Rabu, 17 Oktober 2018

12 Biola Ini Terjual Dengan Harga Paling Mahal di Dunia, Penasaran?

  • Rosiana
  • 21/08/2017 19:42 WIB
12 Biola Ini Terjual Dengan Harga Paling Mahal di Dunia, Penasaran?
EPIZONE.ID - Musisi dan alat musik memang tak dapat dipisahkan. Seperti kerja jantung dalam tubuh, demikian pula fungsi alat musik. Musisi akan kehilangan separuh jiwanya tanpa instrumen musik. Itulah mengapa beberapa alat musik bersejarah bagi pemiliknya memiliki nilai jual yang sangat fantastis. Tak terkecuali 12 biola ini. Melansir dari cmuse.org, berikut 12 biola termahal di dunia:

12. The Titanic Violin

biola milik Wallace Hartley, musisi yang tenggelam bersama kapal Titanic
Biola milik Wallace Hartley

Sesuai namanya, biola ini berasal dari kapal karam Titanic. Buat kamu yang pernah nonton filmnya, pasti inget dong adegan saat 4 orang pemusik memainkan musik untuk menenangkan penumpang? Nah salah satu biola yang digunakan pemusik tersebut ditemukan di loteng sebuah rumah di Inggris pada 2006 lalu. Setelah melewati tes dan penelitian selama 2 tahun, diketahui bahwa biola ini miliki Wallace Hartley, seorang pemusik yang tewas saat insiden kapal Titanic. Biola tua Heartley ini terjual dengan harga US$ 1.700.000. 

11. The Lady Tennant

The Lady Tenannt violin
Biola The Lady Tennant

Salah satu biola Stradivarius ini terjual dengan harga US$ 2.032.000 di rumah lelang Christie. The Lady Tennant dibuat oleh seorang Luthier (perancang dan pembut alat musik berdawai) terkenal asal Itali, Antonio Stradivari pada tahun 1699. Biola ini sempat berpindah kepemilikian sebanyak 5 kali, seperti Charles Philippe Lafont dan Niccolò Paganini. 

10. The Hammer Stradivarius

The Hammer Stradivarius violin
The Hammer Stradivarius

Stradivarius memang biola yang terkenal akan harga dan kualitasnya. Maka tak ayal jika hamppir semua biola buatan tangan Antonio Stradivari ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Termasuk biola buatan tahun 1707 ini . Biola dengan nama The Hammer Stradivarius ini terjual dengan harga US$ 3.455.000. Dinamai The Hammer, karena diambil dari nama Christian Hammer, seorang kolektor Swedia abad ke-19 yang merupakan pemilik pertamanya. 

9. The Molitor Stradivarius

The Molitor Stradivarius
Ane Akiko Meyers memainkan biola The Molitor Stradivarius

Banyak yang menduga bahwa biol aini dulunjy apernah dimiliki oleh Napoleon Bonaparte. The Molitor Stradivarius terjual dengan harga US$ 3.600.000 dan saat ini dimiliki oleh violinis Ane Akiko Meyers. 

8. II Cannone Guarnerius

Il Cannone Guarnerius
Il Cannone Guarnerius

Dibuat oleh Giuseppe Antonio Guarneri pada tahun 1743, biola ini terjual dengan harga US$ 4.000.000. Dinamai Il Cannone Guarnerius dari pemiliknya terdahulu, virtuoso biola Italia Niccolò Paganini (1782-1840). Biola ini memiliki sejarah panjang karena dimainkan oleh seorang Paganini hingga akhir hidupnya. 

7. The Lord Wilton

The lord Wilton
David L. Fulton dan biolanya The Lord Wilton

Sama dengan Il Cannone, biola ini juga dibuat oleh Giuseppe Antonio Guarneri pada tahun 1742. Biola ini dimiliki dan dimainkan oleh pemain biola terkenal Yehudi Menuhin dari tahun 1978 sampai 1999. Setelah kematian Menuhin pada tahun 1999, alat musik tersebut dijual seharga US$ 6.000.000 kepada kolektor terkenal David L. Fulton.

Seluk Beluk Stradivarius, Biola Termahal di Dunia


6. The Mary Portman

The Mary Portman dimainkan oleh Sussane Hou
biola The Mary Portman dimainkan oleh Susanne Hou

Dinamai sesuai pemilikya terdahulu yaitu Lady Mary Isabel Portman. Dibuat oleh Giuseppe Antonio Guarneri pada tahun 1735 dan terjual dengan harga US$ 10.000.000. 

5. Ex-Kochanski Guarneri

Ex-Koxhanski Guarneri
Ex-Koxhanski Guarneri dimainkan oleh Aaron Rosand

Terjual dengan harga yang cukup fantastis yaitu US$ 10.000.000, biola ini juga dibuat oleh Giuseppe Antonio Guarneri pada tahun 1741. Biola inji awalnya dimiliki oleh violinis Paul Kochanski. Itulah mengapa biola ini dijuluki Ex-Kochanski. Kochanski del Gesù telah menjadi teman setia Aaron Rosand selama hampir 40 tahun. Biola ini memiliki pernis berwarna merah tua yang indah. 

4. Carrodus Guarneri

Carrodus Guarneri
Richard Tognetti memainkan Carrodus Guarneri

Banyak yang menyebut Carrodus Guarneri sebagai salah satu biola terbaik yang dibuat oleh Guarneri. Fakta menarik tentang "Carrodus" adalah terbuat dari pohon yang sama dengan biola Guarnerius lainnya yang dikenal sebagai Cannone II. Carrodus Guarneri terjual dengan harga US$ 10.000.000. 

3. The Lady Blunt

the lady blunt
The Lady Blunt

Diambil dari nama Lady Anne Blunt, putri dari Ada Lovelace dan cucu dari Lord Byron. Lady Blunt merupakan salah satu dari dua biola Stradivarius terawetkan yang ada buatan 1721. Biola ini bertahan seperti Stradivarius Mesias tahun 1716, dalam kondisi hampir asli karena sebagian besar berada di tangan para kolektor dan tidak banyak digunakan. Lady Blunt terjual ke Nipponn Music Foundation dengan harga US$ 15.900.000.

2. The Viuxtemps Guarneri

The Viuxtemps Guarneri
Anne Akiko Meyers memainkan biola Viuxtemps Guarneri

Biola ini terjual dengan harg ayng sangat fantastis dan merupakan biola termahal yang pernah dijual. Biola ini dinamai dari seorang violinis asal Belgia, Henri Vieuxtemps yang hidup pada abad ke-19. Alat musik tersebut kemudian digunakan oleh Yehudi Menuhin, Itzhak Perlman dan Pinchas Zukerman. Baru-baru ini menjadi biola termahal di dunia karena terjual dengan harga  sekitar US$ 16.000.000. Pemilik barunya secara anonim menyumbangkan instrumen bersejarah tersebut kepada pemain biola Anne Akiko Meyers, dan dipinjamkan sepanjang sisa hidupnya.

1. The Messiah Stradivarius

The Messiahb Stradivarius
The Messiah Stradivarius

Dan inilah biola termahal di dunia. Dengan harga jual sekitar US$ 20.000.000, dan menjadi koleksi Museum Ashmolean di Oxford, Inggris. Biola ini memiliki nilai jual terbesar karena dibuat pada masa emas atau "Golden Age" Antonio Stradivari dan selama 300 tahun belum pernah dimainkan. 


Baca Juga 
7 Film Musikal Ini Nggak Kalah Keren dari La La Land, Kamu Wajib Nonton
Di Hari Musik Nasional Ini Kamu Harus Tahu 5 Fakta Tersembunyi Lagu Indonesia Raya
8 Fakta tentang Musik dan Gimana Musik Bisa Mempengaruhi Otak

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close