Senin, 25 September 2017

Sudan, Surga Piramida yang Terlupakan

  • Rosiana
  • 14/08/2017 12:28 WIB
Sudan, Surga Piramida yang Terlupakan
EPIZONE.ID - Setiap kali mendengar kata Piramida, pasti langsung tergambar negara Mesir dengan para Firaunnya. Negeri kaya sejarah ini memang menorehkan banyak cerita yang diwariskan kepada generasi selanjutnya. Entah itu mistis, horor dan berbagai kisah roman yang mewarnai. Namun saat ini julukan negeri piramid harus lengser karena ternyata Mesir bukan lagi salah satu negara dengan piramida terbanyak.

Adalah Sudan atau lebih dikenal dengan Sudan Utara, yang menempati posisi puncak dengan banyaknya piramida yang tersebar di wilayah tersebut. Bagi yang masih asing, negara Sudan terletak di benua Afrika, tepatnya di sebelah Selatan Mesir dengan Laut Merah yang membatasi di sebelah Timur. Salah satu negara bekas jajahan Inggris ini memiliki sejarah panjang dari jaman Mesir kuno hingga masa pendudukan Ottoman.

Sayang, perang saudara yang kerap menimpa, membuat Sudan menjadi kurang terkenal di kalangan wisatawan. Pemerintahan yang tidak stabil dan berbagai pelanggaran HAM, membuat Sudan menjadi terkucil dari komunitas Internasional.

Keunikan Piramida Sudan Samai Popularitas Mesir Kuno


piramida Sudan. Sudan merupakan negara dengan piramida terbanyak
Piramida Sudan yang memiliki bentuk sedikit lebih ramping daripada piramida Mesir (Emma Thomson) via Independent


PIRAMIDA TERBANYAK

Melansir dari Telegraph, Sudan merupakan negara dengan jumlah piramida dua kali lebih banyak dari Mesir. Namun sayang, pemerintah negara ini sangat kurang dalam mempromosikan negaranya, sehingga banyak turis yang belum mengetahui keunikan dan sejarah panjang Sudan. Padahal jika ditengok, banyak sekali potensi pariwisata sejarah yang bisa mendatangkan devisa besar bagi negara ini.

Sudan memiliki sekitar 200 sampai 255 piramida yang dikenal. Dibandingkan dengan Mesir yang hanya memiliki 138 buah, negara ini pantas dijuluki negeri Piramida. Keunikan dari piramida yang ada di Sudan ini adalah bentuknya yang lebih curam dibandingkan dengan piramida di Mesir. Ternyata sebagian besar dari piramida di Sudan bukan dibangun oleh dinasti Mesir kuno yang mungkin telah berkeliaran lebih jauh ke selatan. 

Sebaliknya, piramida di Sudan dibangun oleh anggota Kerajaan Kush atau Kushite, atau lebih dikenal sebagai bangsa Nubia. Nubia merupakan sebuah peradaban kuno yang memerintah daerah-daerah di sepanjang Sungai Nil dari tahun 1070 SM sampai 350 Masehi. Di Sudan bagian Utara, terpampang berbagai situs peninggalan kejayaan Kerajaan Kushite. Masih awet dan terawat.

Kerajaan ini mengadopsi budaya Mesir, mulai dari dewa-dewi sampai dengan tulisan. Saat kerajaan Mesir kuno runtuh pada tahun 1070 SM, raja Kushite, Alara mempelopori kebangkitan kembali budaya Mesir, termasuk pembangunan piramida mereka sendiri. Inilah mengapa banyak bentuk piramida di Sudan mirip dengan piramida Mesir.

Benarkah Piramida Dibangun Oleh Alien? Simak 10 Keajaiban Piramida Agung Giza Yang Belum Terungkap, Salah Satunya Mencengangkan

Sudan, surga piramida yang tersembunyi
Peninggalan kerajaan Kush di kota Meroe (Emma Thomson) via Independent


FIRAUN "HITAM" DAN KOTA KUNO MEROE

Setelah bertahun-tahun ditaklukkan oleh kejayaan Mesir, Kerajaan Kush dibawah kepemimpinan cucu Raja Alara, Piye mulai memperluas wilayah jajahannya hingga ke Mesir. Seperti dikurip Independent, Raja Piye menyerang ke utara untuk membangun kembali kuil-kuil besar tersebut, dan selama hampir 100 tahun Mesir kuno diperintah oleh seorang Firaun kulit hitam.

Kerajaan ini mencapai puncak kekuasaannya di bawah komando Tahtaqa kerajaan Kush. Wilayahnya  membentang sampai ke Libya dan Palestina. Bahkan mahkota raja Kush membentuk dua kobra yang menyimbolkan Nubia (Sudan) dan Mesir yang menjadi jajahannya. 

Situs pemakaman terakhir dari Firaun kulit Hitam kerajaan ini ada di Meroë, sebuah kota kuno dan ibukota kerajaan Kush. Kota ini terletak di tepi timur Sungai Nil. Di tempat ini terdapat 200 piramida yang dibangun sebagai persemayaman terakhir para Firaun dari Kushite. Para ahli arkeolog beranggapan, pembangunan Piramida Meroe dibangun oleh peradaban yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kemiringan bangunannya yang dibangun sangat presisi dan sempurna. Piramida Meroe tersebut diperkirakan dibuat oleh bebatuan pasir.

Kalau kamu sempat ke tempat ini jangan lupa untuk menyusuri ornamen dan keindahan piramida Sudan. Ini karena banyak terdapat patung dan ornamen berupa hewan seperti gajah, jerapah bahkan kijang. Ini mengindikasikan jika Sudan dulunya merupakan daerah yang subur dan didiami oleh berbagai macam binatang, tak ubahnya seperti negara tropis lain. 

reruntuhan kerajaan Kush di kota kuno meroe
Reruntuhan kota kuno Meroe (pixabay)


Baca Juga
9 Foto Paling Bersejarah di Dunia yang Bakal Bikin Kamu Nggak Kedip
7 Penemuan Benda Bersejarah Ini Jadi Bukti Bahwa Dunia Masih Punya Banyak Misteri
Yuk, Ketahui Fakta Sejarah Mickey Mouse Yang Belum Kamu Tahu

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close