Jumat, 22 Juni 2018

Tampil Tenang dan Lawan Rasa Gugup Saat Di Depan Umum Dengan Cara Ini

  • Rosiana
  • 15/09/2017 14:26 WIB
Tampil Tenang dan Lawan Rasa Gugup Saat Di Depan Umum Dengan Cara Ini
EPIZONE.ID - Bagi sebagian orang, tampil di depan umum bukanlah perkara yang mudah. Gugup dan rasa malu sering melanda beberapa orang yang tak terbiasa tampil di depan banyak orang. Begitu pula dengan orang-oang yang memiliki karakter pemalu. Banyak dari mereka sebisa mungkin menghindar jika harus tampil di depan banyak orang. Entah itu hanya sekedar pidato maupun menyampaikan pendapat. 

Apa kamu juga begitu? Banyak orang yang merasa gugup saat harus tampil di depan umum, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali melakukannya. Tangan bergetar dan keringat dingin biasanya muncul saat orang dilanda rasa gugup berlebihan. Jika kamu salah satu orang yang sering merasa gugup saat harus tampil di depan umum, ada baiknya lakukan hal-hal ini sebelum tampil.

1. Persiapan mental

mengatasi gugup, persiapan mental


Mental bisa mempermainkan. Jika kamu seorang yang selalu gugup saat harus berdiri di depan umum, maka mental adalah hal pertama yang harus kamu persiapkan.  Rasa takut saat harus berhadapan dengan banyak orang biasanya menjadi pemicu timbulnya rasa gugup. Biasanya orang-orang yang selalu gugup di depan umum selalu merasa khawatir akan pandangan orang lain terhadap mereka. 

Jika kamu selalu merasa takut saat berhadapan dengan orang banyak, ada baiknya singkirkan dulu ketakutanmu. Pikirkan hal-hal menyenangkan jika kamu sudah selesai tampil, dan jangan sekali-kali membiarkan pikiran negatif muncul di kepalamu.

2. Persiapkan materi dengan sebaik mungkin 

mengatasi gugup, persiapkan materi


Gugup saat tampil di depan umum biasanya terjadi saat kamu merasa tidak terlalu siap dengan apa yang akan kamu tampilkan. Contohnya saat kamu akan maju tampil untuk pidato di depan teman-teman, nah rasa gugup ini biasanya melanda saat kamu kurang mempersiapkan materi. Mau pidato tapi materi aja belum siap, ya pasti gugup lah. Nah salah satu caranya adalah dengan persiapan yang matang. Tak perlu sempurna, yang penting saat kamu tampil nantinya apa yang akan disampaikan bisa diterima oleh khalayak. 

6 Tips Manajemen Waktu Buat Kamu yang Super Sibuk

3. Sering-sering berlatih

mengatasi gugup, sering-sering berlatih


Latihan terus menerus bisa membantumu mengatasi kegugupan loh. Latih kemampuanmu didepan kaca agar kamu bisa mengetahui apa yang salah dari penampilanmu. Sebagai bagian dari persiapan, kamu juga bisa berlatih tampil di depan beberapa orang. Lalu setelah kamu mulai merasa PD, latih kembali kemapuanmu di depan audiens yang lebih banyak. Sering berlatih akan membuatmu siap saat harus tampil di depan banyak orang nantinya.

4. Konsentrasi dan tenang

mengatasi gugup, konsentrasi dan tenang


konsentrasi sangat penting dan dibutuhkan dalam setiap penampilan. jika saat di panggung konsentrasimu menghilang sedikit saja, hal ini akan mempengaruhi dirimu dan kepercayaan diri yang sudah dibangun akan merosot. Bersikap tenang saat akan tampil juga bisa membantumu untuk mengatasi kegugupan. Sedikit tips, kamu bisa mengunyah permen sesaat sebelum tampil. Hal ini bisa membantu untuk membuatmu tetap tenang selama menunggu saat di depan panggung. 

5. Lakukan kontak mata

mengatasi gugup, lakukan kontak mata


Beberapa orang mungkin akan menghindarti kontak mata saat dilanda gugup di depan panggung. Namun kamu bisa melakukan hal yang sebaliknya. Lakukan kontak mata sebelum dan sesudah penampilan. Biarkan mereka mengira bahwa kamu adalah orang dengan kepercayaan diri yang tinggi karena berani melakukan kontak mata di depan mereka. 

11 Cara Efektif yang Bisa Memicu Ide Kreatifmu

6. Tampil sebaik mungkin dan jangan mamaksa untuk tampil sempurna

mengatasi gugup, tampil sebaik mungkin dan jangan memaksa untuk jadi sempurna


Semakin kamu berekspektasi tinggi akan kemapuanmu maka semakin menambah beban untuk dirimu sendiri. Hal ini tentu akan membuatmu semakin gugup dan akan berakibat pada menurunnya performa saat di depan panggug. Semakinkamu bermimi tinggi untuk tampil sempurna, maka fokusmu juga akan hilang. Berusahalah untuk tampil maksimal dan jangan memaksa untuk tampil sempurna. 

7. Berdoa

mengatasi gugup, berdoa

Nggak ada salahnya meminta "restu" dari Tuhan saat akan tampil. Berdoa akan membuatmu lebih tenang dan bisa meningkatkan kepercayaan diri juga.

Baca Juga
Belajar Sejarah yang Asyik dan Menyenangkan, Emang Bisa?
Tren StudyBlr, Padukan Kegiatan Belajar dan Estetika
Wajib Tahu! Istilah yang Sering Kita Pakai Ini Ternyata Ada Kata Bakunya Loh

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close