Sabtu, 18 November 2017

Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasi Konflik Dengan Sahabat

  • Rosiana
  • 10/08/2017 11:06 WIB
Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasi Konflik Dengan Sahabat
EPIZONE.ID - Punya satu atau beebrapa sahabat emang nyenengin. Apalagi kalau sahabatmu selalu bisa diandalkan. Tapi gimana kalau kamu lagi menghadapi konflik dengan sahabat? Pastinya nggak enak banget kan? Mau minta maaf gengsi, tapi kalau diem-dieman yang ada malah kamu kehilangan teman yang selalu nemenin kamu selama ini. 

Misalnya, kamu berselisih pendapat dengan si sahabatmu. Lalu ngambek dan nggak bertegur sapa selama berhari-hari dengannya. Nah tanpa bisa dicegah ternyata malah dia ngomongin masalah ini di belakang. Nah, cara ini menunjukkan kalau kamu kurang cerdas dalam menyelesaikan konflik dengan orang lain. Kalau kamu beraksi begini, konflik malah jadi akan lebih besar, dan orang yang terlibat juga jadi lebih banyak.

Nggak selamanya masa persahabatan diwarnai dengan hal-hal yang seru aja. Ada kalanya perselisihan juga mewarnai. Kadang drama dan konflik pernuh drama pernah mampir di hidupmu. Nggak usah bingung, hal ini wajar kok. Malah kalau hidupmu datar-datar aja, kamu nggak akan pernah merasakan bagaimana caranya berproses. Berbagai konflik yang ada malah bisa membangun kepribadian dan membuatmu jadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Nah kalau sekarang kamu lagi ngadepin konflik dengan sahabat, ada baiknya gunakan cara-cara unik ini untuk mengastasinya:

1. Masih gengsi buat minta maaf duluan? Coba deh selipkan makanan di bangku sahabatmu

cara mengatasi konflik dengan sahabat, kamu bis amencoba meyelipkan makanan untuk memminta maaf
meminta maaf dengan makanan? nggak masalah, asal jangan makanan yang aneh-aneh aja

Meminta maaf kadang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Hal ini biasanya terjadi karena kedua belah pihak merasa kalau mereka yang paling benar. Tapi kalau konflik yang terjadi dengan sahabatmu berlangsung cukup lama dan nggak ada yang mau ngalah, kamu juga akan kehilangan pertemanan. Nggak mau hal itu terjadi kan?

Disini harus ada sseorang yang take action duluan. Berbagai cara bisa dilakukan untuk meminta maaf walau nggak secara langsung. Salah satunya dalah dengan makanan. Siapa sih yang bakal nolak kalau disuguhi makanan enak? Nah hal ini bisa kamu lakukan untuk meminta maaf dengan sahabatmu.

Kamu bisa mencoba menyelipkan makanan favorit sahabatmu ke tas atau bangkunya. Selipkan makanan tersebut dengan permintaan maaf atau kata-kata lucu. Biar lebih spesial kamu hisa mencoba untuk memasak sendiri makanannya. Buat sahabat apa sih yang nggak? Dijamin deh, saat sahabatmu liat makanan yang akan diberikan, ia pasti langsung datang ke tempatmu.

2. Pakai surat, meski udah nggak jaman tapi masih tetep manis kok

mengatasi konflik dengan sahabat, kamu bisa menulis surat agar terlihat lebih manis. Surat jug abis ajadi media yang pas untuk meminta maaf daripada sekedar sapaan di chat

Hah? jaman gini masih pakai surat? Eitss jangan salah, meski udah nggak jaman lagi, namun surat masih tetep jadi media yang pas buat ngungkapin isi hati. Kalau tipe orang yag nggak bisa mengungkapkan perasaan secara langsung, surat bisa jadi perantara yang pas.

Mengapa surat? Karena dengan surat kamu harus susah payah menulis dan mengusahakan agar tulisanmu masih bisa dibaca. Daridapa cuma lewat chat, surat bisa membuktikan kalau kamu serius untuk meminta maaf kepada sahabatmu. Dia juga bisa melihat kesungguhanmu dalam memperbaiki hubungan kalian. 

Buat surat yang bisa mengungkapkan keinginanmu untuk memperbaiki hubungan kalian. Lalu hias sebagus mungkin, kalau perlu lampirkan foto-foto kebersamaan kalian. Mengungkapkan perasaanmu dengan berbagai kenangan kalian, bisa membuat dia merasa kalau kamu emang niat untuk memperbaiki hubungan.

Biar Persahabatan Bisa Awet Sampai Kakek Nenek, Ini Tipsnya


3. Ajak nongkrong bareng dan bicarakan akar masalahnya

mengatasi konflik dengan sahabat, kamu bis amengajaknya nongkrong bareng
nongkrong bareng dan komunikasikan segalanya biar masalah cepet clear

Kalau cara diatas terlalu chessy, kamu bisa ajak langsung sahabatmu untuk nongkrong berdua. Komunikasi memang jadi hal yang penting dalam suatu hubungan termasuk persahabatan. Tapi kalau kalian masih terlalu kaku untuk memulai pembicaraan, kamu bisa mengajaknya untuk melakukan hal yang paling kalian sukai bersama. Seperti nonton atau main basket bareng. Ketika suasana mulai mencair, kamu bisa mengajaknya untuk membicarakan akar permasalahan kalian dan mencari jalan keluarnya. 

4. Lupakan masa lalu dan jalani persahabatan seperti sebelum negara api menyerang konflik  meradang

mengatasi konflik dengan sahabat, lupakan segalanya dan mulailah lembaran baru
kalau udah baikan jangan diungkit-ungkit lagi

Kalau kalian udah baikan, segera lupakan masa lalu dan jangan pernah mengungkitnya lagi. Ingat hubungan persahabatanmu udah pernah renggang. Dengan mengungkit masa lalu berarti membuka luka lama dan bisa menimbulkan konflik baru nantinya. Nggak ada orang yang suka kalau kesalahannya diungkit-ungkit. Begitu pula dengan sahabat, meski kalian udah lengket kayak amplop dan perangko, alangkah baiknya tetap menjaga perasaan dengan tidak membuka kesalahannya kembali. 


Persahabatan sangat berharga. Kamu bisa mendapatkan banyak teman, namun mendapatkan sahabat bukan hal gampang yang bisa didapat begitu saja. Seseorang bisa disebut sahabat setelah melalui proses pertemanan selama bertahun-tahun. Maka jaga jangan sampai konflik serupa datang lagi. Nggak mau kan kehilangan sahabat untuk kedua kalinya?

Baca Juga
Sebelum Masuk Dunia Kerja, 5 hal Ini Harus Kamu Lakuin Sama Sahabat Kamu
"Untuk Sahabat" Jadi Single Debut Renata Tobing
Buat yang Udah Corat-Coret Baju, Ini nih 10 Tipe Teman Kelas Yang Bakal Kamu Kangenin Nanti

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close