Senin, 25 September 2017

Sonam Wangchuk, Ilmuwan yang Jadi Inspirasi Karakter Punsukh Wangdu di 3 Idiots

  • Rosiana
  • 23/08/2017 17:23 WIB
Sonam Wangchuk, Ilmuwan yang Jadi Inspirasi Karakter Punsukh Wangdu di 3 Idiots
EPIZONE.ID - Siapa yang nggak tau film 3 Idiots? Film keren karya Amir Khan ini jadi inspirasi lantaran banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik. Punsukh Wangdu dalam film tersebut diceritakan sebagai seorang nyentrik namun cerdas yang berani mendobrak pakem pembelajaran di sekolah maupun universitas. 

Tak banyak yang tahu jika karakter Punsukh Wangdu terinspirasi dari seorang ilmuwan dari Ladakh. Ia adalah Sonam Wangchuk, seorang ilmuwan teknik mesin yang mengabdikan dirinya untuk membantu masyrakat di wilayah Ladakh. seperti karakter di 3 Idiots, ia memiliki cara sendiri dalam mengajar anak-anak di wilayah tersebut. 

3 idiot

Sepanjang hidupnya ia melakukan berbagai macam penelitian. Baru-baru ini ia mendapatkan penghargaan Rolex Award for Enterprise karena usahanya untuk menyediakan pasokan air bagi warga Ladakh di musim kering. Seperti dilansir dari Kapanlagi, Sonam lahir di UleyTokpo, sebuah desa yang dilewati jalur Trans Himalaya. Daerah yang jauh dari pusat negara membuat Sonam kecil tak mendapat pendidikan formal sampai usianya 8 tahun. Ia lalu dibawa pindah oleh pamannya ke Nubra untuk mencicipi bangku sekolah. 

Di sekolah, guru yang mengampunya menyarankan Sonam untuk langsung naik ke kelas 3, karena kemampuannya setara dengan anak-anak di kelas tersebut. Dari Nubra Sonam kemudian pindah ke Srinagar, kota tempat ayahnya bekerja. Ia pernah diolok-olok sebagai anak idiot dan aneh lantaran bahasa yang digunakan berbeda dengan anak-anak di daerah tersebut. 

Sonam Wangchuk menyelesaikan pendidikan jurusan teknik mesin di National Institute of Technology di Srinagar pada tahun 1987. Setahun setelah lulus, iSonam Wangchuk bersama saudara dan kelima rekannya mendirikan Student's Educational and Cultural Movement of Ladakh (SECMOL). SECMOL merupakan sekolah yang bertujuan untuk memperbarui sistem pendidikan di Ladakh.

sonam Wangchuk
Sosok Sonam Wangchuk


MENJADI INSPIRASI 

Sonam Wangchuk mulai dikenal pada tahun 2009 setelah menjadi inspirasi bagi karakter Punsukh Wangdu di film 3 Idiot. Lahir di Ladakh, ia menghabiskan waktu selama 9 tahun untuk mempelajari hidup yang selaras dengan alam. Di sekolah yang didirikannya, Sonam mengedepankan pendidikan yang berbasis pada alam seperti pemanfaatan solar panel dan membuat bangunan yang ramah lingkungan.

Sonam juga memberikan perhatian khusus bagi anak-anak Ladakh yang tak lulus ujian. Melansir dari Yourstory, sistem pendidikan di India saat ini sangat tidak relevan. Sonam menambahkan sebanyak 95 persen siswa di Ladakh terbisa gagal di hampir semua ujian. Hal itulah yang kemudian membuat Sonam merasa ia harus merevolusi pendidikan di daerah ini.

SECMOL, sekolah yang diinisiasai oleh Sonam beserta rekan-rekannya
SECMOL yang didirikan Sonam beserta kawan-kawannya

SECMOL yang didirikan Sonam dan rekan-rekannya memberikan bantuan pendidikan bagi anak-anak muda Ladakh untuk mengembangkan kemampuan mereka dengan cara yang berbeda dengan sekolah konvensional. Mereka membuat lingkungan pembelajaran di mana siswa bisa bertumbuh. Bukan hanya di dalam pikiran, tapi juga di hati dan tangan mereka.

Bagi anak-anak yang tinggal di pegunungan, sistem pendidikan saat ini sangat menyakitkan dan tidak relevan. Sampai baru-baru ini, 95 persen siswa Ladakh terbiasa gagal dalam semua ujian penting di negara tersebut.

Ide sekolah tersebut adalah membiarkan para siswa menjalankan sekolah, mulai  dari membangun bangunan lumpur ramah lingkungan hingga memasak makanan untuk mereka sendiri. model sekolah seperti ini membuat siswa merasa nyaman dalam emngembangkan diri mereka. Siswa yang gagal dalam ujian dewan mereka berkali-kali dan yang bergabung dengan SECMOL sekarang adalah manusia yang sukses.

aktivitas di SECMOL, lapangan olahraga dijaidkan lapangan hoki saat musim dingin
Salah satu aktivitas SECMOL: Lapangan sepak bola berubah fungsi menjadi arena Hoki saat musim dingin

Sonam Wangchuk juga terkenal akan idenya dalam membuat Stupa Es demi membantu warga yang kekurangan air di wilayah dataran tinggi Ladakh. Stupa tersebut disulap menjadi tempat penampungan air berbentuk es yang pada musim panas, akan menjadi cadangan air bagi warga. Stupa es ini akan terlihat seperti gletser di tengah gurun dingin Ladakh.

Gletser di Tengah Gurun, Fenomena Buatan yang Mempesona

Penemuan Stupa inilah yang membawanya meraih Rolex Award for Enterprise pada bulan November tahun lalu, dan berbagai penghargaan lainnya. 



Baca Juga
Foto-foto Ini Mengungkapkan Keadaan Hawaii Sebelum Menjadi Bagian dari Amerika
Jadi Pendengar yang Baik Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Pemimpin yang Baik Juga
Google Kenalkan Fitur Baru Android Oreo 8.0, Ssst Ada Emoji Hijabnya Juga Loh

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close