Jumat, 24 November 2017

Belajar Sejarah yang Asyik dan Menyenangkan, Emang Bisa?

  • Rosiana
  • 28/08/2017 18:51 WIB
Belajar Sejarah yang Asyik dan Menyenangkan, Emang Bisa?
EPIZONE.ID - Ngantuk dan bosan merupakan 2 hal yang ada saat kita belajar tentang sejarah. Apalagi di sekolah saat guru sedang menerangkan dan tiba-tiba mata terasa sangat berat untuk dibuka. 

Mempelajari sejarah seharusnya bisa lebih menyenangkan jika kita tak melulu terpaku pada hapalan rumit seperti tanggal, tempat dan peristiwa, seperti beberapa cara dibawah ini yang akan membuat pelajaran sejarahmu jadi lebih menyenangkan:

1. Baca Novel Fiksi Sejarah

caar asyik belajar sejarah, membaca buku fiksi sejarah


Cerita-cerita historical fiction atau fiksi sejarah banyak membantu dalam memahami keadaan sejarah pada masa itu. Banyk buku yang bertema dan berlatarkan kejadian sejarah. Seperti novel Pulang karya Leila S. Chudori yang mengambil latar peristiwa G 30 S/PKI dan peristiwa runtuhnya rezim Orde Baru di tahun 1998.

Di novel tersbeut kamu bisa mengetahui keadaan Indonesia pada masa itu dari sisi Dimas yang dianggap sebagai simpatisan komunis. Dari novel itu pula kamu juga bisa belajar tentang cara demo mahasiswa Perancis yang sangat teratur dan rapi dibandingkan dengan mahasiswa Indonesia yang terkadang menimbulkan kerusuhan.

Tak hanya Pulang, kamu juga bisa belajar dari novel-novelnya maestro sastra Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Buku-buku karangan Pramoedya banyak berkisah tentang fiksi sejarah. Sebut saja Tetralogi Buru yang ditulis selama masa penahanan di Pulau Buru. Novel-novel tersebut banyak bercerita tentang keadaan sosial Indonesia saat masih menjadi Hindia Belanda.

Dari kisah yang dituangkan dalam cerita, kamu bisa belajar sejarah dengan cara yang unik dan tentunya menyenangkan. Kamu nggak cuma akan dibawa menyusuri alur ceritanya, tapi juga secara otomatis mengetahui berbagai peristiwa sejarah yang akan meningkatkan keingintahuanmu tentang peristiwa yang menjadi latar belakang cerita tersebut. 

2. Membaca Autobiografi 

cara menyenangkan belajar sejarah, membaca autobiografi

Mmebca buku biografi tokoh terkenal membuatmu tahu berbagai peristiwa dari sosok tersebut. Apalagi jika biografi yang kamu baca berkaitan dengan tokoh terkenal yang memegang peranan penting dalam suatu masyarakat. Membaca biografi seseorang yang berpengaruh membantumu untuk mengetahui sisi lain dari tokoh tersebut.

Kamu bisa mengetahui peristiwa sejarah dari sudut pandang penulis biografi, dan juga mengetahui cerita sukses dibaliknya. Keuntungan lain dari membaca biografi adalah kamu bisa meniru cara sukses seseorang dan aplikasikan hal tersebut ke diri sendiri.

Masih Pentingkah Belajar Sejarah Saat Ini?


3. Berwisata ke museum dan situs bersejarah

cara asyik belajar sejarah, mengunjungi situs bersejarah

Manfaatkan waktu liburmu dengan berwisata ke museum. Museum merupakan tempat yang pas untuk mempelajari kembali seluk-beluk peristiwa sejarah yang terjadi. 

Nggak ada tempat yang lebih baik untuk belajar sejarah daripada museum. Di museum kamu bisa mempelajari kembali sejarah lewat barang-barang peninggalan yang dipajang. Juga jangan lupa untuk mengikuti tur yang disediakan oleh pihak museum, agar wisata sejarahmu makin afdol.

Nah masalahnya adalah banyak yang cuma pergi ke tempat bersejarah tanpa mau tau sejarah dan nilai yang ada di tempat tersebut. Nah kalau kamu emang berniat untuk belajar sejarah, lebih baik fokuskan dirimu untuk mendengarkan pemandu daripada sibuk mengambil foto.

4. Menghadiri event budaya

cara menyenangkan belajar sejarah, menghadiri event budaya


Lewat event budaya, kamu bisa belajar berbagai hal yang belum pernah kamu tahu sebelumnya. Saat mengunjungi tempat atau negara baru, cobalah untuk menghadiri pertunjukan tarian dan musik tradisional. Jika bisa, cobalah berpartisipasi untuk mendapatkan pengalamaan yang lebih baik. 

5. Menonton film sejarah

cara menyenangkan belaajr sejarah, menonton film sejarah

Tak hanya film dokumenter sejarah, film-film fiksi yang berlatar kejadian sejarahpun layak untuk jadi sumber pengetahuan. Pilihlah beberapa judul film yang sekiranya mendapatkan review positif dari berbagai orang, dan cobalah untuk belajar dari alur dan cerita yang disajikan. Dengan menonton film, kamu nggak akan lagi merasa bosan dengan pelajaran sejarah. Cara terbaik untuk belajar sejarah adalah mengalaminya melalui perspektif yang berbeda.

Sejarah seharusnya nggak ngebosesnin, asal bisa disiasati dengan cara yang menyenangkan. Malas Belajar? Coba Cara-cara Berikut Ini Biar Belajarmu Makin Menyenangkan

Baca Juga
Belajar Mengalahkan Keterbatasan Dari Sosok Seorang Susan Boyle
Berbagai Hal Salah Yang Kamu Lakukan Saat Belajar
Yang Lagi Merintis Usaha, Yuk Belajar Bisnis Bareng Syamsul Hadi

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close