Selasa, 26 September 2017

6 Tips Manajemen Waktu Buat Kamu yang Super Sibuk

  • Rosiana
  • 13/09/2017 14:55 WIB
6 Tips Manajemen Waktu Buat Kamu yang Super Sibuk
EPIZONE.ID - Menjalani hal secara teratur bisa membuat kehidupan seseorang menjadi lebih teratur pula. Hal ini tentu juga berpengaruh ke produktivitas dan kualitas hidup seseorang. Ada kalanya seseorang begitu menikmati kegiatannya sehingga lupa untuk sekedar beristirahat. Namun banyak pula yang sering mengabaikan tanggungjawab dan berakibat pada tugas yang terbengkalai dan tidak selesai tepat waktu.

Jika kamu mengalami hal diatas, kamu tentu perlu mengatur waktu untuk setiap kegiatanmu. Kegiatan ini sering disebut dengan manajemen waktu. Disamping itu kegiatan yang seabrek banyaknya kadang membuat seseorang merasa malas yang mengakibatkan beberapa pekerjaan terbengkalai. Jika kamu seeorang dengan kegiatan dan tugas yang menggunung, ada baiknya rapikan jadwalmu sekarang juga. 

Salah satu solusi untuk membenahi rutinitasmu adalah dengan menerapkan manajemen waktu yang baik. Hal ini akan melatih dirimu untuk menjadi lebih bertanggung jawab akan waktu yang diberikan. Manajemen waktu sangat berguna apalagi untuk kamu yang sedang berada di tingkat sekolah maupun kuliah. Kamu bisa melatihnya dengan mengikuti cara-cara dibawah ini:

1. Buat list untuk segala hal

Manajemen waktu, buat list

Salah satu fungsi membuat daftar pekerjaan adalah agar setiap pekerjaan dan tugasmu ter-cover. Lebih jauh lagi, sebenarnya manfaat dari membuat list adalah agar tidak ada satu tugaspun yang terlewatkan. Banyak orang yang sering menganggap remeh jadwal yang telah dibuat. Ini karena mereka merasa bisa menangani semua kegiatan tanpa perlu patuh dengan jadwal. 

Namun jika salah satu jadwal dilanggar maka jadwal lain yang sudah disusun akan terganggu juga. Maka buat kamu yang punya kegiatan seabrek jangan pernah meremehkan jadwal yang dibuat. Melansir dari Enterpreneur.com, berikut beberapa jenis jadwal dan list yang bisa kamu buat diantaranya:

     Manajemen waktu untuk pelajar dan mahasiswa

2. Susun jadwal sesuai skala prioritas

Manajemen waktu, mengatur skala prioritas

Apabila kamu memiliki segunung tugas yang belum diselesaikan, susun jadwalmu untuk mengerjakan tugas sesuai dengan skala prioritas. Dahulukan tugas yang memerlukan perhatian dan urgent. Membuat skala prioritas akan membantumu untuk fokus pada hal yang sedang dikerjakan. Skala prioritas ini juga bisa membantu untuk mengorganisir jadwalmu.

7 Cara Ini Bakal Buat Harimu Lebih Produktif, Ternyata Nggak Ribet Lho...

3. Ketahui batasan dan limit dirimu sendiri

Manajemen waktu, ketahui batasan dan limit diri sendiri

Dengan mengetahui batasan diri sendiri kamu bisa memperkirakan berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu kegiatan. Misalnya kamu memerlukan tidur minimal 6 jam sehari, maka jangan paksakan tubuhmu untuk terus beraktivitas hingga mengurangi waktu tidur dibawah 6 jam. Hal ini selain mengganggu juga bisa membuat tubuhmu mudah kelelahan dan akan merusak segala kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya.

4. Estimasikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setiap tugas dan kegiatan yang akan dilakukan.

Manajemen waktu, estimasikan setiap kegiatan dan tugas yang akan dikerjakan

Setelah mengetahui batasan dan kemampuan dirmu sendiri, kini saatnya kamu harus mengestimasi berapa waktu yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan dan tugas yang akan dikerjakan. Ini penting sebab akan mempengaruhi jadwal yang telah kamu susun. Ada baiknya kamu letakkan estimasi waktu setiap kegiatan dalam jadwal dan to-do-list yang telah dibuat. Setiap aktivitas dan tugas memerlukan waktu yang berbeda. Dengan melakukan hal ini, waktu yang berharga tidak akan terbuang dengan sia-sia. 

5. Beri jeda untuk diri sendiri.

Manajemen waktu, beri jeda untuk diri sendiri

Setelah selesai melakukan setiap kegiatan yang sudah terjadwal, ada baiknya kamu segera beristirahat. Ingat tubuhmu juga butuh waktu untuk mengembalikan energi yang telah terbuang. Sesibuk apapunkegiatanmu, kamu juga membutuhkan waktu untuk sendiri. Aturlah jadwalmu dengan proporsional dan jangan lupakan waktu untuk istirahat. 

6. Identifikasikan tenggat waktu setiap tugas.

Manajemen waktu, seleaikan tugas sebelum deadline


Usahakan setiap tugas yang dikerjakan selesai sebelum tenggat waktu yang diberikan agar kamu punya jeda untuk menyiapkan kegiatan lainnya. Jika tuga selesai sebelum tenggat waktu, kamu bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk mengerjakan hal lain. Tak perlu perfeksionis dalam mengatur jadwal, yang penting kamu bisa memperkirakan tugas yang harus dikerjakan. 

Baca Juga
Lebih Produktif Saat Mager Dengan 5 Kegiatan Ini
Lakukan Kebiasaan Positif Saat Memulai Pagi Biar Harimu Lebih Semangat
6 Cara Ini Bisa Tingkatkan Kembali Semangatmu di Hari Pertama Kuliah



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close