Sabtu, 18 November 2017

Malas Belajar? Coba Cara-cara Berikut Ini Biar Belajarmu Makin Menyenangkan

  • Rosiana
  • 25/07/2017 14:28 WIB
Malas Belajar? Coba Cara-cara Berikut Ini Biar Belajarmu Makin Menyenangkan
EPIZONE.ID - Bagi sebagian pelajar, belajar kadang menjadi suatu hal yang membosankan. Banyak pelajar yang mengaku jenuh bahkan malas kalau disuruh belajar. Apa kamu salah satunya? Kalau iya, beberapa tips ini mungkin bisa membuat belajarmu lebih menyenangkan.

1. Kamu bisa belajar dengan ditemani musik

belajar lebih memnyenangkan dengan musik, epizone.id

Belajar sambil mendengarkan musik membantumu untuk terus fokus dalam materi. Musik juga bisa membantumu untuk rileks. Kamu bisa memilihi berbagai musik pilihan yang bisa membuatmu nyaman. Tapi alangkah baiknya kalau kamu memilih musik instrumental. Mengapa instrumental? Kalau kamu memilih musik yang ada liriknya, apalagi lagu kesukaanmu, bisa dipastikan kalau kamu nanti malah akan fokus untuk menyanyi bukan belajar. Jadi memilih musik instrumental adalah salah satu alasan paling aman. Putar musik dengan volume sewajarnya. Jangan sampai waktu belajarmu malah terganggu dengan volume musik yang keras. 

2. Diskusi dengan teman

diskusi bersama teman membuat belajarmu lebih menyenangkan, epizone.id

Punya banyak materi yang belum bisa dipahami? Kamu bisa membentuk grup diskusi dengan teman-temanmu. Belajar bersama-sama bisa membantumu untuk mengulang materi di luar sekolah. Coba deh buat grup belajar dengan teman-teman terdekatmu. Selain ilmu yang bisa bertambah, kamu juga bisa mengahabiskan waktu dengan hal-hal yang berguna. Orangtuamu pastinya juga bakal tenang dengan pergaulanmu yang nggak aneh-aneh. Kalau kamu tipe orang yang susah menangkap pelajaran di dalam kelas, bisa kok minta tolong teman untuk menerangkan kembali materi tersebut. Selain fun karena bisa ketemu sama teman-teman, kamu juga bisa menyerap materi dengan baik dan mengulang pelajaran sama-sama. Asyik kan? 


3. Coba untuk belajar diluar ruangan

belajar di luar ruangan membuat belajarmu makin menyenangkan, epizone.id

   Emak  : eh tong mau kemana?
   Atong : mau belajar mak
   Emak  :  lah emang belajar kemana, bawa carrier segala?
   Atong : di hutan mak
   Emak : !#$%asalkdjiefcdn^&*()

Alam emang nyediain berbagai kenikmatan yang nggak terkira, tapi ya jangan sampai kayak si Atong juga. Kamu nggak perlu sampai bawa-bawa carrier dan tenda segala kalau cuma mau belajar. Salah-salah sampai sana badanmu malah capek semua. Belajar di ruang terbuka bisa dilakukan dimana saja. Di halaman belakang rumah, dibawah pohon jambu Haji Nurdin atau di depan warung kopi Mbak Atik. Terserah, yang penting kamu nyaman dan aman. Sesekali belajar di luar ruangan membuatmu bisa lebih fresh dan nggak bosan belajar. Akhirnya waktu belajarpun bisa lebih menyenangkan. 

4. Biar belajar lebih menyenangkan, kamu bisa mencoba suasana baru

Mendekor ulang meja belajar atau ruangan bisa merangsang rasa nyaman, sehingg belajar jadi semakin menmyenangkan, epizone.id

Mungkin hal yang membuatmu jenuh saat belajar adalah kondisi meja belajarmu yang membosankan, atau dekorasi kamarmu yang gitu-gitu aja? Nah mulai sekarang kamu bisa mencoba untuk mengubah tempat belajarmu sesuai dengan impian. Percaya nggak percaya nih, tempat belajar yang membosankan dan monoton juga menjadi salah satu faktor yang membuat belajar nggak lagi menyenangkan.

5. Membuat Flashcards

membuat flashcards bisa membantu beljarmu agar lebih menyenangkan

Tau dong apa itu flashcards? Yang suka ikut lomba pidato atau lomba debat pasti familiar dengan benda ini. Flashcards adalah kartu yang digunakan untuk mencatat poin penting yang jadi topik pembicaraan selama debat dan pidato. Nah kalau kamu sulit mengingat pelajaran, bisa kok pakai metode ini. Buat beberapa flashcards warna-warni dan tuliskan poin atau inti dari materi yang kamu pelajari. Nah nantinya saat kamu mengulang materi, kamu tinggal menghapal apa yang udah ditulis di flashcards-mu. Flashcards ini juga bisa dipakai untuk menulis berbagai rumus penting yang sering terlupakan dan pastinya membuat belajarmu jadi lebih menyenangkan.

6. Lebih asyik lagi kalau kamu suka Mind mapping

dengan metode mind mapping ini, belajarmu bisa jadi lebih menyenangkan, epizone.id

Siapa yang suka nonton Sherlock yang dibintangi Benedict Cumberbatch? Kalau kamu suka sama cerita detektif jenius itu, pasti tau dengan istilah "mind palace". Mind palace yang sering diucapkan Sherlock saat ingin memecahkan kasus berupa istana yang menyimpan berbagai ingatan dan peristiwa penting. Membangun Mind Palace ala Sherlock Holmes

Nah biar ingatan kamu soal pelajaran juga bisa top kamu juga bisa mencoba metode mind mapping sederhana. kayak gambar dibawah ini:

contoh mind mapping
contoh mind mapping via illumine.co.uk

Jadi mind mapping ini adalah metode mengingat dengan menggunakan berbagai gambar dan tabel berwarna. Kamu bisa menggambar bagan kreatif dengan meletakkan judul di tengah tengah bagan. Sepeti gambar diatas, kamu bisa menuliskan berbagai keterangan di samping dengan spidol warna-warni. Lebih menyenangkan lagi kalau kamu bisa menggambar berbagai karikatur yang mendukung. Jadi gambar mindmapping-mu akan semakin berwarna. Metode belajar seperti ini membantumu yang sulit mengingat karena otak manusia mudah menyerap informasi yang secara visual lebih menarik. Dengan berkali-kali membuka gambar mind mapping-mu, secara nggak langsung otak akan langsung merekam tanpa kamu harus susah payah mengingat.


Nah berbagai cara diatas bisa kamu terapkan saat belajar biar lebih menyenangkan. Sekarang nggak lagi mengeluh karena bosan dan jenuh kan? Good Luck....

Images Credit : Pixabay

Baca Juga:
Yang Lagi Merintis Usaha, Yuk Belajar Bisnis Bareng Syamsul Hadi
6 Lagu Ini Bisa Bikin Kamu Fokus Belajar, Cocok Nih Buat yang Lagi Persiapan Ujian
6 Gerakan di Meja Belajar yang Bisa Ngilangin Stress Saat Belajar

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close