Senin, 25 September 2017

Biar Persahabatan Bisa Awet Sampai Kakek Nenek, Ini Tipsnya

  • Rosiana
  • 10/08/2017 15:17 WIB
Biar Persahabatan Bisa Awet Sampai Kakek Nenek, Ini Tipsnya
EPIZONE.ID - Memiliki seseorang untuk berbagi suka duka sangat menyenangkan. Apalagi kalau orang tersebut bisa dipercaya. Saat seseorang sedang berada di titik terendah, disinilah peran sahabat sangat diperlukan. Ia tak hanya ada saat seseorang sedang dalam kondisi terburuknya, tapi juga menguatkan dan memberi support agar bisa bangkit kembali. Hubungan pertemanan juga bisa awet dan menjadi hubungan persahabatan karena dukungan dan adanya kiepercayaan dari masing-masing pihak. 

Persahabatan bukanlah hubungan yang mudah dan sekali jalan. Ia ada karena proses yang panjang dan lama. Seorang sahabat yang baik akan selalu mendampingi sahabatnya meski terpisah jauh sekalipun.Persahabatan bukan hanya soal belanja bareng atau hangout sama-sama, tapi lebih dari itu. Inilah yang membedakan sahabat dari teman biasa. 

Setelah bertahun-tahun memiliki sahabat yang lebih seperti saudara, ada baiknya kamu terapkan tips dibawah ini agar persahabatanmu bisa awet sampai kakek nenek. 

1. Kepercayaan merupakan modal penting dalam sebuah hubungan termasuk dalam persahabatan. 

tips persahabatan agar awet sampai tua, saling percaya


Kalau kamu aja udah mulai nggak percaya sama sahabatmu, gimana hubungan kalian bisa lancar sampai kakek nenek? Dalam berhubungan dengan berbagai macam orang, kepercayaan emang sangat diperlukan. Setelah sahabtan selama bertahun-tahun, tentu kamu mengenal sahabatmu luar dalam kan? Nah, dengan alasan ini jangan sampai kamu meragukan sahabatmu. Usahakan untuk tetap terus percaya dengan sahabatmu. Dengan ini kamu bisa membuat hubungan persahabatan kalian langgeng sampai tua nanti. 

Selain nggak meragukan sahabat, kamu juga harus menjaga kepercayaan yang diberikan. Persahabatan yang awet berawal dari hubungan timbal balik yang baik antara 2 orang atau lebih. Jangan sampai rahasia yang hanya kalian berdua yang tau bisa bocor ke orang lain. 

2. Jangan gengsi untuk meminta maaf meski untuk hal yang kecil.

tips persahabatan agar awet sampai tua, jangan gengsi meminta maaf


Konflik dalam persahabatan kadang nggak bisa dihindari. Kalau sampai terjadi konflik dengan sahabatmu jangan ragu dan malu untuk meminta maaf. Hubungan yang sudah terjalin lama akan kandas kalau salah satu pihak masih mengandalkan ego dan emosi. Pihak pertama yang meminta maaf meskipun ia nggak bersalah malah akan membuat pihak lain merasa sungkan karena nggak minta maaf duluan. Nah budayakan meminta maaf dengan sahabatmu meski untuk hal kecil sekalipun. 

Meminta maaf nggak membuktikan ia adalah pihak yang lemah. Sebaliknya dengan meminta maaf, maka ia membuktikan bahwa hatinya lebih lapang. Jangan samapai hubungan persahabatan menjadirengang karena lebih mempertahankan ego diatas segalanya.

Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasi Konflik Dengan Sahabat

3. Selain minta maaf, jangan lupa sering ucapkan terimakasih.

tips persahabatan agar awet sampai tua, jangan ragu mengucapkan terimakasih

Seperti hubungan lainnya, ucapan terimakasih sangat penting diucapkan jika kamu ingin menunjukkan kalau kamu memang menghargainya. Meski udah berteman selam bertahun-tahun, mengucapkan terimakasih setelah apa yang ia lakukan membuat sahabatmu akan merasa bahwa ia adalah salah satu orang penting dalam hidupmu. 

4. Nggak cuma dengan terimakasih, kamu bisa menghargai sahabatmu saat ia berhasil dalam pencapaiannya.

tips persahabatan agar awet sampai tua, saling menghargai


Setiap usaha dan pencapaian yang telah diraih sahabatmu, pastikan kamu mendukung dan memberinya penghargaan. Nggak usah muluk-muluk, ucapan terimakasih dan selamat aja cukup untuk menunjukkan bahwa kamu menghargainya. Dengan saling menghargai, diharapkan hubungan persahabatan bisa tetap awet sampai tua nanti. 

5. Sahabat bukan cuma tempat curhat, maka dari itu jadilah pendengar yang baik.

tips persahabatan agar awet sampai tua, jadi pendengar yang bak


Meski salah satu fungsi sahabat adalah sebagai tempat curhat, namun ada kalanya seorang sahabat juga "harus" menjadi pendengar yang baik. Jangan sampai sahabatmu merasa bahwa ia dibutuhkan saat kamu mau curhat aja. Ada kalanya seseorang hanya butuh didengar. Kalaupun kamu ngak bisa memberikan solusi cukup menjadi pemerhati dan pendengar agar ia tidak merasa sendiri saat menghadapi masalahnya.

Jadi Pendengar yang Baik Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Pemimpin yang Baik Juga


6. Jangan ragu untuk menegur kalau sahabatmu berbuat salah.

tips persahabatan agar awet sampai tua, jangan ragu menegur


Selain menjadi orang yang mendukung saat suka dan duka, seorang sahabat juga wajib untuk menegur jika sahabatnya berbuat salah. Persahabatan yang awet bisa terjalin kalau mereka saling peduli. Kepedulian nggak cuma ditunjukkan saat sahabat sedang dalam masa susah aja. Saat ia melakukan kesalahan kamu juga wajib untuk mengingatkan agar ia nggak lebih terjerumus dan berakhir dengan penyesalan.


Persahabatan yang baik akan membawa pengaruh yang baik juga. Jangan ragu untuk menerapkan tips diatas agar persahabatanmu bisa langgeng sampai kakek nenek.

Baca Juga
Lebih Produktif Saat Mager Dengan 5 Kegiatan Ini
5 Cara yang Membuatmu Terhindar Dari Pikiran Negatif
Lakukan 7 Hal Ini Agar Idemu Tak Lagi Dibajak

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close