Senin, 25 September 2017

Lakukan 7 Hal Ini Agar Idemu Tak Lagi Dibajak

  • Rosiana
  • 15/06/2017 12:28 WIB
Lakukan 7 Hal Ini Agar Idemu Tak Lagi Dibajak
Jcomp - Freepik.com

EPIZONE.ID - Sebuah karya maupun ide merupakan hasil kerja dan pikiran yang pastinya harus tetap dijaga. Nah kalau kamu udah membuat sebuah karya maupun ide tapi tiba-tiba dibajak atau diakuin milik orang lain, apa yang harus dilakukan? Suka kesel saat tiba-tiba mau presentasi ternyata ide kamu udah dipakai? Padahal kamu udah susah payah ngerjain siang malam buat ide tersebut. Mau protes tapi kamu nggak punya bukti bahwa hal itu adalah idemu. Jadi satu-satunya yang bisa kamu lakukan cuma ngedumel dibelakang. Pernah kejadian kayak gini? Nah biar nggak kejadian lagi, Epizone bakal ngasih beberapa tips dan penanggulangan biar ide dan karyamu nggak lagi dibajak seenaknya. 

Pembajakan atau plagiasai emang akhir-akhir ini jadi trending topic perbincangan hangat. Entah di dunia maya atau dalam obrolan sehari-hari. Maih segar di ingatan tentang kasus plagiasi dari seorang remaja yang viral lewat Facebook kan? Kamu tentunya udah sering denger dong tentang hal ini. Apalagi generasi milenial saat ini pasti udah akrab banget sama yang namanya pembajakan atau plagiat. Mau bikin tugas daripada repot ambil aja dari internet, copas-print-jilid-kumpulkan. Sesederhana itu.


saat ide dibajak, lakukan hal-hal ini
indiewire.com

Tapi sekecil apapun, yang namanya plagiat atau pembajakan karya dan ide adalah sebuah kegiatan yang melanggar hukum. Pembajakan juga bisa disebut dengan pencurian karena kegiatan tersebut mencuri ide dan karya orang lain. Emang sih bukan barang atau uang yang dicuri, tapi ide dan hasil karya merupakan hasil kerja seseorang yang sudah selayaknya dihargai. Coba deh bayangin perasaan orang yang diambil karya dan idenya tanpa ijin, pasti sedih dan marah. Apalagi orang-orang tersebut membuat karyanya dengan darah dan air mata. 

Jadi yang harus dilakukan saat karya atau ide kamu dibajak adalah: 

Pertama, Pastikan itu benar-benar idemu dan bukan karya yang terinspirasi dari orang lain. Jadi nanti saat kamu protes nggak malu-maluin. Gimana jadinya kalau ternyata karyamu dan orang yang kamu kira membjaka itu emang terinspirasi dari karya lain yang sama? Kan malu-maluin kalu udah protes setengah mati eh ternyata dia nggak terbukti ngebajak. Jadi biar nggak kejadian pastikan dulu kalau idemu emang murni hasil dari pemikiran dan kerja sendiri.

Kedua, setelah yakin kalau memang idemu, baru kirim pemberitahuan secara sopan. Kalau kamu ada di lingkungan kerja formal, ada baiknya kirim surat pemberitahuan yang formal dan sopan juga. Tapi kalau di lingkungan non-formal seperti sekolah dan rekan kerja biasa maka ada baiknya kamu ajak ngobrol dulu. Jangan langsung marah-marah nggak jelas. Ingat emosi nggak akan menyelesaikan masalah. Yang ada malaha nambah-nambahin masalah.

Ketiga, Setelah mengirim pemberitahuan, ada baiknya diskusikan dengan pihak yang membajak. Diskusikan, obrolkan dan cari jalankeluar yang paling baik dari kejadian tersebut. Kalo pihak yang membajak mau minta maaf dan mengakui kesalahannya, maka ada baiknya kalau dimaafkan.

Keempat, kalau emang nggak mempan, baru laporkanke pihak yang berwenang. Pihak berwenang disini nggak cuma polisi. Bisa juga guru, kalau kamu ada di lingkungan sekolah. Dosen atau pimpinan tim kalau kamu ada dilingkungan kampus dan kerja. Pelaporan ini jadi langkah terakhir kalau 3 langkah diatas nggak mempan. 


Nah kalau kamu nggak  mau kejadian bajak-membajak ini terulang lagi, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut. 

1. Keep It Secret. Simpan ide dan karyamu seaman mungkin. Jangan pernah bicarakan ide tersebut dengan orang yang nggak berkepentingan. 

Keep it Secret, agar idemu nggak gampang dibajak
freepik.com

2. Periksa hard drive maupun penyimpanan cloud tempat kamu menyimpan semua ide dan karya. Pastikan aman dari tangan-tangan pencuri dan hanya kamu yang bisa mengaksesnya. Kalu disimpan dengan password, buat password rumit dengan berbagai kombinasi angka, huruf dan simbol. Jangan pernah sekali-kali menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, makanan kesukaan, alamat, dll.

saat ide dibajak, pastikan penyimpanan kamu aman ya
freepik.com

3. Punya beberapa hard drive bisa meminimalisir pencurian loh. Kalau si pencuri tahu kamu punya beberapa tempat penyimpanan, dia pasti akan bingung mau ambil di hard drive yang mana. Nah salah satu hard drive yang jadi tempat penyimpananmu harus aman ya gaess.

saay ide dibajak, pastikan kamu punya beberapa hard drive untuk menyimpan filemu ya
freepik.com

4. Sampaikan ide atau hasil karyamu di acara-acara formal dan pastikan mereka yakin bahwa itu adalah idemu. Jadi kalau emang kmu punya ide yang sangat brilian kayak metode aman menggunakan air kencing sebagai bahan bakar atau memanfaatkan energi dari pohon pisang buat ganti sinyal data misalnya. Maka sampaikan di forum-forum formal dimana banyak orang akan memperhatikan. Tapi kalau nggak memungkinkan, kamu bisa sampaikan ide tersebut di hadapan orang yang berkepentingan, seperti atasn, guru, dosen, atau project leader kamu. Dengan menyampaikannya di forum, otomatis kamu akan langsung dikenal dan idemu aman deh. 

saat ide dibajak, sampaikan ide di hadapan forum
pexels.com

5. Jadikan pelajaran. Untuk kamu yang pernah megalami pembajakan, hal ini tentu akan membuat kamu lebih waspada. 

6. Kalau idemu sudah terlanjur dibajak bahkan dipresentasikan, biarkan si pembajak sementara merasa menang. Kalau kamu yakin bahwa idemu emang orisinil dan datang lewat hasil berpikirmu, maka jadikan ide itu lebih baik dari si pembajak. Selain itu kamu juga harus yakin akan kulitas yang kamu miliki.

7. Yang terakhir dan terpenting jangan bicarakan ide dengan sembarang orang. Nggak usah sok-sok sesumbar ide kalau nggak mau hal itu dicolong orang lain. Cukup kamu dan orang-orang kepercayaanmu aja yang tahu. 

saat ide dibajak, jangan sesumbar sama siapapun biar nggak nyesel nantinya
freepik.com

Nah gimana? Kalau kamu sedang mengalami hal-hal seperti pembajakan atau pencurian karya, beberapa tips diatas mungkin bisa membantu. Selamat mencoba....



Baca Juga:
Nggak Nyangka Adolf Hitler Ternyata Berbakat Di Bidang Seni Lukis, Ini Contoh Karya-Karyanya
Stress? 9 Ide Ini Bakal Bantu Kamu Saat Ujian
Cuma Anak Kos yang Bisa Punya Ide Sekreatif Ini, Nggak Ada Tandingannya Pokoknya



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close