Sabtu, 18 November 2017

Tren StudyBlr, Padukan Kegiatan Belajar dan Estetika

  • Rosiana
  • 13/09/2017 10:46 WIB
Tren StudyBlr, Padukan Kegiatan Belajar dan Estetika
EPIZONE.ID - Pernah ngerasain bosan dan suntuk saat belaajr? Mungkin kamu perlu mencoba kebiasaan belajar baru ini. StudyBlr, sebuah tren yang membuat belajar tak lagi membosankan. Dengan menggabungkan seni dan pelajaran, tren belajar dengan StudyBlr ini membuat pelajar merasa betah berlama-lama di depan buku catatan mereka.  Sebenarnya apa sih StudyBlr? 

StudyBlr berasal dari kata "study" dan "Tumblr". StudyBlr merupakan kategori di media sosial micro bloging Tumblr, yang dikaitkan dengan kegiatan belajar dan estetika. Studyblr sebenarnya hanyalah unggahan pengguna Tumblr mengenai buku catatan mereka yang penuh dicoret-coret dengan berbagai pulpen warna-warni hingga membuatnya menyenangkan untuk dipelajari. 

tren Belajar menyenangkan dengan StudyBlr
via Tumblr

Dikutip dari Buzzfeed, StudyBlr merupakan gaya belajar yang memadukan kreativitas di setiap kesempatan. Bahkan untuk beberapa mata pelajaran yang paling membosankan pun, gaya belajar ini juga bisa diterapkan loh. StudyBlr nggak hanya sebatas metode belaajr saja loh. buat kamu yang ingin punya catatan harian atau agenda bisa kok pakai cara ini. Selain meningkatkan mood positif, membuat Studyblr juga bisa mengasah kreatifitas juga. 

Maraknya penggunaan media sosial membuat istilah ini semakin eksis di kalangan anak-anak pengguna Tumblr. Berawal dari postingan di media sosial Tumblr, tren StudyBlr pun mulai mendunia. Kini banyak orang yang mulai memposting kegiatan belajar mereka yang pastinya menyenangkan di media sosial. Nah buat kamu yang ingin belajar dengan cara yang menyenangkan ini, berikut langkah-langkahnya.

Berbagai Hal Salah Yang Kamu Lakukan Saat Belajar

1. Buat yang belum terbiasa, kamu bisa menggunakan pensil terlebih dahulu

tren StudyBlr, langkah pertama gunakan pensil terlebih dahulu


Nggak semua orang dianugerahi karunia amenggambar dengan baik. Nah buat kamu yang memiliki keterbatasan dalam menggambar, bisa kok pakai pensil terlebih dahulu. Menggunakan pensil bisa membuat gambarmu terlihat lebih rapi dan juga menghindari kesalahan saat menggambar. 

2. Setelah membuat pola kamu bisa mewarnainya dengan pensil warna, bolpoin warna, spidol bahkan cat air.

Belajar dengan metode StudyBlr, menggunakan pensil warna, bolpoin warna, spidol bahkan cat air untuk mempercantik buku catatan


Salah satu ciri StudyBlr adalah penggunaan warna-warna mencolok yang bisa meningkatkan kerja otakmu. Dengan mewarnai buku catatanmu dengan berbagai bentuk dan warna, daya ingat dan konsentrasimu pun juga bisa bertambah. Ditambah dengan tampilan buku yang menarik, belajar pun bisa jadi lebih menyenangkan. Nggak ada lagi kata bosan dan malas saat membuka buku catatan.

3. Malas menggambar? Kreasikan dengan washi tape atau stiker lucu

Metode belajar dengan StudyBlr, gunakan washi tape atau stiker lucu buat kamu yang kurang bisa menggambar
via Tumblr 

Nah kalau kamu malas menggambar, kamu bisa menggunakan washi tape untuk mempercantik tampilan buku catatan. Saat ini banyak tersedia washi tape dengan pola dan motif yang menarik di berbagai toko. Pilih beberapa motif yang kamu sukai dan tempelkan washi tape tersebut di halaman buku catatan. Kamu juga bisa menggunakan stiker lucu untuk mempermanis tampilan.

Malas Belajar? Coba Cara-cara Berikut Ini Biar Belajarmu Makin Menyenangkan


4. Kurang greget? tempelkan notes berwarna untuk menuliskan penjelasan dari suatu subjek yang sedang dipelajari.

tren belajar dengan metode StudyBlr, gunakan notes warna-warni
via
Tumblr

Kurang puas? kamu bisa menempelkan notes berwarna atau post-it di buku catatanmu. Seperti post-it pada umumnya, notes ini bisa kamu gunakan untuk menuliskan penjelasan dari subjek yang sedang kamu pelajari. Selain menghemat halaman buku, kamu juga bisa membuat buku catatan yang menyenangkan. 

5. Doodling & sketching

metode belajar dengan StudyBlr, membuat doodle dan sketch

Kegiatan doodling atau membuat karikaturlucu sedang tren saat ini. Buat kamu yang suka doodling, kemampuan ini bisa diaplikasikan nuntuk membuat tampilan buku pelajaran jadi semakin menyenangkan. 

6. Ditambah foto? Nggak masalah

belajar dengan metode StudyBlr, menggunakan foto sebagai pemanis tambahan
via Tumblr

Buat dirimu nyaman dengan menerapkan gaya belajar yang sesuai dengan kepribadianmu. Jika kamu ingin menambahkan beebrapa foto idola dalam catatan, silahkan saja. Toh jika hal itu bisa menambah semangat belajarmu, kenapa enggak?

Gimana? mudah bukan? Nah sekarang saatnya buat StudyBlr-mu sendiri dan tuangkan ide-ide kreatifmu disana. Selamat mencoba....

Baca Juga
Belajar Mengalahkan Keterbatasan Dari Sosok Seorang Susan Boyle
Masih Pentingkah Belajar Sejarah Saat Ini?
Membangun Mind Palace ala Sherlock Holmes



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close