Selasa, 26 September 2017

Hei Millenials, Yuk Lawan Hoax dan Jadi Pembaca Cerdas dengan 10 Cara Ini

  • Rosiana
  • 11/09/2017 11:16 WIB
Hei Millenials, Yuk Lawan Hoax dan Jadi Pembaca Cerdas dengan 10 Cara Ini
EPIZONE.ID - Akhir-akhir ini hoax menjadi perbincangan hangat di media massa. Publik saat ini menganggap Hoax sebagai ancaman serius dan berbondong-bondong untuk menghindari dan melaporkan berbagai berita yang dinyatakan sebagai hoax. Menurut Lynda Walsh seperti dlansir dari Antara News, Hoax atau kabar bohong merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang masuk sejak era industri, diperkirakan pertama kali muncul pada 1808. 

Dengan adanya internet berbagai kemudahan dalam memperoleh berita sangat dirasa manfaatnya. Namun kemudahan ini ternyata tidak dibarengi dengan tanggung jawab dalam penggunaannya. Banyak oknum yang sengaja mendulang keuntungan dengan menyebar berita palsu. Hal ini tentu meresahkan banyak pengguna internet. Tak sedikit yang bahkan terpengaruh oleh berita hoax tanpa mencari tau kebenaran dari berita tersebut. 

Sayangnya tumbuh suburnya berita hoax ini juga dipengaruhi oleh pengguna internet yang sebagian besar tidak bisa membedakan mana berita asli dan mana yang palsu. Padahal informasi yang tidak tepat, bisa berakibat fatal bagi pembaca yang mudah terprovokasi. Maka, sebagai pengguna internet diperlukan kebijaksanaan dalam mengolah informasi yang ditemukan agar bisa membedakan berita asli atau bohong.

Nah sebagai pengguna internet yang pintar sudah tentu kamu juga harus bisa membedakan dan menyeleksi berita hoax. Buat yang masih bingung gimana caranya, kamu bisa ikuti cara-cara ini. 

1. Cek sumber berita. Bedakan media terpercaya dengan media abal-abal.

cara menghindari berita hoax, cek sumber berita


Sebelum mempercayai sebuah berita, kamu bisa mengecek sumber dari berita tersebut. Jika belum puas, cek pula alamat dan nomer telepon redaksi. Hal ini akan memudahkanmu untuk menyisir berita bohong. Cermati alamat sumber, apabila sumber berita berasal dari blog maupun situs yang belum terverifikasi maka keaslian berita tersebut perlu dipoertanyakan. 

Menurut Kominfo, saat ini tercatat ada sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita, namun hanya 300 situs yang tercatat sebagai situs berita resmi dan bisa dipercaya. Itu artinya masih banyak situs berita yang harus diwaspadai, meski tak menutup kemungkinan bahwa ada beebapa situs yang masih bisa dipercaya. 

2. Cek portal berita lain dan bandingkan dengan berita yang kamu temukan.

cara menghindari berita hoax, bandingkan dengan portal berita lain yang lebih terpercaya


Kamu juga bisa mengecek situs berita lain yang sudah terverifikasi. Jika sebuah berita tercantum di beberapa media, maka bisa dipastikan berita tersebut benar adanya. 

Membandingkan beberapa berita dari berbagai situs juga bisa menambah referensi dalam menyikapi suatu berita. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan hanya dengan membaca satu sumber berita. Agar bisa terhindar dari hoax, kamu perlu membiasakan diri untuk membaca berita dari berbagai sudut pandang. 7 Sumber Berita yang Paling Terpercaya di Dunia, Nggak Ada yang Hoax


3. Periksa berita dalam Bahasa Inggris.

cara menghindari berita hoax, periksa berita dalam bahasa inggris


Inilah salah satu tujuan dari dimasukkannya Bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran di Ujian Nasional. Sebagian besar berita saat ini merupakan lansiran dari media berbahasa Inggris. Untuk itu diperlukan kemampuan memahami bahasa Inggris yang cukup baik agar bisa terhindar dari berita hoax.

Saking Susahnya Bedain Hoax sama Fakta, 5 Berita Penting Ini Malah Dianggap Lelucon Saat April Fool's Day

4. Bedakan fakta dan opini.

cara menghindari berita hoax, bedakan fakta dan opini


Seperti dilansir dari laman CNN Indonesia, banyak pembaca yang langung menelan mentah-mentah ucapan seorang narasumber tanpa bisa membedakan apakah hal itu merupakan fakta atau sekedar opini. Nah sebagai pengguna yang cerdas sudah seharusnya kita bisa membedakan mana berita yang merupakan opini dan mana yang harus dipercayai sebagai fakta. Semakin banyak fakta yang dimuat dalam suatu berita, maka semakin kredibel berita tersebut.

Hal ini juga berlaku jika ada berita yang mencantumkan penelitian seseorang maupun lembaga. Jika terasa jangal kamu bisa mencari referensi dari nama seseorang yang dicatut. Cari tau penelitian maupun apa yang pernah ia keluarkan. Dengan hal ini kamu bisa lebih berhati-hati dalam menyikapi suatu berita. 

5. Tertipu foto? Kamu bisa cek keasliannya di Google Image.

cara menghindari berita hoax, cek keaslian gambar di Google Image


Teknologi semakin canggih, agar tidak tertipu dengan foto yang provokatif, kamu bisa cek keasliannya di Google Image. Tingal buka laman image.google.co.id, kemudian klik icon kamera (Search by image) dan pilih menu Upload an Image lalu pilih gambar yang ingin dicek. Cara tersebut berguna untuk membandingkan gambar serupa yang muncul di internet. 

6. Awas tertipu judul.

cara menghindari berita hoax, jangan tertipu judul yang provokatif

Banyak media yang saat ini menyajikan judul yang sanagt provokatif hingga mengundang keingintahuan seseoang. Jika menemui hal semacam ini, kamu harus bersikap waspada. Jangan mau tertipu oleh berita dengan judul yang sangat mengundang. Judul provokatif biasanya dibuat agar seseorang tertarik untuk mengunjungi tautan tertentu. Tak jarang berita tersebut malah menyajikan konten yang melenceng jauh dari judulnya.

6 Hoax Paling Fenomenal dalam Sejarah Peradaban Manusia, Hampir Semua Orang di Dunia Percaya

7. Biasakan membaca berita hingga selesai.

cara menghindari berita hoax, biasakan membaca artikel dan berita hingga selesai


Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah membaca sebuah tulisan hanya dari lead atau paragraf pertama. Banyak orang yang hanya membaca separuh dan langsung menyimpulkan isi suatu berita. Hal ini sangat tidak baik mengingat banyak portal yang menulis isi dan kesimpulan suatu artikel di tengah maupun akhir tulisan.  

Nah sebagai generasai milenial yang seharusnya bisa menggunkan teknologi secara bijak, kamu tentu juga harus bisa membiasakan diri untuk membaca sampai habisa suatu berita. Hal ini bertujuan agar tak terjadi miskonsepsi maupun miskomunikasi antara penuls artikel dan pembaca. Jadi pembaca cerdas yuk.

8. Jika kamu terganggu dengan sebuah berita hoax, kamu bisa melaporkannya.

cara menghindari berita hoax, laporkan hoax


Seperti dilansir dari laman Kominfo, sebuah berita hoax bisa dilaporkan. Jika kamu menemukannya di Facebook (seperti sering ditemukan), maak kamu bisa gunakan fitur Report Status lalu kategorikan berita tersebut sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening, atau kategori lain yang sesuai. Sekarang Facebook Bisa Deteksi Berita Hoax, Ini Cara Pakainya

Untuk pengguna Twitter kamu bisa menggunakan fitur Report Tweet untuk melaporkan konten negatif. Demikian pula dengan berbagai media sosial lain. Dengan melaporkan berita hoax yang sangat mengganggu, kamu bisa menolong beberapa orang dari kontaminasi berita palsu. 

9. Ikut grup anti hoax

cara menghindari berita hoax, ikut grup atau komunitas anti hoax


Jika kamu kurang bisa maenyeleksi berita, maka bergabung dengan komunitas anti berita hoax bisa sangat membantu. Dengan bergabung dengan komunitas ini, kamu bisa belajar berbagai cara menghindari hoax. Di grup atau komunitas ini, warganet bisa bertanya dan mendiskusikan sebuah konten apakah itu hoax atau bukan. 

10. Yang terakhir, perluas wawasan.

cara menghindari berita hoax, memperluas wawasan agar tak mudah terpengaruh dengan berita bohong


Orang-orang dengan wawasan dan pengetahuan luas jarang terhasut oleh berita-berita hoax. Sebaliknya mereka malah bisa mengklarifikasi sebuah berita dan isu dari berbagai sudut pandang. Jika kamu ingin terhindar dari berita bohong yang mengganggu, maka perluas wawasan dan pengetahuanmu agar tak termakan berita hoax. 

Dengan wawasan dan pengetahuan yang luas akan membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam menyikapi sesuatu. Yuk bangkit dan jadi generasi cerdas yang nggak mudah terprovokasi.

Baca Juga
Meski Bergelimang Harta, Namun 6 Miliarder Ini Memilih Gaya Hidup Sederhana
Semangat Josefina Monasterio, Nenek 71 Tahun Bertubuh Kekar yang Patut Dicontoh
6 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Selama Menunggu Panggilan Kerja

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close