Senin, 17 Desember 2018

6 Cara Mudah Membersihkan Noda Spidol Permanen yang Mengganggu

  • Rosiana
  • 18/09/2017 19:05 WIB
6 Cara Mudah Membersihkan Noda Spidol Permanen yang Mengganggu
EPIZONE.ID - Tinta spidol emang dirancang gar susah dihapus. Inilah mengapa beebrapa tinta spidol sulit untuk dihapus dengan penghapus biasa. Namun sebenarnya menghapus noda spidol permanen atau permanent marker nggak susah-suah amat. Nah buat kamu yang pengen ngilangin noda spidol permanen yang nggak sengaja tercoret, gini nih caranya:

1. Bahan kaca

cara mudah membersihkan noda spidol permanen di kaca


Noda spidol permanen bisa dihilangkan hanya dengan mencelupkannya ke air. Jika kamu nggak sengaja menggores kaca dengan spidol permanen, maka segera celupkan ke air dan tunggu beberapa saat maka coretan tersebut akan terangkat dari tempatnya. Melansir dari CCN Student, hal ini terjadi karena lapisan tinta dan polystirene yang terdapat pada permanent marker bersifat menangkis air. Ini membuat air tak bisa mengalir di permukaan lapisan ini.

Jadi air yang menyentuh lapisan tinta dan polystirene memilih mengalir di antara film dan kaca, yang sifatnya menarik air. Nah tekanan yang ada pada air inilah yang memisahkan lapisan tinta dan polystirene dari kaca. Namun ingat, membersihkan noda spidol ini hanya bisa dilakukan jika aliran air sangat lambat loh ya. Jika air mengalir sangat cepat, maka proses ini akan gagal.

2. Noda di Pakaian

cara mudah membersihkan noda spidol permanen di pakaian


Pakaian kesayangan kena noda spidol? Oh Noooo. Tapi tenang, kamu bisa gunakan hairspray untuk membersihkannya. Emang bisa? Bisa dong. Dilansir dari Howstuffworks, hairspray nggak cuma berguna untuk membentuk rambut aja loh. Dengan penggunaan yang benar, hairspray bisa jadi bahan ampuh yang bisa ngilangin noda spidol dalam sekejap. Caranya adalah dengan basahi pakaian yang terkena noda. Setelah itu bersihkan noda dengan tisu toilet yang telah dibasahi dengan cairan hairspray tanpa minyak. Noda dipakaian pun akan langsung hilang tanpa perlu bingung-bingung lagi.

Cara kedua adalah dengan menggunakan alkohol. Tuangkan alkohol pada selemabr tisu dan gosokkan ke permukaan kain yang terkena noda. Namun ingat gosok bagian yang terkena noda saja dan jangan terlalu cepat. Hal ini akan membuat noda meluber kemana-man dan mengenai bagian baju yang lain. 

Selanjutnya kamu bisa menghilangkan noda spidol permanen dengan susu. Jika kamu punya susu dirumah, segera rendam bagian yang terkena noda spidol dengan susu dan tunggu hingga beberapa saat hingga kandungan yang terdapat pada susu mengubah warna pakaian yang terkena noda. Jika warna sudah berubah, kamu bisa mengganti dengan cairan susu yang baru. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga warna noda berubah.

3. Jika karpet terkena noda spidol

cara mudah membersihkan noda spidol permanen di karpet


Segera setelah karpet kesayangan terkena noda spidol, gosok oda tersebut dengan kain yang telah dibasahi air. Lakukan hal ini hingga noda benar-benar tidak b isa diangkat. Jika sudah meksimal, kamu bisa celupkan kain bersih ke deterjen dan gosokkna kembali pada bagian karpet yang terkena noda. Kandungan yang terdapat dalam cairan pembersih seperti deterjen bisa mengangkat noda membandel dari spidol permanen. 

Cara Sederhana dan Murah Bersihkan Sneakers Putih


4. Jaket kulit?

cara mudah membersihkan noda spidol permanen di jaket kulit


Tenang jaket kulitmu akan aman dari noda spidol. Segera setelah terkena noda, gosokkan bagian tersebut dengan tabir surya berulang hhingga noda menghilang. Cara ini ngak hanya bisa dipakai untuk barang berbahan kulit aja, namun kamu juga bisa meneapkannya pada barang yang terbuat dari plastik juga.

5. Jika lemari yang terkena noda?

cara mudah membersihkan noda spidol permanen di lemari kayu


melansir dari Liputan6.com, Kamu bisa menggunakan alkohol untuk membersihkan lemari yang terkena noda spidol. Usapkan kain yang telah dibasahi dengan alkohol pada bagian yang terkena noda dan tunggu hingga noda tersebut menghilang. 

6. Layar TV

cara mudah membersihkan noda spidol permanen di layar TV


Yang punya adik kecil di rumah pasti pernah mengalami ini kan? Anak kecil yang lagi dalam fase aktif memang susah untuk disuruh diam. Apalagi jika mereka menemukan benda baru yang menarik perhatian, maka barang tersebut pun tak akan luput dari coretan. SAlah satu benda yang nggak lupa jadi sasaran coretan anak-anak adalah layar TV.

Yak jika layar TV-mu terkena coretan spidol apalagi spidolpermanen, maka kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Gosok pasta gigi pada permukaan layar hingga noda menghilang. Namuningat jangan menggosok terlalu kencang agar layar TV-mu nggak rusak, dan jangan lupa untuk menambahkan beberapa tetes air pada pasta gigi sebelum digunakan.

Baca Juga
7 Benda yang Harusnya Dibersihkan Tiap Hari tapi Malah Nggak Pernah Dibersihkan
Kalo Dikumpulin Waktumu Buat Main Sosmed dalam Setahun Bisa Buat Baca 182 Buku, Gini Perhitungannya
Kamu Sering Kena Omelan Mama atau Papa? Ini Tips Buat Meluluhkan Hati Orangtua yang Galak



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close