Senin, 25 September 2017

11 Nama Hewan Unik Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Tahu Sebelumnya

  • Rosiana
  • 05/07/2017 16:15 WIB
11 Nama Hewan Unik Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Tahu Sebelumnya
EPIZONE.ID - Kamu merasa paling pinter di kelas Biologi? Kamu nggak akan merasa pinter lagi kalau belum tahu tentang hewan-hewan berikut ini. Dilansir dari Brihtside.me, kali ini Epizone menyajikan hewan-hewan unik yang mungkin namanya belum pernah kamu dengar.


1. Si Imut Pika (The Ili Pika)

si imut pika (The Ili Pika) hewan menggemaskan yang berasal dari dataran tinggi di Tiongkok

Hewan lucu ini sering disebut dengan 'kelinci ajaib'. Ditemukan pertama kali di Pegunungan Tian Shan, Tiongkok. Kalau kamu kesana jangan berharap buat bisa ketemu sama hewan menggemaskan ini, karena ternyata nemuinnya susah banget. Bayangin aja, foto pertama Ili Pika baru ada selama 20 tahun hewan ini diketahui. 


2.  Monyet Hidung Pesek (The snub-nosed monkey)

Monyet hidung pesek (the snub-nosed monkey) hewan unik yang berasal dari Myanmar

Primata satu ini merupakan hewan langka yang nggak bisa ditemukan di sembarang tempat. Kalau pengenn lihat hewan ini, kamu harus pergi ke Myanmar bagian Utara. Hewan ini menjadi tergolong unik karena tida ditemukan hidun seperi primata sejenis lainnya. Sebagai gantinya si monyet pesek ini hanya memiliki 2 lubang hidung yang bertengger manis di wajahnya. Namun sayang keunikannya ini membuat monyet ini jadi sering bersing saat hujan. Duuh kasiaan....


3. Penyu Albino Cangkang Lunak dari Tiongkok (The Albino Chinese softshell turtle)

penyu albino cangkang lunak dari Tiongkok, hewan unik yang namanya pasti belum pernah kamu dengar

Sesuai namanya, penyu ini berwarna putih bersih dan berbeda dengan berbagai jenis penyu pada umunya. Selain itu, penyu albino ini memiliki cangkang lunak yang terlihat menyatu dengan bagian lunak yang lain. Jika dilihat sekilas, pnyu ini kayak nggak punya cangkang sama sekali. Penyu unik ini menggunakan hidungnya yang panjang sebagai alat pernapasan saat berada di dalam air. 


4. Katak Pinokio (The Pinocchio Frog) 

katak pinokio, hewan unikyang namanya mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya

Seperti namanya, katak ini berhidung panjang layaknya pinokio dari dongeng yang sering kamu dengar. Tap tenang hidung panjangnya ini bukan karena dia sering bohong kok. Hidung panjangnya itu berguna buat menarik perhatian katak betina saat musim kawin. Hidung uniknya itu juga berfungsi layaknya alarm yang bisa mendeteksi bahaya yang mengancam. Widiih hebat bener yaah...


5. Lumba-lumba Pink dari Sungai Amazon (The Amazon River Dolphin)

lumba-lumba pink sungai amazon, hewan unik yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya

Lumba-lumba pink lucu ini nggak hidup di laut layaknya kawan sebangsanya. Mereka hidup di sepanjang sungai Amazon. Meskipun wajahnya terlihat sangat imut dan menggemaskan, jangan sekali-kali mendekati atau bahkan mengganggu mereka, karena jenis lumba-lumba ini sangat berbeda dengan saudaranya yang tingal di laut lepas. 


6. Belalang Mata Pink  (The pink-eyed Caedicia)

belalang mata pink, hewan yag mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya

Umumnya belalang memiliki mata berwarna hijau maupung cokelat. Tapi bukan belalang yang satu ini. Hewan unik ini malah memiliki warna pink sebagai penghis mata. Belalang cantik ini tinggal di Pegunungan Muller Rains di Datarn Tinggi Pasifik.


7. (The Cherax Pulcher)

The cherax Pulcher, udang cantik dari Papua Barat

Salah satu jenis udang karang yang punya warna cantik ini jadi salah satu bukti indahnya tanah Papua. Kata 'pulcher' dalam nama hewan ini diambil dari bahasa Latin yang artinya cantik. Hmmm pas dengan warna-warni indah yang dimiliki. Cherax Pulcher jantan memiliki panjang tubuh sekitar 75-98 mm, sedangkan betina 83-90 mm. Sejauh ini, Cherax Pulcher hanya bisa ditemukan di sekitar desa Teminabuan, Papua Barat. 


8. Kelelawar putih Honduras (Honduran white bats)

kelelawar putih dari Honduras, hewan unikayang mungkin belum pernah kamu dengr sebelumnya

Biasanya kalau denger atau ketemu kelalawar, udah kebayang aja vampir penghisap darah dan kroni-kroninya. Pokoknya kalau ketemu kelelawar bawaannya pasti horor. Tapi beda dengan kelelawar satu ini. Kelelawar putih dari Honduras ini malah terlihat sangat lucu dengan warna putih yang menghiasi badannya. Mereka memakan buah-buahan dan biasanya ditemukan diantara daun-daun Heliconia.


9. The Pink Handfish

the pink handfish, hewan unik bertangan gergaji ini sekarang terancam punah

Ikan unik berwarna pink ini memiliki tangan yang mirip dengan bentuk ujung gergaji. Beberapa tahun lalu, ilmuwan menemukan 14 spesies ikan ini. Tapi sayang 0 diantaranya udah terancam punah


10. The Grimpoteuthis (aka Dumbo Octopus)

the dumbo octpus, hewan unik yang namanya mungkin belum pernah kamu dengar

Hewan laut dalam yang aneh ini mendapat julukan Dumbo Octopus karena dua sirip pada selaput di antara kedua kakinya. Sirip-sirip tersebut berbentuk serupa dengan telinga gajah terbang Dumbo, dari film animasi yang terkenal.


11. The salp

Salps, hewan unik transparan yang menyerap karbondioksida dalam air

Hewan unik satu ini membuat banyak orang kagum karena memiliki tubuh yang transparan. Salps adalah tunik planktonik yang menyerap karbondioksida dalam air dan memompanya melalui benda transparan mereka. Kita semua sebagai sesama makhluk hidup mungkin harus mengucapkan terima kasih kepada mereka, karena mereka mengurangi kadar karbon di air dan juga udara.



Selain hewan yang kita lihat setiap hari, ternyata ada jyga ya hewan-hewan unik dan lucu seperti diatas. Kita sebagai anggota makhluk hidup di bumi seharusnya berterimakasih kepada alam (bukan Alam pedangdut ya), karena alam sejatinya menyajikan keindahan yang nggak ternilai harganya secara cuma-cuma. Sekarang saatnya kita membalas kebaikan alam dengan menjaganya sebaik mungkin. Jangan lagi rusak alam hanya demi keegoisan kita dimulai dari hal paling sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya.



Baca Juga:
Super Besar, Super Berat. Yuk Kenalan Sama Si Hewan Pencatat Rekor Ini
5 Desa Paling Unik di Dunia, Penduduknya Bukan Manusia Biasa Loh
Inilah 6 Pasangan Paling Unik di Dunia, Satu di Antaranya Menikah dengan Anjing

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close