Jumat, 24 November 2017

Buat Anak Magang, Hindari 6 Kesalahan Ini Selama di Tempat Kerja

  • Rosiana
  • 05/09/2017 11:28 WIB
Buat Anak Magang, Hindari 6 Kesalahan Ini Selama di Tempat Kerja
EPIZONE.ID - Kamu ada rencana magang atau sedang magang? Magang merupakan salah satu proses yang harus dijalani mahasiswa maupun siswa sekolah kejuruan sebagai salah satu syarat kelulusan, dengan tujuan agar mhasiswa siap dengan dunia kerja.

Kegiatan magang banyak memberikan manfaat positif bagi mahasiswa. Kamu yang masih magang bisa memperoleh pengalaman berharga dalam dunia kerja yang nggak diajarkan di bangku perkuliahan. Dengan magang, kamu juga bisa merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. 

Nah buat yang baru dan sedang melaksanakan kegiatan ini, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa membuatmu mendapat penilaianmu menjadi buruk di tempat kerja, seperti ini. 

1. Menjadi Pasif

hal yang sebaiknya dihindari selama magang, menjadi pasif

Semua orang di perusahaan tempatmu magang pasti sibuk dengan urusan mereka sendiri. Maka jangan heran jika nanti ada kalanya kamu merasa nggak diperhatikan. Namanya juga magang, maka kamu harus aktif mencari tahu bagaimana cara suatu perusahaan bekerja. Pelajari lingkungan kerja dan habit yang ada dalam suatu perusahaan. Semakin banyak yang kammu tahu tentang tempat magangmu, maka semakin besar kesempatanmu untuk bisa beradaptasi dengan ligkunan kerjanya.

Meski hanya berstatus sebagai anak magang, namun kamu juga harus menampilkan sikap profesional selama bekerja. Tanyakan apakah ada pekerjaan yang bisa dibantu. Jika ada, maka langsung kerjakan. Jangan mentang-mentang anak magang kamu bisa seenaknya.

Kalaupun pekerjaan itu dirasa melenceng dari jobdeskmu, maka usahakan untuk mengerjakannya dahulu. Mungkin saat itu memang kamu lagi nggak kebagian kerjaan. Namun jika setiap saat kamu selalu kebagian kerjaan yang menurutmu kurang pas dengan posisimu, seperti tukang fotocopy ataupun cuma disuruh-suruh, maka kamu berhak kok buat protes.

Tapi ingat ya, protes dengan cara yang sopan. Diskusikan dahulu dengan atasan atau orang yang langsung berhubungan denganmu. 

2. Malu Bertanya

hal yang sebaiknya dihindari selama magang, malu bertanya

Malu bertanya sesat di jalan. pepeatah ini dirasa tepat buat kamu yang lagi magang. Meski sudah mempelajari seluk-beluk kantor, tapi kamu tetaplah orang luar yang sedang belajar. Jika ada sesuatu yang sekiranya mengganggu, lebih baik tanyakan kepada karyawan lain agar pekerjaanmu bisa segera selesai.

Namun jangan sampai kamu terlalu sering bertanya hingga membuat karyawan lain terganggu. Bertanyalah sepertlunya. Sebelum bertanya ada baiknya lakukan riset dahulu. Jangan sampai kamu dianggap sebagai orang yang nggak tau apa-apa. Ini akan berpengaruh terhadap penilaian magangmu nantinya. Ketahui kapan harus bertanya dan kapan kamu harus berusaha sendiri.

Beberapa Cara Ini Bisa Menambah Penghasilan Untukmu yang Masih Mahasiswa


3. Telat

hal yang sebaiknya dihindari selama magang, telat

Selama magang, buat rekan kerjamu terkesan dengan betapa disiplinnya dirimu saat itu. Sebagai seorang siswa magang, sudah seharusnya kamu menaati aturan perusahaan sama seperti karyawan lain. Meski hanya berstatus sebagai anak magang, justru disinilah kamu bisa berlatih profesionalisme dalam dunia kerja.

Meski hanya sebagai anak magang, namun kamu juga dituntut untuk lebih disiplin soal wktu seperti jam masuk dan pulang kantor, ijin yang jelas jika ada keperluan, dll. Disiplin dalam hal ini bukan hanya tentang jam masuk kantor aja loh. Disiplin tentang tugas juga perlu. Setiap tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepadamu, usahakan untuk segera menyelesaikannya sesuai dengan tenggat waktu. 

Sebaik apapun pekerjaanmu, kamu akan sulit berkembang jika memiliki sikap yang tidak disiplin.

4. Menganggap enteng

hal yang sebaiknya dihindari selama magang, menganggap enteng

Nggak semua orang beruntung mendapatkan tempat magang yang bonafid. Jika kamu salah satu orang yang mendapat tempat magang yang kurang sesuai, jangan langsung menganggap enteng perusahaan tersebut. Siapa tahu dengan kamu magang di tempat yang lebih kecil, maka peluangmu untuk menyerap ilmu dari tempat tersebut lebih baik dari temanmu yang magang di perusahaan besar. Ingat, magang merupakan salah satu cara untuk mengenal dan belajar dari dunia kerja yang sesungguhnya.

Jadi jika kamu mendapat tempat yang menurutmu kurang memuaskan, maksimalkan potensimu di tempat tersebut. Siapa tahu dengan kamu magang disana, kamu bisa membawa perubahan di perusahaan itu. Keren kan?

5. Terlalu Idealis

hal yang sebaiknya dihindari selama magang, terlalu idealis

Menjadi seorang yang idealis dan berprinsip sih boleh-boleh saja. Namun kamu uga harus tahu kapan sikap tersebut harus ditunjukkan dan kapan harus berbaur dengan lingkungan sekitar. Menjadi anak magang bukan hanya belajar mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama belajar, namun juga belajar untuk bisa berbaur dengan berbagai macam rekan kerja. 

Setiap perusahaan memiliki budaya dan kebiasaan yang berbeda. Meski kamu punya idealisme yang harus dijunjung, tapi kamu juga harus berusaha menyesuaikan dan menyelaraskan diri dengan kehidupan kantor. Jangan sampai saat magangmu bermasalah hanya karena kamu yang nggak bisa untuk mmenempatkan diri. 

6. Menjadi Penjilat

hal yang sebaiknya dihindari selama magang, menjadi penjilat

Baru magang aja udah pinter jadi penjilat, gimana nanti kalau udah kerja? Meski kamu memang membutuhkan nilai dari instansi, namun jangan sekali-kali berusaha menjadi penjilat. Apalagi menggunakan berbagai cara kurang baik hanya untuk mendapat nilai. Cara ini akan membuatmu kehilangan respek baik dari rekan kerja maupun teman seangkatan magang. Jangan deh ya, pokoknya jangan.

Baca Juga
Selain di Indonesia, Inilah 5 Negara yang Memasukkan Bahasa Indonesia Sebagai Salah Satu Mata Pelajaran
Buat yang Mau Jadi Mahasiswa Baru, Ini 6 Pesan dari Emma Watson Biar Kamu PD
Calon Mahasiswa Wajib Tau Tipe-Tipe Mahasiswa Biar Gak Salah Arah

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close