Jumat, 24 November 2017

Membangun Mind Palace ala Sherlock Holmes

  • Rosiana
  • 26/07/2017 13:44 WIB
Membangun  Mind Palace ala Sherlock Holmes
EPIZONE.ID - Buat penggemar serial Sherlock pasti tau apa itu Mind Palace yang sering disebutin di film ini. Seperti namanya "Mind Palace" merupakan istana pikiran yang digunakan sebagai metode mengingat hal-hal yang dianggap penting. Dalam serial Sherlock digambarkan bahwa ia punya sebuah Mind Palace yang membantunya mengingat berbagai informasi dan peristiwa. Hal tersebut yang membuatnya bisa memecahkan berbagai misteri kasus kejahatan dimana polisipun angkat tangan.

Metode ini sebenarnya sudah lama ditemukan dan jadi bagian dari teknik mnemonik (mengingat) kuno dari Roma. Kamu bisa googling dengan keyword "The Methods of Loci" atau metode Loci. Teknik ini membantu manusia dalam mengingat dengan membangun sebuah bangunan yang ia hapal dan menempatkan berbagai informasi di dalam bangunan tersebut. Simplenya metode Loci ini ingin membuat otakmu berpikir secara visual. Otak manusia dengan mudah menangkap informasi visual seperti rute jalan daripada alamat. Oleh karena itulah metode ini dianggap cocok untuk diterapkan kalau kamu nggak ingin mengingat banyak hal.

Pengen punya otak secemerlang Sherlock? Cara membangun Mind Palace dibawah ini bisa membantu

1. Tentukan tempat yang akan dijadikan Mind Palace

tntukan bangunan yang akan jadi mind palacemu, berpikir ala  sherlockl, epizone.id

Kamu bsa membayangkan rumah tempatmu tinggal. Karena setiap hari bertemu dengan rumah, kamu pastinya hafal dong berbagai sudut rumah mulai dari kolong tempat tidur sampai tempat rahasia dimana kamu menyimpan berbagai rahasia? Nah kalau udah nentuin bangunan yang jadi mind palace, coba jelajahi kembali dan hafalkan lagi. Siapa tau ada yang kelewatan?

Sudah? Nah lanjut ke rutenya. Mau menuju ke rumah pasti ada rutenya dong ya? Nah hafalkan rute menuju ke rumah. Hal ini berguna jika nanti mind palacemu penuh dengan berbagai informasi, maka rute jalan bisa jadi alternatif untuk menempatkan informasi.

2. Jelajahi rute Mind Palace-mu

jelajahi rute mind palacemu, epizone.id

Setelah menentukan tempat untuk mind palace, kemudian jelajahi rute di dalam mind palacemu. Hafalkan berbagai tempat dan kondisi yang ada dalam rumahmu. Misalnya saat masuk lewat pintu depan, kamu langsung disambut dengan meja tamu dengan vas bunga diatasnya. Perhatikan detail dari berbagai benda yang anda. Setiap benda yang kamu perhatikan akan disebut dengan "Memory Peg". Setiap peg ini akan berfungsi untuk membantumu mengingat hal-hal tertentu.

3. Gunakan "Memory Peg"

jelajahi rute mind palacemu, epizone.id

Setiap peg atau benda detailmyang ada dalam Mind Palace-mu akan jadi benda yang penting dan akan membantumu saat memanggil kembali (recall) informasi yang akan dipakai. Jadi peg ini bisa jadi simbol atau sesuatuu yang digunakan untuk menggambarkan informasi. Contohnya saat kamu ingin mengingat nomer rumah teman, maka saat kamu masuk ke dalam rumah dan langsung menjumpai meja dan vas gunakan meja dan vas tersebut menjadi simbol utnuk angka. Misalnya meja untuk menggantikan nomor 2 dan vas untuk mengganti nomor 1. Jadi saat kamu ingin mengingat kembali memori tersebut kamu tinggal masuk ke dalm rumah dan menemukan meja dan juga vas bunga yang mengingatkanmu dengan angka 21.

jelajahi rute mind palacemu, epizone.id

Cara lain adalah dengan membuat potongan video di dalam pikiranmu. Tadi udah tau kan kalau otak manusia paling gampang untuk mengingat hal-hal visual, apalagi kalau ditambah dengan hal-hal yang bisa bergerak seperti video atau animasi. Nah video khayalanmu bisa jadi salah satu peg kalau peg yang kamu gunakan kurang memorable. Misalnya kamu mau belanja dan harus mengingat daftar belanja yang sangat panjang seperti saus dan susu. Maka bayangkan ada apel merah jatuh saat kamu mau masuk ke rumah dan kaitkan hal tersebut dengan saus yang juga berwarna merah. Lalu saat masuk ke dalam mrumah kamu menemukan kucing putih berlari ke ruang tamu, maka kaitkan hal tersebut dengan susu. Ingat gunakan khayalan yang seaneh dan se-absurd mungkin. Semakin aneh khayalanmu maka kesempatanmu untuk mengingat semakin besar.

Gimana kalau pengen mengingat berbagai macam rumus Fisika? Nah ini yang jadi momok banyak siswa. Berbagai hapalan rumus langsung luntur begitu samapi ke otak. Nah kamu bisa mencoret dinding Mind Palace-mu dengan berbagai warna. Biasanya saat kamu melihat dindingyang jadi tempat coretan "khayalanmu" kamu akan lamngsung ingat apa yang kamu coret disitu. Kalu udah nggak penting lagi, tinggal dihapus deh.

Nah dengan menggunakan Memory peg, maka kamu akan mudah untuk memanggil kembali ingatan tersebut saat dibutuhkan. Tinggal bayangkan aja khayalan yang tadi dibuat. Mudah kan?

4. Membangun Istana Baru

jelajahi rute mind palacemu, epizone.id

Kalau Mind Palace-mu cuma dipakai untuk mengingat hal-hal yang sementara kayak daftar belanja tadi, maka kamu mungkin bisa
langsung menghapusnya. Tapi bagaimana kalau perlu banyak sekali ruang untuk berbagai ingatan? Maka kamu bisa membangun istana baru yang khusus untuk menyimpan berbagai materi sejarah misalnya. Atau yang lebih gampang kamu bisa menggunakan 1 bangunan untuk berbagai materi. Kamu bisa membagi bangunan yang jadi Mind Palace-mu ke beberapa bagian. Beberapa bagian atau ruangan tersebut bisa kamu gunakan untuk menyimpan hal-hal yang berbeda. Misalnya ruang makan untuk materi Biologi dan kamar tidur untuk menyimpan materi Geografi. Cara tersebut lebih efektif daripada kamu harus membuat istana baru.



Gimana? Kalau pengen sepintar Sherlock maka kamu juga harus sering-sering latihan. Dengan sering berlatih teknik ini, maka kamu akan dengan mudah langsung menyimpan berbagaiinformasi ke dalam Mind Palace-mu sendiri tanpa harus susah-susah latihan lagi. Nah selamat mencoba.


Images Credit : pixabay
Sumber : dari berbagai sumber


Baca juga:
6 Perpustakaan Paling Cantik di Amerika Serikat, Bangunannya Kayak Istana
Malas Belajar? Coba Cara-cara Berikut Ini Biar Belajarmu Makin Menyenangkan
Lakukan 7 Hal Ini Agar Idemu Tak Lagi Dibajak

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close