang

Kalau yang ini bukan iklan komersial melainkan poster propaganda Jepang. Begini ternyata orang Jepang ngasih propaganda ke oran-orang Indonesia. Karena media elektronik belum secanggih sekarang, maka salah satu caranya adalah dengan poster. Tau kan slogan 3A? Kalu lupa buka buku sejarah lagi gih...


11. Gambar iklannya sejadul isinya

Iklan Jadul Iindonesia, Quaker Oats

Baca kalimat ini bikin nangis. Gimana enggak? Huruf yang dipakai merupakan aksara (huruf) Jawa. Buat yang pernah belajar aksara Jawa pasti tahu nih isinya apa. Mungkin tujuan penggunaan huruf Jawa ini memang ditujukan untuk orang-orang pribumi di jaman Hindia dulu.


12. Iklan Shampo

iklan jadul Iindonesia, Iklan shampo Sunsilk

Lihat iklannya. Jadul banget kan? 


13. Dedeknya gemesin banget

Iklan Jadul  Indonesia, iklan susu bendera

Iklan susu jadul ini bakal bikin kamu kagum sama kemampuan ilustrasinya. Coba perhatikan, logo bendera dari dulu sampai sekarang masih sama kan? 


14. Yahhhhh kok pada rebutan??


iklan jadul Iindonesia, iklan verkade biskuit

Ini yang nggambar emang keren banget. Berbeda dengan mayoritas iklan yang kamu lihat diatas, iklan jadul iin menampilkan berbagai warna dan ekspresi yang detail dari objeknya. Jadi pengen makan Verkade Biscuits nih, eh tpi masih ada kan ya?


15. Asyiknya boncengan berdua


iklan jadul indonesia, iklan vespa

Sayhdu banget sih boncengannya... Iklan bengkel vespa ini emang keren deh. Sepintas kamu bakal mengira kalau ini adalah iklan vespa. Namun sejatinya, poster ini menampilkan iklan bengkel vespanya. 


Nah itu tadi 15 iklan jadul Indonesia. Lihat gambar-gambar diatas jadi mikir kalau ternyata orang jaman dulu juga bisa bikin iklan dengan ilustrasi dan tagline yang keren juga. 



Baca Juga:
Kenalan Yuk Sama Bentuk TV dari yang Paling Jadul sampai yang Paling Canggih
Video: Supermarket Ini Pakai Kucing Sebagai Model Iklan, Aksinya Gokil Abis
Nokia 3310 Reborn, Handphone Jadul ini Hadir Lagi di India



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close