Jumat, 24 November 2017

Beberapa Cara Ini Bisa Menambah Penghasilan Untukmu yang Masih Mahasiswa

  • Rosiana
  • 31/08/2017 11:14 WIB
Beberapa Cara Ini Bisa Menambah Penghasilan Untukmu yang Masih Mahasiswa
EPIZONE.ID - Menjadi mahasiswa emang nggak seenak FTV. Kamu nggak hanya dipusingkan dengan tugas dan ujian yang menggunug, tapi juga dana kuliah yang setiap tahun terus bertambah. Setelah membayar berbagai biaya yang mahalnya ampun-ampunan, banyak mahasiswa yang pastinya nggak tega untuk meminta uang lebih dari orangtua. Apalagi buat mereka yang berkuliah di jurusan yang mengharuskan banyak praktek setiap minggunya.

Ketersediaan dana kadang menjadi salah satu masalah yang menambah pusing kepala. Mau minta orangtua aja masih mikir-mikir dulu. Nah kalau kayak gini mahasiswa biasanya harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna mencukupi kebutuhan mereka. Buat kamu yang lagi dirundung masalah finansial, beberapa pekerjaan ini mungkin bisa dicoba untuk mendapatkan uang tambahan. 

1. Tutor Privat

Pekerjaan tambahan bagi mahasiswa, tutor privat

Berstatus mahasiswa membuatmu naik level dari sebelumnya yang cuma murid SMA. Kalau kamu ingin menambah uang saku tanpa merepotkan orangtua, menjadi tutor privat bisa jadi salah satu pilihan. Banyak orangtua yang memilih untuk memberi les privat kepada anak-anaknya. Alasannya beragam, mulai dari lebih konsen karena tutor bisa lebih fokus ke satu orang anak. Nah hal ini bisa kamu manfaatkan, apalagi jika jurusan yang kamu ambil sesuai dengan mata pelajaran yang ingin dikuasai oleh si anak.

2. Reseller

Pekerjaan tambahan untuk mahasiswa, reseller

Profesi ini mulai digilai banyak mahasiswa karena menghasilkan keuntungan tanpa harus mengorbankan waktu kuliah. Saat ini banyak sekali yang membuka jasa menjadi reseller. Mulai dari produk teknologi, kuliner sampai reseller pakaian dalam pun juga ada. Keuntungan lain menjadi reseler adalah, kamu nggak harus menyediakan barang dengan jumlah tertentu. Modalnya sih cuma kuota dan yang penting nggak malu.  

3. Freelancer

Pekerjaan tambahan untuk mahasiswa, freelancer


Kita harus bersyukur dengan adanya kecanggihan teknologi saat ini. Bayangkan, dengan teknologi, kamu bisa menghasilkan uang dari dalam kamar kos. Buat yang punya kemampuan tertentu seperti desain grafis, menulis artikel, atau bahkan jasa penterjemah, menjadi freelancer bisa jadi salah satu pilihan untuk menambah pundi-pundi uang saku. 

Kamu bisa langsung masuk dan mendaftar ke website-website yang menyediakan jasa freelance seperti 99designs, Freelancer, Sribulancer dan masih banyak lagi. Beberapa website menyediakan jasa untuk menghubungkan freelancer dengan pencari jasa. Kamu tinggal daftar, penuhi semua persyaratan, dan mulai mencari klien. Yakin deh tabunganmu akan bertambah tanpa harus keluar kamar. 

4. Jadi Asdos

Pekerjaan tambahan untuk mahasiswa, asdos


Nah, menjadi asisten dosen merupakan pekerjaan sampingan buat mereka yang punya otak encer. Kamu mungkin akan bertugas melakukan penelitian dan membantu dosen mengolah data pekerjaannya. Selain bisa meningkatkan kemampuan dan relasi, kamu yang jadi asisten dosen juga bisa SSI sama adik tingkat. Siapa tahu ada yang kecantol *senyum setan.

5. Content Creator

Pekerjaan tambahan untuk mahasiswa, content creator


Kamu yang berjiwa kreatif bisa meluangkan waktu untuk membuat berbagai konten kreatif yang menarik. Apalagi saat ini menjamur yang namanya YouTuber, Selebgram dan bermacam orang yang bisa menghasilkan uang dari membuat konten di dunia maya. Memang untuk awalnya kamu harus berjibaku untuk mempromosikan kontenmu, namun jika ditekuni, pekerjaan ini bisa menjadi sumber dana yang melimpah. 

6. Membuat Handicraft atau Kerajinan Tangan

Pekerjaan tambahan untuk mahasiswa, kerajinan tangan


Banyak juga loh mahasiswa yang menjual berbagai kerajinan tangan untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu yang suka membuat pernak-pernik kerajinan bisa memanfaatkan momen seperti musim wisuda dan ujian sidang untuk mempromosikan barang jualanmu. Siapa tau setelah lulus, kamu malah berpindah haluan menjadi wirausaha.

7. Admin OlShop

Pekerjaan tambahan bagi mahasiswa, admin olshop


Banyak sekali pemiliki online shop yang mempekerjakan orang lain untuk menjadi admin. Kamu yang punya kemampuan marketing yang bagus bis amencoba untuk menjadi admin online shop. Tambahan lagi jika kamu punya kemampuan desain grafis atau web design. Menjadi admin membuatmu bisa belajar banyak kalau ingin membuka olshop sendiri nantinya.

Baca Juga
Buat yang Mau Jadi Mahasiswa Baru, Ini 6 Pesan dari Emma Watson Biar Kamu PD
Calon Mahasiswa Wajib Tau Tipe-Tipe Mahasiswa Biar Gak Salah Arah
Wajib Tahu! Istilah yang Sering Kita Pakai Ini Ternyata Ada Kata Bakunya Loh



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close