Selasa, 21 Mei 2019

Susah Tidur? Biar Tidur Lebih Pulas Hindari 6 Jenis Makanan Ini

  • Rosiana
  • 15/09/2017 18:29 WIB
Susah Tidur? Biar Tidur Lebih Pulas Hindari 6 Jenis Makanan Ini
EPIZONE.ID - Tidur merupakan salah satu aktivitas yang berguna untuk meregenarasi sel-sel dalam tubuh. Melansir dari Alodokter, kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti penuaan dini, gampang sakit, menurunkan daya ingat hingga menderita penyakit serius.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menghindari hal tersebut? tentu saja dengan tidur. Tapi jika mengalamai susah tidur apa yang harus dilakukan? Hindari makanan yang bisa membuatmu susah tidur seperti dilansir dari WellandGood berikut ini:

1. Gorengan / Makanan yang digoreng

Terhindar dari susah tidur, mengurangi makan gorengan menjelang jam tidur


Makanan favorit orang Indonesia ini ternyata berpengaruh dalam membuat seseorang mengalami susah tidur. Makanan yang digoreng tak hanya bertanggung jawab dalam penurunan kadar serotonin dalam tubuh, namun juga membuat kerja organ pencernaan bekerja lebih lama. Hal inilah yang membuat seseorang sering mengalami susah tidur. Ini karena saat organ pencernaan bekerja, tubuh akan sulit untuk beristirahat dan berakibat pada kesulitan tidur yang dialami.

Jika kamu penggemar gorengan, sebaiknya jangan makan makanan ini saat mendekati waktu tidur. Lebih baik lagi jika kamu memilih makanan yang dipanggang daripada yang digoreng. 

2. Kopi

Terhindar dari susah tidur, mengurangi kopi menjelang jam tidur


Sudah menjadihal yang umumj jika kopi merupakan salah satu minuman yang membuat seseoang terjaga. Buat mereka yang harus begadang karena menyelesaikan sesuatu, kopi biasanya menjadi salah satu pilihan agar tak cepat mengantuk. Nah buat kamu yang nggak pengen mengalami susah tidur, kurang-kurangilah ngopinya. Jika kamu orang yang suka dengan kopi, lebih baik mengonsumsi minuman ini saat pagi hari. 

Pengen Tidur Berkualitas? Ketahui Baik Dan Buruk Dari 3 Posisi Tidur Ini

3. Alkohol

Terhindar dari susah tidur, mengurangi alkohol

Alkohol memegang peranan penting membuat seseorang susah tidur. Jika kamu mengkonsumsi alkohol, maka hal ini akan mempengaruhi tubuh dengan dua cara yang berbeda. Pertama dengan merangsang, mengkonsumsi alkohol mendekati waktu tidur akan membuatmu sering buang air kandungan alkohol dalam darah Anda masih meningkat. Hal ini juga akan berpengaruh pada kualitas tidur karena aktivitas tidur yang terganggu oleh kebutuhan membuang air kecil maupun air besar. Alih-alih membuat tidur, alkohol malah akan membuatmu terjaga hingga kadar alkohol dalam darah turun kembali, yang biasanya memakan waktu lama.

4. Daging

Terhindar dari susah tidur, mengurangi daging menjelang jam tidur


Dagng merupakan makanan enak yang bisa diolah jadi apa saja. Seperti gorengan, daging ternyata merupakan makanan yang memerlukan waktu lama untuk dicerna. Hal ini membuat organ pencernaan bekerja dan sulit untuk beristirahat. Jika kamu ingin makan daging tapi nggak ingin mengalami susah tidur, maka cara yang pas adalah menghindari daging saat mendekati waktu tidurmu. Hal ini akan membuatmu lebih cepat tertidur karena organ pencernaan tidak bekerja pada saat itu.

5. Makanan pedas

Terhindar dari susah tidur, mengurangi makanan pedas menjelang jam tidur


Beberapa jenis makanan memang kurang baikdikonsumsi menjemlang waktu tidur termasuk makanan pedas. Makanan pedas dapat menyebabkan rasa sakit dan panas pada perut, apalagi jika tubuhmu menolak makanan jenis ini. Beberapa orang mungkin tak masalah dengan makanan pedas, namun jika kamu punya masalah pencernaan lebih baikhindari makanan pedas saat malam hari. Nggak mau kan lagi enak-enak tidur harus bolak-balik ke kamar mandi?. Mengkonsumsi makanan pedas menjelang waktu tidur juga bisa membuatmu terjaga di malam hari. 

Susah Tidur? Coba 4 Cara Ini, Dijamin Langsung Pules

6. Terlalu banyak minum

Terhindar dari susah tidur, terlalu banyak minum akan membuatmu terjaga


Menjelang tidur, ada bainya jika kamu tidak terlalu banyakminum air. MInum terutama minum air putih sebenarnya baik bagi kesehatan. Namun jika kamu terlalu banyk minum air putih menjelang waktu tidur akan membuat tubuh untuk terus menerus buang air kecil di malam hari. Hal ini akan mengganggu waktu tidurmu juga.

Baca Juga
10 Lagu yang Cocok Didengarkan Sebelum Tidur, Kamu Bisa Cepet Ngantuk dan Relaks
Foto-foto Ini Jadi Bukti Susahnya Orang di Zaman Dulu, Untungnya Kamu Belum Lahir
Foto-foto Ini Mengungkapkan Keadaan Hawaii Sebelum Menjadi Bagian dari Amerika

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close