2. Susun jadwal sesuai skala prioritas
Apabila kamu memiliki segunung tugas yang belum diselesaikan, susun jadwalmu untuk mengerjakan tugas sesuai dengan skala prioritas. Dahulukan tugas yang memerlukan perhatian dan urgent. Membuat skala prioritas akan membantumu untuk fokus pada hal yang sedang dikerjakan. Skala prioritas ini juga bisa membantu untuk mengorganisir jadwalmu.
7 Cara Ini Bakal Buat Harimu Lebih Produktif, Ternyata Nggak Ribet Lho...
3. Ketahui batasan dan limit dirimu sendiri
Dengan mengetahui batasan diri sendiri kamu bisa memperkirakan berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu kegiatan. Misalnya kamu memerlukan tidur minimal 6 jam sehari, maka jangan paksakan tubuhmu untuk terus beraktivitas hingga mengurangi waktu tidur dibawah 6 jam. Hal ini selain mengganggu juga bisa membuat tubuhmu mudah kelelahan dan akan merusak segala kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya.
4. Estimasikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setiap tugas dan kegiatan yang akan dilakukan.
Setelah mengetahui batasan dan kemampuan dirmu sendiri, kini saatnya kamu harus mengestimasi berapa waktu yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan dan tugas yang akan dikerjakan. Ini penting sebab akan mempengaruhi jadwal yang telah kamu susun. Ada baiknya kamu letakkan estimasi waktu setiap kegiatan dalam jadwal dan to-do-list yang telah dibuat. Setiap aktivitas dan tugas memerlukan waktu yang berbeda. Dengan melakukan hal ini, waktu yang berharga tidak akan terbuang dengan sia-sia.
5. Beri jeda untuk diri sendiri.
Setelah selesai melakukan setiap kegiatan yang sudah terjadwal, ada baiknya kamu segera beristirahat. Ingat tubuhmu juga butuh waktu untuk mengembalikan energi yang telah terbuang. Sesibuk apapunkegiatanmu, kamu juga membutuhkan waktu untuk sendiri. Aturlah jadwalmu dengan proporsional dan jangan lupakan waktu untuk istirahat.
6. Identifikasikan tenggat waktu setiap tugas.
Usahakan setiap tugas yang dikerjakan selesai sebelum tenggat waktu yang diberikan agar kamu punya jeda untuk menyiapkan kegiatan lainnya. Jika tuga selesai sebelum tenggat waktu, kamu bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk mengerjakan hal lain. Tak perlu perfeksionis dalam mengatur jadwal, yang penting kamu bisa memperkirakan tugas yang harus dikerjakan.
Baca Juga
Lebih Produktif Saat Mager Dengan 5 Kegiatan Ini
Lakukan Kebiasaan Positif Saat Memulai Pagi Biar Harimu Lebih Semangat
6 Cara Ini Bisa Tingkatkan Kembali Semangatmu di Hari Pertama Kuliah