Selasa, 26 September 2017

6 Cara Ini Bisa Tingkatkan Kembali Semangatmu di Hari Pertama Kuliah

  • Rosiana
  • 07/09/2017 18:42 WIB
6 Cara Ini Bisa Tingkatkan Kembali Semangatmu di Hari Pertama Kuliah
EPIZONE.ID - Liburan panjang kadang menyisakan rasa malas tak berkesudahan di awal semester. Badan di kelas tapi pikiran masih liburan. Bayang-bayang asyiknya liburan bahkan masih bertengger seenak jidat di kepala. Rasa nyaman dsaat liburan kadang membuat banyak mahasiswa enggan masuk di hari pertama. Siapa yang sering kayak gini? ayo ngaku!!!

Setelah terbiasa bangun siang dan leyeh-leyeh selama beberapa minggu, kini kamu haurs dihadapkan lagi dengan kenyataan masih harus mengikuti perkuliahan hingga akhir semester mendatang. Masuk pertama kuliah setelah liburan panjang itu emang ngeselin. Tapi jangan dibiasain ya, sebelum rasa malas semakin menggunung, lebih baik kamu cegah dengan beberapa cara berikut ini:


1. Sebelum liburan, sebaiknya buat perencanaan matang kapan kamu harus kembali.

Semangat di hari pertama kuliah setelah libur panjang, rencanakan kedatangan


Rencanakan kapan kamu berangkat dan pulang setelah liburan. Hal ini akan membantumu mempersiapkan diri untuk hari pertama kuliah. Persiapkan sebaik mungkin waktu kepulangan agar kamu punya waktu untuk istirahat. Merencanakan tangal kepulangan juga bisa membuatmu lebih siap untuk kembali ke rutinitas kuliah. Jangan sampai waktu pulangmu terlalu mepet dengan hari pertama kuliah. Yang ada malah bolos di hari pertama karena terlalu capek setelah pulang liburan.

2. Istirahat yang cukup setelah kembali dari liburan.

Semangat di hari pertama kuliah setelah libur panjang, istirahat yang cukup setelah liburan


Istirahat dan tidur yang cukup setelah pulang dari liburan bisa membuatmu lebih fokus dalam menghadapi kemalasan di hari pertama kuliah. 

Gokil! Kampus Ini Buka Mata Kuliah Tentang Beyonce


3. Pelajari kembali materi kuliah semester lalu.

Semangat di hari pertama kuliah setelah libur panjang, pelajari kembali materikuliah semester lalu


Sekali-kali belajar materi kuliah yang udah lalu nggak masalah kok. Malah hal ini bisa membuatmu lebih siap untuk menerima materi lagi setelah libur panjang. Jangan sampai kamu masuk kuliah cuma modal badan. Sayang dong materi berharga semester kemarin hilang cuma gara-gara liburan. 

4. Bangun pagi dan jangan telat datang ke kampus.

Semangat di hari pertama kuliah setelah libur panjang, bangun pagi dan jangan telat masuk ke kampus


Penting nih. Hari pertama kuliah jangan sampai kamu telat datang ke kampus. Telat datang di hari pertama kuliah membuat semangat yang kamu pupuk bisa langsung menghilang. Kamu juga nggak bisa mempersiapkan diri dan say hi dengan teman-teman. Usahakan datang 15 menit sebelum perkuliahan dimulai. Ini akan membuatmu makin makin semangat meski baru saja melewatkan libur panjang.

4 Tips Jitu Atasi Kantuk yang Mengganggu Saat di Kelas


5. Tebar senyum dan sapa ke semua orang.

Semangat di hari pertama kuliah setelah libur panjang, tebar senyum dan sapa ke semua orang


Salah satu hal yang bisa membangkitkan lagi semangatmu adalah dengan melemp[ar senyum dan sapaan ke semua orang termasuk ibu kos, tetangga kamar maupun satpam penjaga kampus. Siapa tahu dengan saling menyapa, kamu bisa menularkan semangat yang sama ke semua orang. Tapi ingat, jangan terlalu banyak memasang senyum ya, yang ada orang akan takut saat melihatmu.

6. Sebelum memulai kegiatan, buat to-do-list untuk satu semester ke depan.

Semangat di hari pertama kuliah setelah libur panjang, buat to-do-list selama 1 semester ke depan


Menyongsong hari pertama kuliah, kamu juga harus menyiapkan apa saja yang harus dilakukan dan apa yang harus dicapai di akhir semester nanti. Kamu bisa membuat apa yang harus dilakukan seperti mendapat minimal 3 nilai A atau berjuang untuk mendapatkan beasiswa tertentu di kampus. Tempelkan list tersebut di dinding kamar, atau selipkan di catatan harian sebagai pengingat. Dengan merencanakan tujuan selama 1 semester ke depan, akan membuatmu lebih termotivasi dan terarah. 

Masa kuliah nggak akan bisa diulang kembali. Oleh karena itu nikmati masa-masa belajarmu dengan semangat dan sepenuh hati sebelum terlambat.

Baca Juga
6 Tipe Pelajar di Kelas Saat Jam Kosong, Kamu yang Mana?
10 Kampus Dengan Bayaran Termahal Di Dunia, Berminat?
Buat Anak Magang, Hindari 6 Kesalahan Ini Selama di Tempat Kerja

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close