Jumat, 22 Juni 2018

Susah Konsentrasi? Coba 6 Cara Jitu Ini Untuk Melatih Ketajaman Otak

  • Rosiana
  • 19/09/2017 13:43 WIB
Susah Konsentrasi? Coba 6 Cara Jitu Ini  Untuk Melatih Ketajaman Otak
EPIZONE.ID - Apa kamu tipe orang yang susah menangkap pelajaran? Banyak pikiran dan pelajaran yang harus dipelajari biasanya membuat orang susah untuk berkonsentrasi. Gagal konsentrasi dalam memperhatikan pelajaran merupakan tanda bahwa pikiranmu terpecah belah dan kurang fokus. Jika kamu salah satu orang yang susah berkonsentrasi dan fokus, ada baiknya mencoba cara-cara jitu meningkatkan otak dibawah ini:

1. Mengkonsumsi makanan sehat sebagai suplemen otak

Cara jitu meningkatkan ketajaman otak, makan makanan suplemen otak seperti ikan salmon


Ada banyak jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kinerja otak, seperti dilansir dari CNN Indonesia ini 

Ikan Salmon : Seperti diketahui ikan salmon sangat brmanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan daya ingat dan konsentrasi otak. Kandungan lemak dalam ikkan salmon sangat kaya akan DHA. DHA inilah yang secara khusus baik bagi otak manusia. penelitian juga menunjukkan bahwa ikan salmon sangat baik untuk memperbaiki fungsi kognisi dan ingatan.

Sayuran Hijau : Siapa yang nggak suka makan sayur? Nah buat kamu yang nggak suka sayuran hijau, mulai sekarang ubah deh kebiasaanmu. Selain menyehatkan tubuh, sayuran hijau juga bisa meningkatkan kinerja otak. Misalnya sayur bayam, sayur yang biasa jadi masakan ibu di rumah ini ternyata bisa membuat otak perempuan yang mengkonsumsinya menjadi 11 tahun lebih muda. 

Lemak sehat : Makanan yang sehat untuk jantung otomatis juga menyehatkan otak pula. kinerja jantung dan otak sangat berhubungan lewat pembuluh darah. Semakin lancar pembuluh darah, maka semakin baik pula fungsi kognisi dan memori. Nah ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi terutama makanan dengan kandungan lemak sehat seperti kacang almond, minyak zaitun, keju, dan masih banyak lagi.

7 Cara Ini Akan Membuatmu Terhindar Dari Gagal Fokus Saat Ngerjain Tugas

2. Mendengarkan dan bermain musik 

Cara jitu meningkatkan ketajaman otak, mendengarkan dan berman musik


melatih konsentrasi otak juga bisa lewat hal-hal yng menyenangkan loh. Salah satunya lewat musik. Tak hanya sebagai sarana hiburan, bermain musik ternyata juga bisa membantu melatih otak agar lebih tajam. Mendengarkan musik terutam musik yang disukai bisa membuat seeseorang menjadi lebih rileks. Selain itu mendengarkan musik khususnya musik klasik bisa membantu melatih daya ingat dan fungsi kognisi. 

Selain itu, bermusik juga memiliki efek jangka panjang yang manfaatnya bisa dirasakan saat kamu tua nanti loh. Selain melatih daya ingat, bermain musik bisa meningkatkan kemampuan dalam merencanakan suatu hal. 

3. Melakukan meditasi

Cara jitu meningkatkan ketajaman otak, melakukan meditasi ringan


Meditasi ringan bisa membantumu untuk sedikit lebih rileks. Lebih jauh lagi meditasi juga bisa membuat pikiranmu jauh lebih tenang. Melakukan meditasi juga dipercaya bisa membantu seseorang untuk lebih fokus lagi. Kamu bisa berlatih untuk mengatur napas selama 20menit. Tarik napas dan hembuskan napas secara perlahan selama 20 menit setiap harinya. Latihan meditasi ini bisa kamu lakukan saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

8 Fakta tentang Musik dan Gimana Musik Bisa Mempengaruhi Otak

4. Jangan malas olahraga

Cara jitu meningkatkan ketajaman otak, jangan malas berolahraga


Kondisi dan kesehatan otak juga dipengaruhi oleh kesehatan tubuh. Oleh karena itulah jika kamu inginmemiliki otak yang lebih tajam, maka lakukan olahraga setiap hari. Seperti dilansir dari Tempo.co, berbagaimacam olahraga ringan yang bisa meningkatkan denyut jantung seperti berlari, bersepeda, dan berenang ternyata berpeluang untuk meningkatkan kesehatan mental.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa kegiatan yang memerlukan aktivitas fisik seperti olahraga bisa menambah asupan darah ke otak. Hal ini tentu sangat bagus bagi kesehatan dan menambah ketajaman otak dalam menerima pelajaran.

5. Tidur yang cukup

Cara jitu meningkatkan ketajaman otak, tidur yang cukup


Normalnya manusia dewasa membutuhkan waktu tidur kurang lebih selama 7 jam per hari. Jika kurang dari itu, maka bisa menurunkan konsentrasi dan daya ingat seseorang. Nah bila kamu ingin meningkatkan ketajaman dan kemampuan otak, maka tidur yang cukup mutlak menjadi perhatian. Atur jadwal harianmu sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Hal ini selain bisa meningkatkan konsentrasi juga bisa menjaga tubuhmu agar tetap segar setiap harinya.

Tren StudyBlr, Padukan Kegiatan Belajar dan Estetika

6. Hindari perut kosong

Cara jitu meningkatkan ketajaman otak, hindari perut kosong dan terutama jangan lewatkan sarapan pagi

perut kosong bisa menjadi pemicu lemahnya konsentrasimu saat beraktivitas loh. Nah saat di sekolah usahakan untuk menjaga pola makan agar perut selalu terisi ya. Jangan pernah mengabaikan kondisi perut yang kepalaran hanya karena kamu lagi asyik bekerja. Hal ini selain nggak baik juga bisa membuatmu terkena penyakit maag. Saat perut kosong, biasakan untuk segera mengisi perut agar siap untuk melanjutkan pekerjaan. 

Selain itu sarapan juga menjadi hal yang patutu diperhatikan juga. Melewatkan sarapan setiap pagi bisa membuatmu kehilangan konsentrasi saat bekerja maupun sekolah. Seperti dilansir dari Alodokter, ketika bangun pagi kebanyakan energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis untuk aktivitas hari kemarin. Padahal glukosa merupakan satu-satunya bahan bakar yang digunakan oleh otak. Nah kebayang kan akibatnya kalau melewatkan sarapan pagi, selain tubuh yang jadi lemas, otakpun juga kekurangan asupan energi sehingga bisa menurunkan konsentrasi.

Baca Juga
Belajar Sejarah yang Asyik dan Menyenangkan, Emang Bisa?
Berbagai Hal Salah Yang Kamu Lakukan Saat Belajar
6 Tips Manajemen Waktu Buat Kamu yang Super Sibuk

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close