Senin, 25 September 2017

Keunikan Piramida Sudan Samai Popularitas Mesir Kuno

  • Rosiana
  • 14/08/2017 14:23 WIB
Keunikan Piramida Sudan Samai Popularitas Mesir Kuno
EPIZONE.ID - Sudan sebagai negara dengan jumlah piramida terbanyak tentunya punya keunikan tersendiri. Sebagai salah satu tempat dengan peradaban kuno yang besar. Sudan yang merupakan negara miskin di benua Afrika tersebut ternyata menyimpan kejayaan masa lalu yang membuat banyak orang terkagum-kagum.

Sebagai negara dengan kondisi politik dan ekonomi yang belum stabil, Sudan masih memiliki daya tarik bagi turis untuk dikunjungi. Salah satunya adalah jumlah piramida yang dibangun mengalahkan banyaknya piramida Mesir. Salah satu yang terkenal adalah piramida Meroe. Meroe merupakan ibukota dari Kerajaan Kush yang memerintah daerah sepanjang sungai Nil atau lebih sering disebuat sebagai Nubian.

Sudan, Surga Piramida yang Terlupakan


keunikan piramida Sudan
keunikan piramida Meroe, Sudan via Huffingtonpost

Piramida Sudan ini memiliki keunikan tersendiri dari saudaranya di Mesir. Salah satunya adalah, gaya bangunan yang dipakai sedikit berbeda dengan piramida Mesir. Bahkan keunikan ini membuat piramida Sudan menyamai popularitas rivalnya di Mesir. Piramida Sudan memiliki bentuk yang sedikit lebih ramping dengan poros yang lurus keatas. Berbeda dengan piramida Mesir yang berukuran luas dan besar, piramida Sudan memiliki ukuran yang lebih kecil. 

Banyak orang menyebut model bangunan piramida Sudan ini dengan gaya Nubian atau Nubian's Style. Dilansir dari Huffingtonpost, seperti piramida di Mesir, piramida Sudan juga digunakan sebagai tempat persemayaman terakhir para raja yang berkuasa. Setidaknya terdapat 40 raja dan ratu yang dimakamkan di kompleks ini. 

Sebanyak 177 buah piramida berada dalam kompleks Meroe. Namun sayang, banyak daripiramida tersebut yang telah rusak. Hal ini karena adanya perburuan harta yang dilakukan oleh Giuseppe Ferlini dan telah merusak sedikitnya 40 piramida. Piramida-piramida tersebut dirusak di bagian atap untuk mempermudahakses menemukan harta yang dikubur bersama dengan jenazah para raja. 

keunikan piramida Sudan


Berbagai ornamen dan relik yang ditemukan di dalam bangunan piramida ini menunjukkan adanya akulturasi budaya dari berbagai bangsa seperti Mesir dan Yunani. Bangsa Kush sendiri memuja dewa-dewi mesir. Bahkan raja Kush menobatkan dirinya sebagai keturunan langsung dari dewa Amun, salah satu dewa bangsa Mesir. 

Benarkah Piramida Dibangun Oleh Alien? Simak 10 Keajaiban Piramida Agung Giza Yang Belum Terungkap, Salah Satunya Mencengangkan


relik dalam piramida Sudan
berbagai gambar relif yang ditemukan dalam piramida Sudan via Huffingtonpost


Baca Juga
Nggak Nyangka Adolf Hitler Ternyata Berbakat Di Bidang Seni Lukis, Ini Contoh Karya-Karyanya
6 Fakta tentang Adolf Hitler yang Bakal Bikin Kamu Punya Pandangan Lain, Ternyata Dia Pernah Tinggal di Rumah Khusus Gelandangan
9 Foto Paling Bersejarah di Dunia yang Bakal Bikin Kamu Nggak Kedip

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close