Senin, 25 September 2017

4 Tips Jitu Atasi Kantuk yang Mengganggu Saat di Kelas

  • Rosiana
  • 06/09/2017 12:58 WIB
4 Tips Jitu Atasi Kantuk yang Mengganggu Saat di Kelas
EPIZONE.ID - Siapa sih yang nggak pernah ngantuk saat di kelas? Mengantuk merupakan hal alami yang dialami oleh setiap makhluk hidup. Namun apa jadinya kalau kamu merasa mengantuk saat berada di tengah-tengah kelas dengan guru atau dosen killer yang nggak bisa dibantah? Ngeselin nggak sih?. 

Ngantuk di kelas terkadang menjadi momok bagi siswa. Apalagi saat siang hari dimana semangat hanya tinggal setengahnya aja. Ngantuk memang wajar dialami siswa saat tubuh hanya menyisakan nsisa-sisa energi yang sudah tersalurkan sepanjang hari. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang merasa mengantuk saat di kelas, yaitu:

1. Tidur yang terlalu larut, entah untuk ngerjain tugas atau begadang nonton bola
2. Kurang istirahat karena waktu yang tersita untuk kegiatan lain,
3. Kurang nutrisi,
4. Bisa juga karena lapar,
5. Atau karena faktor pendukung lain seperti guru yang membosankan, cuaca tak bersahabat, dll.

Sebenarnya obat paling mujarab buat ngilangin ngantuk hanya satu yaitu tidur. Tapi nggak mungkin kan kamu tidur saat guru atau dosen lagi ngajar? Bisa-bisa malah langsung dikeluarkan dari kelas. Nah buat kamu yang sering merasa mengantuk saat di kelas, ada baiknya ikuti tips berikut

1. Ijin keluar kelas

tips mengatasi kantuk di dalam kelas, jalan-jalan keluar kelas


Seseorang merasa mengantuk terkadang hanya karena bosan dengan suasana sekelilingnya. Maka untuk kamu yang merasa bosan dan suntuk dengan suasana kelas dan guru yang mengajar, lebih baik luangkan waktu untuk keluar kelas sejenak dan pulihkan rasa kantukmu dengan berjalan-jalan di lingkungan sekolah. 

Setelah selesai, kamu bisa segera membasuh wajah untuk menghilangkan kantuk yang membandel. Dengan keluar kelas, kamu bisa merasakan suasana lain yang lebih segar. Dengan begitu, saat kembali menuju ruang kelas, kamu bisa lebih segar setelah mengalihkan perhatian sejenak. 

6 Tipe Pelajar di Kelas Saat Jam Kosong, Kamu yang Mana?


2. Membawa stok permen

tips mengatasi kantuk di dalam kelas, sedia stok permen


Cara ini cukup manjur apalagi buat kamu yang susah minta ijin keluar kelas. Ada beberapa guru dan dosen yang nggak memperbolehkan muridnya untuk keluar dan jalan-jalan di luar kelas saat jam pelajaran. Nah dengan membawa persediaan permen, kamu bisa mengunyahnya untuk membuat otak kembali bekerja. Salah satu penyebab kantuk adalah karena kurangnya kerja pada otak. Dengan mengunyah permen, kinerja otak bisa ditingkatkan meski sedang dalam mode lambat karena mengantuk. 

Tapi ingat jangan terlalu banyak mengunyah permen saat di dalam kelas. Selain karena kurang sopan, beberapa guru juga bisa menganggap tindakan tersebut tidak sopan. Maka berhati-hatilah saat akan mengunyah permen, lebih baik bawa permen dengan tekstur lembuat danmudah dikunyah. 

3. Basahi mata dengan air

tips mengatasi kantuk di dalam kelas, membasahi mata dengan air


Jika kamu nggak bisa keluar dan nggak berani mengunyah permen di dalam kelas, kamu bisa mengambil beberapa tetes air daribotol minum untuk membasahi mata. Membasahi mata bisa jadi salah satu solusi agar mata yang mengantuk bisa tetap terbuka sampai akhir pelajaran.

5 Tips Biar Kamu Nggak Ngantuk Saat Belajar


4. Pilih bangku paling belakang

tips mengatasi kantuk di dalam kelas, memilih bangku paling belakang


Kalau cara diatas tetep nggak mempan juga, kamu bisa tukar tempat dengan temanmu yang ada di belakang. Dengan menempati posisi paling belakang, kamu bisa berada dalam radius yang jauh dari jangkauan mata guru. Bangku belakang jug abisa menjadi penyelamat saat kamu tiba-tiba terlelap karena kantuk yang tak tertahankan. Tapi ingat, saat tukar jangan sampai ketahuan guru ya...

Baca Juga
Buat yang Udah Corat-Coret Baju, Ini nih 10 Tipe Teman Kelas Yang Bakal Kamu Kangenin Nanti
10 Lagu yang Cocok Didengarkan Sebelum Tidur, Kamu Bisa Cepet Ngantuk dan Relaks
Gini Nih Jadinya Kalo Kerja Sambil Ngantuk, Ancur Semua Deh

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close