Senin, 25 September 2017

Belajar Mengalahkan Keterbatasan Dari Sosok Seorang Susan Boyle

  • Rosiana
  • 03/08/2017 11:43 WIB
Belajar Mengalahkan Keterbatasan Dari Sosok Seorang Susan Boyle
EPIZONE.ID - Masih ingat dengan audisi Brotain's Got Talent ini? Salah satu kontestan bernama Susan Boyle membuat juri dan penonton terkagum dengan suaranya. Meski pada awalnya banyak yang mencibir, namun ia tetap melanjutkan audisi yang akhirnya membawanya menjadi penyanyi yang diakui. 

Video audisinya sempat menjadi viral di dunia maya. Lagu yang ia nyanyikan yang berjudul "I Dreamed a Dream" terasa menyuarakan mimpinya yang selama ini ingin menjadi penyanyi terkenal. I Dreamed a Dream dari pertunjukan teater terkenal Les Miserables merupakan salah satu lagu yang melambungkan namanya. 

Meski saat itu usianya mencapai 47 tahun, namun ia tak takut untuk bersaing dengan kontestan lain yang masih muda. Kisahnya yang sangat inspiratif membuat banyak orang tersentuh. Ia tak hanya mendobrak pakem dunia hiburan yang mengharuskan seorang penyanyi harus memiliki wajah cantik disamping suara yang menawan. Namun ia juga membuat semua orang berani bermimpi dan memulai langkah untuk mewujudkannya. 

Memang awalnya penampilan Susan dianggap tidak menarik apalagi untuk audisi besar sekelas Britain's Got Talent, dimana semua orang menunjukkan kebolehan dengan penampilan yang luar biasa. Tapi, sesaat setelah ia menunjukkan suara, semua orang dibuat terpana dan mengakui ada bakat tersembunyi dibalik sosok "biasa" seorang Susan Boyle.

Apa yang terjadi saat audisi membuat orang berbondong-bondong menyaksikan kisahnya lewat layar YouTube. Banyak orang terpana dan dibuat tak percaya. Kisah hidupnya kemudian menjadi inspirasi dan motivasi bagi siapa saja yang menyaksikan. Ya, nggak ada yang nggak mungkin dalam hidup kan?

Sejak audisi yang dilakukan pada tahun 2009 lalu, hidupnya mulai berubah. Banyak orang yang mulai mengenalnya dan mencoba berbagai peruntungan untuk mewujudkan mimpi mereka. Kisah inspiratifnya nggak hanya sampai disitu aja. Ia yang divonis mengidap sindrom asperger, dan harus berusaha berjuang untuk hidup dengan kondisi tersebut. Sindrom asperger (Asperger Syndrome) yang dideritanya membuat wanita ini sering merasa panik dan kesulitan untuk berinterksi dengan orang lain. 




I DREAMED THE DREAM

Berangkat dari bawah, wanita ini perlahan-lahan membuktikan pada dunia bahwa keterbatasan bisa dikalahkan. Ia bahkan sering dibully karena punya masalah kesulitan dalam belajar. Bakat Susan Boyle mulai kelihatan saat ia tampil di sekolah. Waktu itu ia baru berusia 12 tahun dan guru yang mengampunya langsung mengenali bakat terpendam Susan muda. 

Susan akhirnya meraih pekerjaan di sebuah dapur di West Lothian College dan mendaftarkan diri dalam program pelatihan pemerintah. Dia terus mengasah kemampuan bernyanyi dan menghadiri pertunjukan teater. Dalam salah satu pertunjukan teater Les Miserables yang disaksikannya, ia mendengar lagu I Dreamed A Dream untuk yang pertama kali. Dan lagu ini pula yang mengantarkannya pada kesuksesan. 

Susan kemudian pergi ke Glasgow untuk mengikuti audisi untuk pertunjukan bakat televisi, My Kind Of People pada tahun 1995. Ia merasa gugup saat audisi, dan berakhir dengan penolakan. Saudara laki-laki Boyle, mengatakan alasan penolakannya adalah karena "penampilannya yang tidak biasa". Namun ternyata penolakan tersebut tak menghentikannya untuk terus bermimpi.

Pada tahun 1999, Susan menggunakan semua tabungannya untuk membayar rekaman demo profesional yang dikirimnya ke berbagai perusahaan rekaman, kompetisi bakat dan studio televisi. Namun sayang, tak satu perusahaaanpun yang memperhatikannya. Hingga akhirnya ia memberanikan diri untuk mengikuti audisi Britain's Got Talent. Dan dari audisi tersebut hidupnya mulai berubah. Dengan kemampuan yang dimilikinya, ia bahkan bisa tampil dihadapan penyanyi yang diidolakannya, Elaine Paige dan bahkan didepan Ratu Elizabeth. 

Siapa sangka wanita yang awalnya bukan apa-apa bahkan dianggap sebelah mata ini malah berhasil dan jadi sesukses sekarang? Wanita yang terkenal karena bisa membungkam "mulut pedas" Simon Cowell ini kini menikmati buah dari kerja kerasnya selama bertahun-tahun. 


susan boyle mengalahkan keterbatasan

TENTANG ASPERGER SYNDROME

Sindrom ini adalah bentuk autisme, yang merupakan kecacatan perkembangan seumur hidup. Dilansir dari autism.org.uk, Seperti bentuk autisme lainnya, Asperger membuat penderitanya melihat dunia secara bereda dari orang kebanyakan. Semua orang yang divonis menderita autisme mengalami kesulitan tertentu dalam berbagai aktivitas mereka.

Orang dengan sindrom Asperger biasanya memiliki keerdasan diatas rata-rata, namun mungkin memiliki kesulitan belajar yang spesifik. Ketika berbicara. Mereka biasanya memiliki kesulitan dan mengungkapkannya dengan bahasa tubuh dan komunikasi nonverbal lainnya.


Baca juga
Inilah 7 Manfaat Berpikir Positif Yang Harus Kamu Tau
Inilah Fakta Menarik tentang Jackie Chan yang Jadi Bukti Bahwa Nggak Ada Sukses yang Instan
Jungkir Balik Kehidupan Pendiri Alibaba Group yang Penuh Penolakan Namun Pantang Menyerah Sebelum Jadi Kayak Sekarang Ini

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close