Sabtu, 18 November 2017

11 Cara Efektif yang Bisa Memicu Ide Kreatifmu

  • Rosiana
  • 08/09/2017 15:43 WIB
11 Cara Efektif yang Bisa Memicu Ide Kreatifmu
EPIZONE.ID - Ungkapan ide itu mahal rasanya memang benar adanya. Apalgi sebuah ide muncul karena adanya proses berpikir kreatif yang membutuhkan waktu relatif lama. Ada kalanya pula ide tiba-tiba tercetus saat kita sedang tak memikirkannya.

Nah terkadang saat kita sedang diburu waktu untuk segera memberikan masukan maupun ide, otak tiba-tiba menjadi kosong dan macet. Untukmu yang sedang bingung mencari ide, cara-cara dibawah ini bisa membantumu memunculkan ide kreatif. Selamat mencoba. 


1. Santai dan rileks

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, santai


Salah satu cara untuk memunculkan ide saat otak sudah tak mampu berpikir adalah dengan bersantai. Menjauhlah sejenak dari keramaian dan renungkan hal-hal apa saja yang bisa dikerjakan. Biasanya ide akan muncul di tempat dan suasana yang tak terduga. bahkan mungkin saat kamu memutuskan untuk ruileks sejenak, ide brilian bisa saja langsung muncul ke permukaan. 

Menjaga tubuh dan pikiran untuk tetap tenang dan fresh menjadi salah satu senjata ampuh untuk memunculkan ide. Coba pikir deh jika tubuh dan pikiran aja sudah lelah, gimana ide bisa mengalir lancar? Tubuh bukanlah robot yang bisa dipakai bekerja sesuka hati. Ia membutuhkan waktu untuk bersantai sejenak. Jadi kalau kamu sudah memeras otak sedemikian rupa namun ide kreatif belum juga muncul, mungkin itu tanda bahwa tubuh dan pikiranmu kelelahan dan butuh istirahat.

2. Banyak membaca dan menonton video maupun film

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, banyak membaca danmenonton film

Membaca dan menonton film merupakan salah satu cara untuk menambah referensi. Jika kamu bekerja di bidang kreatif dimaan ide harus selalu segar dan baru, mungkin bahan bacaan maupun scene film bisa menjadi salah satu alat untuk memunculkan ide. 

Lakukan 7 Hal Ini Agar Idemu Tak Lagi Dibajak


3. Ide bisa datang darimana saja maka coba lakukan hal-hal baru

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, mencoba hal-hal baru


Saat otak sudah taklagi mau diajak bekerja sama, ini saatnya kamu untuk melakukan hal-hal yang jarang atau tak pernah kamu lakukan. Buat kamu yang nggak pernah pergi sendiri, coba deh pergi nonton sendiri atau jalan-jalan ke tempat lain tanpa ditemani. beberapa kegiatan yang jarnag kamu lakukan ini akan menambah pengalaman hidupmu. Bisa jadi setelah melakukan hal-hal tersebut ide kreatif nan segar bisa muncul di otakmu

4. Buka kembali portfolio atau pekerjaan lama

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, buka kembail portfolio


Menduplikasi ide dari pekerjaan sebelumnya bisa jadi salah satu cara untuk memunculkan ide baru. Daripada repot-repot harus melakukan hal-hal baru, membuka-buka portfolio yang pernah kamu kerjakan bisa membuat otak segera memproses informasi untuk mendapatkan ide baru.  

5. Cari referensi dari karya orang lain

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, cari referensi dari karya lain


Tak ada salahnya mangambil referensi dari karya orang lain. Namun ingat mengambil referensi berbeda dengan mencuri ide. Kamu nggak bisa seenaknya menduplikasi ide seseorang dengan mengubah sedikit dari karyanya untuk diakui sebagai karyamu. Hal tersebut bisa menimbulkan kericuhan jika si empunya karya tak berkenan. 

Stress? 9 Ide Ini Bakal Bantu Kamu Saat Ujian


6. Berbicara dengan diri sendiri

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, bicara dengan diri sendiri


Terdengar gila memang. Tapi berbicara nggak harus sama orang lain. Dirimu sendiripun sebenarnya juga bisa diajak berbicara dan dimintai pendapat. Berbicara dengan diri sendiri bisa jadi salah satu alternatif untuk memunculkan ide-ide baru dari dalam kepalamu.

7. Catat setiap ide yang datang, bila perlu bawa notes atau smartphone kemana-mana

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, catat ide yang datang


Ide memang datang tak kenal waktu dan tempat. Nah saat ada ide apapun itu, biasakan selalu catat dalam notes maupun smartphone agar saat ide tersebut dibutuhkan, kamu tinggal membuka kembali catatanmu. Mencatat setiap ide yang terlintas bisa mencegahMU melupakan ide tersebut.

8. Diskusikan dengan orang lain

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, diskusikan dengan orang lain


Selain berbicara dengan diri sendiri, kamu juga bisa mendiskusikan permasalahnmu dengan orang lain. Diskusi dan brainstorming bersama orang lain bisa melengkapi refernsimu akan beebrapa hal. Siapa tau dari diskusi tersebut, kamu bisa mendapatkan pemahaman baru dari sudut pandang orang lain. 

9. Cobalah untuk berpikir dari sudut pndang berbeda atau berpikir sebaliknya

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, berpikir sebliknya


Terkadang permasalahan dalam mencari ide bukan hanya karena kekurangan ide, namun karena terlalu banyak ide di kepala yang membuat bingung. Nah untuk mensiasati hal ini, cobalah untuk berpikir dari sudut pandang yang berbeda atau kebalikannya.

Contohnya jika kamu sedang mencari ide untuk pembuatan poster sebuah konser metal. Menurut kebiasaan poster-poster konser sejenis itu biasanya menggunakan warna dark dengan font gahar yang membuat konser metal selalu identik dengan dunia malam dan kekerasan.

Namun jika kamu mencari sebuah ide kreatif yang beda dari yang lain, cobalah untuk berpikir dari pihak orang yang kurang mengenal musik metal. Kamu bisa memulai dari bagaimana orang-orang tersebut berpikir mengenai konser musik metal dan coba aplikasikan hal tersebut untuk poster konsr musik metalmu. Yakin deh hasilnya akan berbeda dari poster konser metal lainnya.

10. Mendengarkan musik

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, mendengarkan musik


Musik bisa menjadi salah satu instrumen untuk menghilangkan stres. Jika kamu sedang kesulitan menemukan ide, coba luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan musik. Musik bisa merangsang otak untuk berpikir dan membantumu untuk mengeluarkan ide kreatif.

11. Browsing di internet

cara efektif yang bisa memacu ide kreatif, browsing di internet


Setelah sekian lama berpikir dan belum ketemu juga? coba browsing dan buka sosial mediamu. Siapa tau disitu kamu bisa menemukan sekeping ide yang berharga diantara konten yang berterbaran.



Ide bisa dibentuk dan ditemukan dimana saja. Pastikan kamu juga memiliki referensi yang banyak gar ide biosa gampang mengalir dari otakmu. Brainstorming juga memiliki pengaruh penting loh untuk memunculkan ide. Ide-ide terbaik juga datang dari berbagai proses lama yang memakan waktu. Jadi jika kamu sedang sulit menemukan ide, bersabarlah dan lakukan hal-hal diatas untuk memudahkanmu.


Baca juga
6 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Selama Menunggu Panggilan Kerja
Biar Persahabatan Bisa Awet Sampai Kakek Nenek, Ini Tipsnya
Tips Agar Resolusi Masih Bisa Terwujud Meski Sudah Pertengahan Tahun

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close