Sabtu, 18 November 2017

Berbagai Hal Salah Yang Kamu Lakukan Saat Belajar

  • Rosiana
  • 31/07/2017 14:34 WIB
Berbagai Hal Salah Yang Kamu Lakukan Saat Belajar
EPIZONE.ID - Saat belajar kamu mungkin selalu fokus dengan apa yang dipelajari. Belajar memang membutuhkan waktu dan usaha agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Namun berbagai hal yang salah ini sudah seharusnya dihindari agar saat belajarmu jadi lebih maksimal. 

1. Terlalu fokus belajar hingga lupa istirahat

kelaha saat belajar

Biasanya kalau lagi dikejar berbagai ujian, banyak pelajar yang tiba-tiba berubah menjadi rajin membuat contekan ujian untuk belajar. Banyak juga yang belajar dengan cara SKS atau Sistem Kebut Semalam sampai begadang semalaman tanpa jeda. Kalau udah gini biasanya banyak yang lupa istirahat karena terlalu fokus mempelajari berbagai macam materi yang akan diujikan. Nah karena terlalu fokus inilah biasanya banyak yang malah tumbang saat hari H. Kenapa? karena cara belajar yang salah dan malah melalaikan kesehatan.

Ingat tubuhmu bukan robot yang bisa dipaksa terus menerus, jadi perlu sekali-kali diistirahatkan. Jangan sampai kamu malah tumbang karena terlalu serius saat belajar hingga lupa untuk istirahat. Belajar boleh tapi menjaga kesehatan itu juga penting. Beri jeda tubuhmu untuk istirahat di tengah-tengah proses belajarmu dan biarkan ia rileks sejenak.

2. Belajar "hanya" dari catatan

hal salah yang dilakukan saat belajar

Mencatat apa yang diajarkan saat di kelas emang penting. Tapi ingat kamu pasti punya buku pendamping atau textbook. Gunakan buku pendamping yang ada untuk belajar, jangan cuma dibuat bantalan. Kalau cuma ngandelin catatan, siapa yang tau kalau kamu nggak salah saat mencatat? Atau yang paling parah, malah cuma minjem catatan teman yang cuma di copy. Nah itu niat belajar apa buat contekan?

3. Membalas chat saat belajar

terganggu saat belajar, karena rajin berbalas chat

Banyak yang sudah belajar dengan waktu berjam-jam tapi merasa nggak mendapatkan apapun selama belajar? Hal tersebut terjadi mungkin karena selama belajar kamu "terganggu" dengan adanya smartphone di sampingmu. Tiap ada chat atau notif masuk, kamu akan segera membukanya. Nggak masalah kalau cuma 1 atau 2 chat. Lah kalau malah jadi chatting? Gimana dengan belajarmu? Hal inilah yang kadang membuat konsentrasi belajarmu terpecah. Kalau kamu suka mendengarkan musik saat belajar, maka lebih baik matikan koneksi datamu saat jam belajar. Hal ini akan membuatmu lebih berkonsentrasi dan nggk terganggu dengan godaan membalas chat.


Kalau kamu ingin maksimal saat belajar, maka hal-hal diatas bisa kamu hindari. So, Selamat belajar....

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close