Senin, 25 September 2017

Ini Manfaat yang Kamu Dapatkan Dengan Menjadi Pendengar yang Baik

  • Rosiana
  • 11/08/2017 16:17 WIB
Ini Manfaat yang Kamu Dapatkan Dengan Menjadi Pendengar yang Baik
EPIZONE.ID - Dalam sebuah hubungan entah pertemanan atau rekan kerja,pasti ada namanya timbal balik. Kamu selalu memberi, maka banyak orang yang juga akan memberikan feedback untukmu. Sama halnya dengan mendengarkan. Kalau kamu ingin didengarkan maka kamu juga harus mau mendengarkan. Kadang mendengarkan menjadi salah satu kegiatan membosankan dalam sebuah hubungan. Tapi ternyata ada banyak manfaat yanmg bisa kamu dapatkan dengan menjadi pendengar yang baik. Manfaat jadi pendengar yang baik antara lain:

1. Memiliki empati yang tinggi dari kebanyakan orang

manfaat menjadi pendengar yang baik, memiliki empati yang tinggi


Seorang pendengar yang baik selalu memperhatikan apa yang diucapkan lawan bicaranya. Ia memperhatikan dan tak hanya sekedar mendengarkan. Pendengar yang baik juga bisa merasakan apa yang sedang dialamioleh lawan bicaranya. Ia juga bis amenempatkan dirinya dalam posisi silawan bicarra. Ini yang membuatnya memiliki empati yang tinggi. 

Menurut radioaustralia, dengan berempati kamu lebih bisa menawarkan solusi untuk menyelesaikan masalah lawanbicaramu. Karena saat orang tertekan, mereka bi samenyelesaikan berbagai masalah yang datang. 

2. Selalu memutuskan sesuatu dengan mempertimbangkan sudut pandang orang lain

manfaat menjadi pendengar yang baik, memutuskan melalui sudut panang orang lain


Karena memiliki empati yang cukup besar, pendengar yang baik akan bisa memutuskan sesuatu dari sudaut pandang orang lain. Ia akan sangat berhati-hati dan tidak egois karena ia memikirkan orang lain dalam setiap keputusannya. Dia bisa menampilkan setiap sudut pandang orang yang bersinggungan dengan keputusannya, sehingg ahal ini pantas membuat seorang pendengar menjadi pemimpin yang mengayomi.

Melalui berbagai sudut pandang orang lain, seorang yang terbiasa mendengarkan akan memiliki pemikiran yang lebih terbuka. Ini karena mereka bukan orang yang hanya memmikirkan diri sendiri. Karena lebih sering jadi "tempat curhat", ketika masalah datang orang-orang ini akan memutar berbagai "curhatan" yang pernah mereka terima. 

Jadi Pendengar yang Baik Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Pemimpin yang Baik Juga


3. Orang yang terbiasa mendengarkan orang lain lebih cerdas secara emosional dan membantu untuk lebih fokus

manfaat menjadi pendengar yang baik, membantu lebih fokus


Melansir dari Huffingtonpostseorang pendengar yang baik memiliki kecerdasan emosi yang lebih tinggi dari orang yang nggak terbiasa mendengarkan. Ini karena mereka nterikat secara emosional dengan orang-orang yang pernah mereka dengarkan. Mereka bisa merasakan apa yang orang-orang tersebut rasakan. 

Ketika kamu sedang mendengarkan orang lain, fokuslah kepada orang tersebut. Hal ini akan melatihmu untuk bisa berpikir secara fokus. Saat kamu mendengarkan tapi memikirkan apa yang akan dikatakan selanjutnya, kamu nggak sedang mendengarkan orang tersbut. Kamu hanya mendengarkan secara asal dan informasi tersebut hanya akan "lewat" sebentar di kepalamu. Melansir dair CNN Indonesia, mendengarkan orang lain bisa memperkuat otot fokus. ketika sedang mendengarkan kamu akan berusaha untuk fokus dalam menjalankan pekerjaan dan menyimak lawan bicara. 

4. Mudah mengapresiasi orang lain dan sering diapresiasi juga

manfaat menjadi pendengar yang baik, mudah mengapresiasi orang lain


Kamu akan mudah mengapresiasi orang lain karena empatimu yang cukup tinggi. Pendengar yang  baik sangat mudah memberikan pujian yang tulus. Ia nggak pelit untuk menunjukkan kekagumannya terhadap sesuatu. Orang lain yang sering bersinggungan dengan para pendengar ini juga nggak akan segan-segan memberikan penghargaan dan juga apresiasinya.

Biar Persahabatan Bisa Awet Sampai Kakek Nenek, Ini Tipsnya


5. Banyak orang yang menyukai 

manfaat menjadi pendengar yang baik, banyak yang menyukai


Kemampuan untuk bisa sabar dalam mendengarkan orang lain membuat banyak orang yang menyukainya. Mendengarkan orang lain lain juga bisa menaikna popularitasmu loh. Ini karena banyaknya orang yang menyukai kepribadianmu dan mereka nggak segan-segan untuk membagikannya ke orang lain. 

6. Dengan mendengarkan kamu bisa melatih kesabaran

manfaat menjadi pendengar yang baik, melatih kesabaran


Menjadi seorang pendengar yang baik mampu menumbuhkan toleransi. Selain itu, mereka yang bis amendengarkan dengan baik biasanya memiliki kesabaran tingkat tinggi. Bisa nih untuk melatih tingkat kesabaranmu. 


Gimana? Banyak banget kan manfaat jadi pendengar yang baik. Kebanyakan orang curhat bukan hanya untuk berbagai masalah, terkadang banyak dari orang-orang tersebut hanya butuh untuk didengarkan. Dengan menengarkan orang lain kamu bisa meringankan bebannya meskipun hanya sedikit. lebih bagus lagi kalau kamu bisa memberi saran yang membangun.

Baca Juga
Tips Agar Resolusi Masih Bisa Terwujud Meski Sudah Pertengahan Tahun
Membangun Mind Palace ala Sherlock Holmes
5 Kebiasaan Yang Akan Meningkatkan Nilai Sekolahmu, Coba Yuk

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close