Sabtu, 18 November 2017

Ini Dia Manfaat Dari Memiliki Kulit Gelap yang Tak Akan Dirasakan Oleh Orang Berkulit Putih

  • Rosiana
  • 25/08/2017 15:00 WIB
Ini Dia Manfaat Dari Memiliki Kulit Gelap yang Tak Akan Dirasakan Oleh Orang Berkulit Putih
EPIZONE.ID - Memiliki kulit putih jadi dambaan hampir semua orang didunia. Namun tahukan kamu kalau ternyata memiliki kulit gelap malah lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh daripada mereka dengan kulit putih? Dilansir dari Kompas.com, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki kulit gelap.

1. Dengan memiliki kulit yang lebih gelap, kamu bisa terlindung dari paparan sinar matahari

terlindung dari sinar matahari


Sinar matahari mengandung ultraviolet yang bisa berbahaya bagi tubuh jika terpapar terus menerus. Zat melanin yang terdapat dalam kulit akan melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Bedanya adalaha kalau kamu memiliki kulit gelap, maka kemungkinan kulit akan rusak lebih kecil karena memiliki zat melanin yang lebih banyak.

Zat melanin ini terbukti ampuh melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dalam jangka pendek sinar matahari berpotensi merusak sel-sel kulit. Dilasnir dari Livestrong, melanin berfungsi mencegah kanker kulit dan juga penuaan dini pada kulit. 

Namun dengan jumlah melanin yang lebih tinggi, orang dengan kulit gelap tak sepenuhnya terjamin akan terhindar dari akibat paparan sinar matahari. Maka dari itu, jangan sering panas-panasan ya...

2. Jumlah melanin yang lebih banyak, membuat sistem syaraf lebih terlindungi

manfaat berkulit gelap, melindungi syaraf


Radikal bebas telah terbukrti sebagai salah satu ancaman yang menyebabkan kerusakan besar pada sel tubuh manusia. Nah pigmen melanin dengan jumlah banyak yang ada dalam kulit bisa membantu mencegah kerusakan kulit yang lebih besar.

Pigmen melanin juga melindungi tubuh dari jamur Cryptococcus neoformans atau infeksi kriptokokosis. Jamur ini berpotensi menyebabkan pembengkakan pada otak, iritasi otak dan sumsum tulang belakang. 

Cantik Itu... Hitam atau Putih?


3. Kulit akan terlihat lebih muda

manfaat berkulit gelap, menghambat penuaan

berbanggalah wahai kalian yang memiliki kulit gelap. Ini karena pigmen melanin dalam tubuh bisa membuat kulit terlihat lebih muda. Melanin berfungsi juga untuk menjaga kulit dari kerusakan jangka panjang, seperti penuaan dan tekstur kulit yang kasar. 

Nggak cuma itu saja, orang denagn kulit lebih gelap cenderung memiliki serat kolagen yang lebih tebal. Hal itulah yang membuat kulit mereka cenderung terlihat lebih awet muda. 

4. Resiko bayi cacat yang lebih rendah

manfaat berkulit gelap, resiko bayi cacat lbih rendah


Berbagai keuntunganm yang hanya dimiliki oleh orang yang berkulit gelap salah satunya adalah resiko yang lebih rendah memiliki bayi yang cacat. Melanin yang terdapat pada kulit berfungsi menyaring sinar ultraviolet dan mencegah kerusakan pada DNA. Itu sebabnya orang dengan kulit yang lebih gelap memiliki resiko yang lebih rendah dari orang yang memiliki kulit putih. Ingat resiko yang relebih rendah loh ya, nggak menutup kemungkinan juga orang yang berkulit gelap juga memiliki bayi yang cacat.

5. Tulang yang lebih kuat

manfaat berkulit gelap, menguatkan tulang


Pigmen dalam kulit yang gelap mampu menyimpan cadangan vitamin D3. Hal ini berguna untuk memperkecil resiko osteoporosis yang terjadi. 


Baca Juga
Gokil! Orang-orang Ini Bikin Tato Konyol dari Kulit yang Kebakar Matahari
5 Orang Ini Punya Kelainan Kulit Hingga Warnanya Jadi Unik Banget
8 Artis Ini Mengidap Heterochromia yang Membuat Warna Matanya Berbeda

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close