Sabtu, 18 November 2017

Makhluk-makhluk Tak Kasatmata, Siapa Saja Mereka?

  • Rosiana
  • 24/08/2017 15:58 WIB
Makhluk-makhluk Tak Kasatmata, Siapa Saja Mereka?
EPIZONE.ID - Alam kita diberkahi dengan berbagai macam makhluk hidup eksotis. Mulai dari yang super besar seperti paus biru, sampai dengan yang paling kecil dan hanya bisa dilihat lewat alat bantu. Meski telah didiami manusia sejak jutaan tahun lalu, namun bumi masih memiliki berbagai rahasia yang belum terpecahkan. Bahkan palung terdalampun masih belum bisa dijelajahi. 

Lalu apa hubungannya dengan makhluk tak kasatmata? Apakah sejenis hantu dan semacamnya? tentu saja bukan. Makhluk-makhluk tak kasatmata bahkan nyaris tak terlihat ini ada dan menjadi penghuni bumi sejak lama. Ajaibnya, mereka bahkan bisa memodifikasi tubuh agar cahaya bisa menembus dengan sempurna. Dirangkum dari BBC, temui berbagai macam hewan yang tak kasatmata berikut ini.

1. Cumi Gelas

makhluk tak kasatmata
via wikimedia

Setidaknya terdapat 60 jenis spesies cumi ini di berbagai belahan dunia. Cumi ini hidup di kedlaman laut yang masih bisa dijangkau olebh sinar matahair, yakni antara 200 hingga 1.000 meter di bawah permukann laut. Cumi gelas atau Cranchiidae mempunyai cara unik untuk membuat tubuhnya nyaris tak terlihat.

Mereka memiliki organ di bawah mata yang mampu menghasilkan cahaya balasan. Dari dalam laut, cahaya tersebut menghasilkan pijaran yang mirip seperti sinar matahari. penyamaran ini membuat para predator kesulitan untuk menemukan mereka.

2. Gurita Kaca

Gurita kaca, makhluk tak kasatmata
via bbci

Berbagai hewan melakukan penyamaran dengan banyak cara, seperti bersembunyi di lingkungan atau membuat tubuhnya tak terlihat. Di kedalaman laut yang pekat, banyak hewan biasanya tak perlu susah-susah untuk menyembunyikan tubuah mereka.

Ini karena predator biasanya kurang awas dengan kepekatan air laut dalam. Namun bagi hewan laut yang hidup di permukaan, mereka harus memiliki pertahanan diri yang apik agar selamat dari serangan pemangsa. 

Salh satunya adalah dengan membuat diri mereka transparan. Gurita kaca atau Vitreledonella richardi bertahan hidup dengan tubuhnya yang nyaris transparan. Yang terlihat hanya bagian dalam seperti usus, syaraf dan mata. Mereka hidup di perairan tropis dan sub-tropis dengan kedalaman laut berkisar 300 sampai 1.000 meter. 

Kondisi tubuh yang nyaris tak terlihat ini membuatnya menjadi hewan yang paling sulit diburu. 

3. Salp

Salp, makhluk takkasatmata
via imgur

Salp merupakan makhluk transparan berbentuk tabung yang menyaring fitoplankton untuk bertahan hidup. Tubuhnya yang kenyal danmirip agar-agar memudahkan hewan ini untuk mengikuti arus air. keunikan lainnya adalah mereka bisa berengan dan makan secara bersamaan dengan menyaring air untuk dipompa masuk ke dalam tubuhnya.

11 Nama Hewan Unik Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Tahu Sebelumnya


4. Cacing Laut Dalam

Cacing laut dalam, makhluk tak kasatmata
via ucsd

Siapa bilang cacing hanya hidup di dalam tanah? Kenalan yuk sama Tomopteris, si cacing yang hidup di laut dalam. Cacing ini benar-benar tak terlihat sehingga sangat sulit bagi predator untukmemangsa mereka. Meski tak kasatmata, namun ada 11 jenis spesies dari Tomopteris yang bisa memancarkan cahaya warna-warni dari dalam tubuh mereka. 

Biasanya cacing ini memancarkan warna kebruan namunada satu jenis yang bisa memancarkan warna kuning, dan hanya sedikit makhluk yang bisa melakukan hal tersebut. 

5. Moluska Transparan

Siput transparan, makhluk tak kasatmata
via sci-news

Hewan yang masih satu keluarga dengan siput ini memiliki cangkang yang transparan. Mereka ditemukan di dalam gua bawah tanah yang gelap dengan aliran air. Siput ini diyakini tidak bisa menggerakan tubuhnya. Mereka menggunakan aliran air untuk berpindah ke tempat lain. Meski tak kasatmata, siput ini masih bisa dilihat dengan mata telanjang. 

6. Kupu-kupu Sayap Gelas

Kupu-kupu sayap gelas, makhluk tak kasatmata
via wikimedia

Beberapa hewan yang transparan hidup di dalam laut sedangkan hanya sedikit yang bertahan di darat. Ini karena laut bisa digunakan untuk mengakali serapan cahaya yang datang, sehingga membuat beberapa hewan bisa merefleksikan bentuk tubuh mereka serupa dengan keadaan sekitar. Sedangkan hewan darat sangat susah untuk mengaplikasikan hal tersebut. 

Salah satu yang bisa melakukannya adalah Kupu-kupu Sayap Gelas (Greta oto). Meski tak semua bagian tubuhnya transparan, namun sayap yang digunakan tembus pandang. Hal ini berguna untuk mengecoh predator. Kupu-kupu unik ini ditemukan di Amerika Tengah.

Para peneliti m eneliti bagaimana sayap kupu-kupu ini bisa menjadi transparan. Ternyata setelah diletakkan dibawah mikroskop elektron, ditemukan benjolan nano yang disebut nanopullars. Benjolan ini tersebar secara acak dengan bentuk dan ukuran yang berbeda.

Ukuran benjolan yang acak dan tersebar di seluruh sayapnya, membuat kupu-kupu ini bisa meminimalisir pantulan cahaya dari sayapnya. Inilah mengapa ia bisa membuat sayapnya seolah-olah tak kasatmata. 

7. Safir Laut

Safir laut, makhluk tak kasatmata
via ytimg

Safir laut ini hanya berukuran kecil, tepatnya sebesar semut yang hidup di laut tropis. Safir laut (
Sapphirina) adalah makhluk ajaib yang bisa mengubah tubuhnya dari yang awalnya terlihat ke makhluk yang transparan hanya dalam beberapa detik, dengan cara yang luarbiasa. Mereka memiliki kulit yang mengandung kepingan kristal mungil yang tersusun dalam pola heksagonal, mirip dengan pola sarang lebah. Kristal tersebut mengandung guanine. Kristal-kristal tersebut yang membuat safir laut ini bisa berganti warna tergantung panjang dan ketebalannya. 


Baca Juga
Super Besar, Super Berat. Yuk Kenalan Sama Si Hewan Pencatat Rekor Ini
Totalitas Tanpa Batas, 10 Artis Ini Pernah Memerankan Karakter Lintas Gender
Nggak Cuma Di Film Aja, 12 Artis Ini Juga Jadi Superhero di Dunia Nyata



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close