Rabu, 21 Februari 2018

Sering Merasa Cemas Dan Takut Berlebihan? Mungkin Kamu Menderita Gangguan Mental Ini

  • Rosiana
  • 14/07/2017 14:35 WIB
Sering Merasa Cemas Dan Takut  Berlebihan? Mungkin Kamu Menderita Gangguan Mental Ini
EPIZONE.ID - Cemas dan berbagai emosi lainnya merupakan salah satu hal normal yang dialami oleh semua orang. Seperti saat kamu mau maju ujian praktek misalnya. Sebelum ujian dimulai pasti banyak yang merasa cemas atau takut. Tenang itu semua normal kok. Tapi apa jadinya kalau emosi itu dialami secara berlebihan? Mungkin kamu menderita gangguan kecemasan atau biasa disebuat Anxiety Disorder.

Anxiety Disorder ini bukan penyakit biasa yang menyerang tubuh manusia, melainkan gangguan mental yang membuat penderitanya mengalami rasa cemas yang berlebihan. Banyak yang nggak tau persisnya apa yang menyebabkan gangguan ini bisa menyerang. Penderita biasanya mengalami kekhawatiran dan ketakutan berlebihan dan bisa melumpuhkan. Seperti bentuk penyakit jiwa lainnya, penyakit ini berasal dari kombinasi berbagai hal, termasuk perubahan di otak dan tekanan lingkungan, bahkan gen juga berpengaruh dalam menciptakan gangguan ini. Kelainan itu bisa terjadi pada keluarga dan bisa dihubungkan dengan sirkuit yang salah di otak yang mengendalikan rasa takut dan emosi lainnya. Tapi dengan perawatan, banyak juga orang yang bisa mengatur emosinya sehingga nggak mengganggu kehidupan mereka.

anxiety disorder, rasa ccemas dan takut yang berlebihan, epizone

Tipe-tipe Anxiety Disorder

Anxiety Disorder merupakan kumpulan dari berbagai ketakutan dan kecemasan yang berlebihan. Banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan ini pada seseorang salah satunya adalah faktor genetik dan lingkungan sekitar. Banyak macam dan tipe dari gangguan ini seperti dirangkum dari webmd, antara lain

1. Panic Disorder : Penderita ini mengalami serangan panik dan teror berlebihan. Selama panik, penderita juga berkeringat, sakit dada, dan merasa palpitasi (detak jantung yang luar biasa kuat atau tidak teratur). Terkadang ada juga yang sampai tersedak atau mengalami serangan jantung.

2. Social anxiety disorder : banyak juga yang menyebut social phobia. penderita biasanya mengalami perasaaan khawatir tentang situasi sosial sehari-hari. Seperti kemungkinan orang lain akan mengejek penampilan dan gaya hidup penderita. Banyak penderita gangguan ini yang penilaian orang lain. 

3. Spesific Phobias : Penderita biasanya merasa takut dan cemas berlebihan terhadap hal-hal tertentu. Seperti fobia terhadap ketinggian atau takut untuk terbang. Gangguan ini menyebabkan penderita akan sebisa mungkin menghindari sesuatu yang akan membuatnya ketakutan.

4. Generelized anxiety disorder : penderita akan merasa takut dan cemas yang berlebihan secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. 


penderita anxiety disorder biasanya mengalami taut dan cemas yang berlebihan, epizone

Beberapa gejala penderita anxiety yang harus kamu tau:

1. Penderita anxiety biasanya merasakan panik, takut, dan gelisah tanpa sebab,
2. Sering mengalami masalah tidur,
3. Tidak bisa tetap tenang dan diam,
4. ering merasa kedinginan, keluar keringat meski keadaan sedang nggak panas atau kesemutan tangan ataupun kaki,
5.  Penderita ini juga sering mengalami sesak napas,
6. Palpitasi jantung dan mulut kering,
7. Mengalami mual-mual hingga ototnya yang tiba-tiba terasa tegang 


Kalau kamu merasakan beberapa hal diatas, hal-hal dibawah ini bisa membantu mengurannginya

a. Mengurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, cola, minuman energi, dan coklat. Kafein adalah obat pengubah mood, dan ini bisa membuat gejala gangguan kecemasan semakin parah.

b. Makan dengan benar nggak hany jenis makanannya, tapi juga jam makan yang harus sesuai jadwal.

c. Jangan lupa buat olahraga dan tidur lebih nyenyak. Latihan aerobik cepat seperti joging dan bersepeda membantu melepaskan zat kimia otak yang mengurangi stres dan bisa memperbaiki mood.

d. Masalah tidur dan gangguan kecemasan sering berjalan beriringan. Maka jangan sampai lupa buat mengistirahatkan badan setelah banyak beraktivitas. 

e. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda sebelum mengkonsumsi obat bebas atau obat herbal. Banyak yang mengandung bahan kimia yang bisa membuat gejala kecemasan semakin parah.



anxiety disorder, gangguan mental yang membuat seseorang merasa cemas dan takut secara berlebihan, epizone

Jika kamu mengalami berbagai gejala anxiety seperti diatas, ada baiknya segera konsultasikan kondisimu ke dokter terlebih dahulu. Setelah yakin dan tau tentang gagguan yang diderita, maka kamu bisa melakukan beberapa terapi untuk meminimalisir gaangguan dengan berbagai cara seperti dibawah ini.

1. Dengan minum obat antidepresan. Banyak orang yang melakukannya untuk mengurangi stress berlebihan yang kerap datang. Banyak antidepresan yang bekerja untuk mengatasi gangguan kecemasan. Obat-obatan itu termasuk escitalopram (Lexapro) dan fluoxetine (Prozac). Obat antikonvulsan tertentu (biasanya diambil untuk epilepsi) dan obat antipsikotik dosis rendah dapat ditambahkan untuk membantu membuat perawatan lain bekerja lebih baik. Anxiolytics juga obat yang membantu menurunkan kecemasan. Contohnya adalah alprazolam (Xanax) dan clonazepam (Klonopin).

Obat-obatan tersebut diresepkan untuk gangguan kecemasan sosial atau umum dan juga untuk serangan panik. Tapi pengguanaan obat-obatan ini jangan dilakukan dengan sembarangan. Ada baiknya kalau konsultasikan dulu keadaanmu ke dokter dan ahli kesehatan mental biar nggak ada kesalahan.

2. Dengan Psikoterapi. Psikoterapi adalah adalah jenis konseling yang membahas respons emosional terhadap penyakit jiwa. Seorang spesialis kesehatan mental akan membantu, dengan cara berbicara tentang bagaimana memahami dan mengatasi gangguan kecemasan yang diderita. 

3. Terapi perilaku kognitif. Ini adalah jenis psikoterapi tertentu yang mengajarkan penderita bagaimana mengenali dan mengubah pola pikir dan perilaku yang memicu kecemasan atau kepanikan yang mendalam.




Baca Juga:
Kamu Sering Lupa? Kenali 10 Gejala Penyakit Alzheimer Ini
3 Penyakit Langka yang Wajib Diwaspadai Siapa Aja, Ngeri Euy
Kamu Sering Lupa Nama Orang? Jangan-jangan Kamu Mengalami Penyakit Ini

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close