Sabtu, 18 November 2017

Seluk Beluk Stradivarius, Biola Termahal di Dunia

  • Rosiana
  • 21/08/2017 11:33 WIB
Seluk Beluk Stradivarius, Biola Termahal di Dunia
EPIZONE.ID - Dunia mengenal Antonio Stradivari, Giuseppe Guarneri Del Gesuin dan Andrea Amati sebagai pembuat instrumen biola paling baikdi dunia. Bahkan hingga saat ini popularitas mereka sebagai pembuat biola tak terkalahkan. 

Salah satu biola yang paling terkenal adalah Stradivarius. Mengacu pada namanya, biola ini lahir dari tangan Antonio Stradivari, seorang luthier atau ahli dalam membuat dan memperbaiki alat musik berdawaiStradivari merupakan seorang pengrajin biola asal Cremona Italia. Tak hanya biola ia juga membuat cello dan beberapa instrumen musik lainnya.

Banyak orang percaya, kemampuan membuat biola Stradivari datang karena sempat belajar dari Nicolas Amati, cucu dari pembuat biola hebat Andrea Amati (1511-1577). Semasa hidupnya Stradivari membuat lebih dari 1000 instrumen musik dan diyakini 650 diantaranya masih tersimpan, dan hanya 240 yang terdokumentasi kepemilikannya. Dari semua alat musik yang pernah diproduksi, biola dan instrumen terbaik Stradivari dibuat selama periode emasnya dari tahun 1700-1725. 

Biola Stradivarius
Tampilan Stradivarius 


PALING MAHAL

Hingga saat ini biola Stradivarius masih memegang rekor sebagai biola termahal di dunia. Salah satu yang paling mahal dan terkenal adalah biola Stradivari Lipinski yang dibuat tahun 1715  dan Stradivari Messiah yang dibuat tahun 1716.  Banyak alasan yang mendasari seperti: 

Supply and Demand: Seperti da;lam pelajaran Ekonomi ketika ada permintaaan meningkat tetapi sedikit pasokan, maka akan memberikan kenaikan nilai pada sebuah barang. Seperti halnya biola ini. Salah satu alasan nilai biola Stradivarius sangat mahal adalah karena hanya sedikit yang tersisa. Selain itu biola ini juga sudah tak lagi dibuat. 

Kualitas: Banyak musisi yang percaya bahw biola Stradivarius memiliki kualitas yang paling baik. 

Fashionable: Saat ini biola Stradivarius telah dijadikan sebagai simbol status sosial seseorang dalam dunia musik, sehingga meningkatkan nilai dan harga.

Kondisi dan Sejarah: Semua biola Stradivarius berusia lebih dari 300 tahun dan masih bisa berfungsi dengan baik. Hal ini membuat Stradivarius menjadi ikon sejarah dalam dunia musik, dan hal ini yang bisa menambah nilai dari alat musik ini. 

Kisah dibaliknya: Stradivarius memiliki kisah yang menakjubkan dan berlanjut sampai hari ini. Siapa pun di dunia musik pasti tahu tentang biola terkenal, pengrajin mereka, dan nilai dan kelangkaannya yang luar biasa. Faktor-faktor ini juga berkontribusi membuat Stradivarius menjadi legenda dalam dunia pemain biola. 

Biola Stradivarius
Biola termahal

12 Biola Ini Terjual Dengan Harga Paling Mahal di Dunia, Penasaran?


KAYU DAN CUACA YANG MEMPENGARUHI

Hingga saat ini biola buatan Stradivari masuk dalam jajaran biola termahal dan paling spesial diantara semua jenis biola. Dilansir dari University of Salford, biola Stradivarius (sebutan untuk biola buatan Antonio Stradivari) merupakan salah satu biola yang konon memiliki kualitas suara khas. Namun hingga saat ini masih menjadi perdebatan tentang mengapa biola yang dibuat oleh Stradivari terdengar lebih unggul dari instrumen modern.

Berbagai riset telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana Stradivarius membuat biola yang tak terkalahkan. Beberapa mengatakan bahwa kualitas kayu yang digunakan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Riset ini berfokus pada komposisi kimia kayu dalam biola yang dibuat di Cremona oleh Antonio Stradivari pada abad ke-17 dan ke-18. 

Namun riset yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa suara indahnya datang dari lubang panjang berbentuk huruf "F", tempat udara bisa lolos. Penelitian tersebut juga menunjukkan jika semakin panjang lubang maka banyak suara yang dihasilkan. 

Lubang suara ini ternyata lebih hemat daya dan juga mengambil sedikit ruang pada instrumen. Sementara itu ketebalan pelat hitam pada biola juga berpengaruh pada kekuatan akustiknya. Semakin tebal pelat belakangnya maka semakin bisa meningkatkan suara pada biola.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Columbia dan Tenesse mengatakan hal lain. Seperti dilansir dari BBC, mereka mengatakan bahwa kurangnya sinar matahari pada abad ke 17 kemungkinan menjadi salah satu alasan suara indah yang dihasilkan oleh biola Stradivarius. 

Seperti diketahui bahwa biola menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Mereka mengatakan musim dingin dan musim panas yang lebih dingin pada saat itu menghasilkan pertumbuhan pohon yang lebih lambat. Hal tersebut yang akhirnya yang membuat kayu menjadi lebih padat sehingga menghasilkan suara akustik yang lebih baik. Namun sayang keadaan cuaca tidak lagi terulang hingga saat ini. 

Andre Rieu memainkan Stradivarius
Andre Rieu memainkan biola Stradivariusnya


Stradivarius merupakan impian setiap pemain biola. Alat musik berdawai ini merupakan karya seni yang lahir dari tangan pengrajin hebat pada masanya. Maka pantas rasanya jika instrumen ini dihargai dengan sangat tinggi. 

Baca Juga
8 Fakta tentang Musik dan Gimana Musik Bisa Mempengaruhi Otak
7 Film Musikal Ini Nggak Kalah Keren dari La La Land, Kamu Wajib Nonton



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close