Sabtu, 20 Januari 2018

7 Cara Ini Akan Membuatmu Terhindar Dari Gagal Fokus Saat Ngerjain Tugas

  • Rosiana
  • 02/08/2017 15:36 WIB
7 Cara Ini Akan Membuatmu Terhindar Dari Gagal Fokus Saat Ngerjain Tugas
EPIZONE.ID - Niat melakukan pekerjaan sih selangit tapi di tengah-tengah ternyata otak susah banget diajak kerjasama. Meski niat udah setinggi gunung ternyata pikiran nggak mendukung. Susah fokus emang ngeselin. Sering terdistrasksi oleh berbagai hal lain yang lebih menyenangkan dan membuatmu jadi gagal fokus. Pernah ngerasain yang kayak gini? Pasti kesel karena gagal fokus membuatmu urung menyelesaikan tugas yang diberikan. Seberapa keras mencoba berkonsentrasi tapi kadang otak emang lagi nggak mau diajak kerjasama, dan berakhir dengan kerjaanmu yang nggak beres. Tenang, hal ini bisa terjadi pada siapa aja kok, bahkan orang paling rajin sekalipun. Kalau kamu pengen menghindari gagal fokus coba ikuti beberapa cara ini. 


Perhatikan kondisi perutmu

isi perut sebelum ngerjain tugas biar nggak gagal fokus

Ini beneran!! selagi kamu ngerjain tugas, ada baiknya memperhatikan kondisi perut. Sebelum melakukan pekerjaan, sebaiknya isi perut terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memberikan energi ekstra biar kerjaan kamu juga cepet selesai. Tapi perhatikan juga jangan sampai perutmu kekenyangan. Kondisi perut yang terisi penuh akan membuatmu mengantuk dan malah berakhir gagal fokus.

Jauhkan barang-barang yang berpotensi jadi pengalih perhatian

jauhkan barang-barang yang berpotensi jadi pengalih perhatian bia rnggak gagal fokus

Smartphone, TV dan koneksi WIFI super kencang merupakan tersangka utama dalam menjadi pengalih perhatian. Sebaiknya sebelum melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentasi, ada baiknya menjauhkan hal-hal tersebut dari jangkauan. Konsentrasi yang kamu bangun dengan susah payah bakal tumbang hanya dengan getaran singkat smartphone. Kalau udah gitu, kamu pasti tergoda untuk membukanya meskipun cuma sekali. Keberadaan media sosial juga berpotensi besar membuatmu gagal fokus. Oleh sebab itu biasakan membuka alat komunikasi tanpa tergida untuk membuka media sosial. Lagian kalau setiap 10 menit sekali kamu ngecek feed sosmed, kapan kerjaanmu kelar?

Beri tubuhmu kenyamanan sebelum mengerjakan sesuatu

beri tubuhmu kenyamanan agar terhindar dari gagal fokus saat ngerjain tugas

Kursi yang nyaman, kondisi ruangan yang tenang akan membuatmu mudah berkonsentrasi dan membuatmu terhindar dari gagal fokus. Sebelum menlakukan pekerjaan yang akan menyita perhatianmu, sebaiknya buat dirimu nyaman dalam berbagai kondisi. Siapkan kopi atau camilan kecil kalau kamu suka bekerja dengan ditemani makanan ringan. 

Kerjakan tugas yang ringan terlebih dahulu

mengerjakan tugas ringan dahulu agar terhindar dari gagal fokus

Sebelum ngerjain tugas, otak dalam kondisi dingin alias perlu dipanasin dulu. Jika kamu punya tugas yang segunung, coba kerjakan yang paling mudah terlebih dahulu. Hal ini akan membantu otakmu untuk menyimpan energi buat ngerjain tugas berikutnya yang lebih berat. Sebaliknya kalau tuga syangh paling berat dikerjain duluan, layaknya mesin maka otakmu akan terkuras habis untuk satu tugas aja sedangkan kerjaan lain masih menanti. 

Beri Jeda untuk istirahat

beri jeda untuk istirahat agar terhindar dari gagal fokus

Otak dan tubuh bukan mesin yang bisa dipakai terus menerus dan butuh diistirahatkan barang semenit aja. Beri jeda untuk dirimu setelah selesai mengerjakan tugas atau saat kamu merasa tubuh sudah mulai lelah. Jangan sekali-kali memaksakan diri, yang ada malah kamu yang tumbang sementara tugas nggak selesai sama sekali. 

Belajar mengendalikan pikiran

kendalikan pikiran agar terhindar dari gagal fokus

Terkadang saat sedang fokus mengerjakan tugas, pikiran lain datang mengganggu. Kamu bisa memilih untuk langsung menghapus pikiran tersebut dan kembali fokus dengan tugas. Buat kamu yang susah untuk mengendalikan pikiran, ingat kembali akibat yang akan datang kalau tugasmu nggak selesai. Misal kamu bisa mengingat wajah guru killer saat memarahi muridnya yang lupa membawa PR atau nilai jeblok yang akan diperoleh. 

Beri reward atau penghargaan untuk diri sendiri

beri reward untik diri sendir agar terhindar dari gaagl fokus

Setelah selesai dengan kerjaan dan tugas, kini saatnya kamu memanjakan diri sendiri. Memberi reward bisa mengembalikan semangat dan meningkatkan rasa puas karena telah selesai mengerjakan tugas. Kamu bisa menyediakan waktu khusus untuk menonton film favorit atau jalan-jalan di sekitar taman. Hal ini juga akan membuatmu rileks setelah tegang karena ngerjain tugas. 


Baca Juga
Lakukan Kebiasaan Positif Saat Memulai Pagi Biar Harimu Lebih Semangat
Buat Yang Pengen Lulus, Simak Manfaat Positif Seringnya Berlatih Soal Ini
Inilah 7 Manfaat Berpikir Positif Yang Harus Kamu Tau

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close