Jumat, 24 November 2017

Masih Pentingkah Belajar Sejarah Saat Ini?

  • Rosiana
  • 28/08/2017 11:02 WIB
Masih Pentingkah Belajar Sejarah Saat Ini?
EPIZONE.ID - Pelajaran Sejarah identik dengan segudang tahun dan peristiwa yang harus dihapal. Terkadang malah menganggap enteng pelajaran sejarah dan menganggap bahwa sejarah bukanlah salah satu mata pelajaran yang perlu untuk diajarkan. 

Banyak siswa yang baru membuka bukunya aja udah bosen, apalagi mendengarkan guru bicara selama 2 jam penuh tentang peristiwa yang sudah berlalu. Kalau kata anak muda jaman sekarang sih susah move on...

Dibandingkan dengan pelajaran seperti Matematika dan Fisika, sejarah memang kurang mendapat tempat di hati para siswa. Banyaknya materi dan hapalan yang seabrek membuat orang malas untuk belajar mata pelajaran satu ini. Padahal jika ditelisik lebih lanjut belajar sejarah membawa manfaat yang sangat berguna loh. 

Memang apa sih perlunya belajar sejarah? Memang mengapa orang repot-repot belajar sesuatu yang sudah lama berlalu? 


1. Sejarah membantu kita untuk memahami budaya

belajar sejarah membuat kita bisa memahami budaya

Sejarah adalah kajian mendalam tentang masa lalu. Dengan belajar sejarah, kita bisa dengan mudah memahami budaya suatu bangsa. Hampir semua budaya yang ada di dunia ini berakar dari budaya pada masa lalu. Itulah mengapa sangat penting untuk belajar sejarah. Seperti dilansir dari toyaps.com, belajar sejarah membuat kita bisa mempelajari jenis budaya dan tradisi yang diikuti orang jaman dulu serta cara hidup mereka. 

Contohnya nih kita nggak akan tau kalau soto dari daging kerbau yang menjadi kuliner khas Kota Kudus itu, sebenarnya adalah wujud toleransi dari Sunan Kudus untuk umat Hindu pada masa itu. Melalui sejarah kita bisa mengatahui asal usul warisan dan budaya yang ada saat ini. Itulah mengapa penting sekali bagi masyarakat untuk mengetahui sejarah dan budaya yang membentuk mereka. 

9 Foto Paling Bersejarah di Dunia yang Bakal Bikin Kamu Nggak Kedip


2. Bahan pembelajaran untuk masa depan

belajar sejarah sebagai pembelajaran untuk masa depan

Sejarah seperti kenangan yang susah dihapus namun bisa dijadikan pelajaran hidup #eaa. Dengan mempelajari sejarah kamu bisa tau seluk-beluk serta pencapaian yang telah dilakukan. Seperti Kekaisaran Romawi, kamu bisa mempelajari bagaimana mereka berkembang dari kerajaan kecil di Eropa menjadi penguasa hampir sepertiga dunia pada saat itu? Kita juga bisa mempelajari bagaimana kepemimpinan kaisar Roma dalam menjalankan sebuah negara besar dengan jutaan penduduk.

Belajar sejarah nggak melulu harus hapal tahun dan peristiwa. Justru dengan belajar sejarah kamu jadi tau berbagai peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Sejarah bisa kita jadikan contoh untuk menyelesaikan masalah yang ada loh. Beberapa kejadian seperti perang dan invasi meninggalkan bekas hingga menyengsarakan kedua belah pihak. Nah akibat dari perang ini bisa dipelajari dan dijadikan pelajaran untuk ke depannya agar tak terulang lagi. 

3. Sejarah membuat kita menjadi pribadi yang lebih bijak

belajar sejarah membuat seseorang menjadi lebih bijak

Nggak salah nih? Gimana bisa pelajaran paling membosankan membuat seseorang malah menjadi lebih bijak? 

Eitts jangan pesimis dulu. Belajar sejarah nggak cuma menghapal agar bisa dapat nilai tinggi di kelas, tapi lebih dari itu. Dengan mempelajari kejadian yang telah berlangsung, kita bisa mengatahui apa yang harus diperbaiki sehingga lebih bijak dalam kehidupan. 

Contohnya, ketika perang dunia kedua dimulai dan melibatkan berbagai negara di Asia dan Eropa. Peristiwa Jepang yang membombardir pangkalan militer Amerika di Hawaii yang menyebabkan Amerika terjun langsung ke perang dunia. Peristiwa tersebut berakhir dengan dibomnya kota Hiroshima dan Nagasaki, yang membuat Jepang luluh lantak dan kehilangan kekuatan di Asia. Dari hal tersebut, kita bisa belajar untuk tidak tergea-gesa dan memperhitungkan keadaan lawan. 

Penyerangan pearl harbour
via britanica

Namun coba bayangkan kalau Jepang tidak mencoba untuk menginvasi negara-negara di Asia? Mungkin Jepang tidak akan kehilangan 2 kota penting mereka dan penduduk yang tinggal didalamnya juga. Namun apa yang terjadi jika Jepang tidak pernah diguncang bom atom? Mereka tidak akan pernah belajar untuk bangkit dan menjadi raksasa teknologi dunia seperti saat ini. 

Indonesia juga tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk merdeka. Ingat, Indonesia merdeka karena para pemuda mendengar adanya peristiwa pemboman di Hiroshima dan Nagasaki.

Gimana? Bahkan dari satu peristiwa kita bisa memetik berbagai pelajaran yang berguna untuk kehidupan. Kita juga bisa lebih bijak dalam menyikapi suatu hal dengan belajar dari sejarah. Jadi, sekarang nggak ada lagi anggapan sejarah adalah mata pelajaran yang membosankan bukan?

7 Penemuan Benda Bersejarah Ini Jadi Bukti Bahwa Dunia Masih Punya Banyak Misteri


4. Menjadi lebih kritis dan analitis

belajar sejarah membuat seseorang menjdi lebih kritis dan analitis

Banyak sekali manfaat dari belajar sejarah, antara lain kita bisa menjadi pribadi yang lebih kritis dan analitis. Kita dituntut untuk berpikir dengan berbagai sudut pandang dan mengurutkan berbagai peristiwa dari sebab hingga akibatnya. Ini yang membuat seseorang yang gemar mempelajari sejarah bisa lebih kritis dalam menghadapi masalah-masalah sosial. 

Sebagian orang akan menganggap sejarah sebagai mata pelajaran yang hanya mengupas soal peristiwa yang terjadi. Namun ternyata sejarah nggak hanya itu aja. Coba deh liat jika kamu teliti belajar sejarah sebenarnya merupakan pembelajaran tentang bagaimana suatu kejadian mempengaruhi kejadian-kejadian lain.

Seperti contohnya pelayaran bangsa Eropa dalam mencari rempah-rempah ke dunia baru. Hal ini terjadi karena penarikan pajak di jalur perdagangan rempah-rempah oleh bangsa Turki Utsmani yang membuat bangsa Eropa mencari rute alternatif untuk sampai ke negara penghasil rempah. 

Pelayaran bangsa eropa mencari rempah-rempah
via natlib

Kejadian itu yang juga mendasari mengapa orang Eropa harus berlayar sebegitu jauhnya meninggalkan tanah mereka. Coba perhatikan apabila jalur perdagangan rempah tidak dipungut pajak, mungkin kerajaan-kerajaan di Nusantara akan terlepas dari penjajahan, dan belum tentu juga negara Indonesia bisa terbentuk. 

Inilah yang disebut chains of event atau rangkaian kejadian yang dipengaruhi oleh satu kejadian. Belajar sejarah nggak melulu tentang tanggal dan tahun namun juga analisa tentang suatu kejadian yang mengakibatkan adanya kejadian lain yang mengikuti. 

Yuk, Ketahui Fakta Sejarah Mickey Mouse Yang Belum Kamu Tahu


5. Belajar sejarah membuat pikiran kita menjadi lebih terbuka

pentingnya belajar sejarah untuk membuka pikiran dan wawasan kita

Seperti yang disebutkan diatas, sejarah memang membuat seseorang harus berpikir dengan berbagai sudut pandang mengapa suatu peristiwa bisa terjadi. Hal ini membuat seseorang yang terbiasa mempelajari sejarah menjadi lebih terbuka dalam berpikir dan memutuskan sesuatu. 

Belajar sejarah juga bisa mengubah cara pandangmu terhadap sesuatu. Kamu yang awalnya berpikiran sempit pada sesuatu bisa berubah menjadi lebih toleran dan terbuka dengan hal-hal lain. 



Belajar sejarah itu sebenarnya asyik. Kamu nggak perlu begadang semalaman hanya untuk ngapalin materi dan tanggal-tanggal penting. Cukup resapi dan larut dalam ceritanya, maka sejarah akan mengajakmu untuk melewati lorong waktu dimana kamu bisa belajar berbagai banyak hal seru yang nggak ada di mata pelajaran lain. 

Gimana? masih menganggap sejarah sebagai pelajaran yang membosankan dan nggak berguna? 


“Study the past if you would define the future.” 
- Confucius

"Study history, study history.
In history lies all the secrets of statecraft"
- Winston Churcill


Baca Juga
Sonam Wangchuk, Ilmuwan yang Jadi Inspirasi Karakter Punsukh Wangdu di 3 Idiots
Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasi Konflik Dengan Sahabat
Membangun Mind Palace ala Sherlock Holmes

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close