Rabu, 17 Januari 2018

6 Dampak Negatif yang Akan Kamu Rasakan Akibat Kurang Tidur

  • Rosiana
  • 22/09/2017 14:53 WIB
6 Dampak Negatif yang Akan Kamu Rasakan Akibat Kurang Tidur
EPIZONE.ID - Meski tugas menumpuk tapi kamu nggak boleh sampai lupa tidur loh gaes. Tidur merupakan proses penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi akan membuatmu terlihat lelah dan akan merasa malas saat beraktivitas. Kurang tidur bukanlah masalah sepele. Banyak orang saat ini yang menyepelekan tidur hanya karena dikejar tugas dan deadline.

Namun sebenarnya sesibuk apapun kamu, tidur seharusnya menjadi salah satu kebutuhan yang harus didahulukan. Sama seperti makan, kekurangan tidur akan membuatmu mengalami mata merah dan menguap sepanjang hari. Tanpa tidur tubuhmu akan mengalami berbagai gangguan dan bisa berakibat fatal pada tubuh seperti:

1. Kamu akan mengalami kelelahan fisik

Akibat kurang tidur, kelelahan fisik


Melansir dari National Geographic, kurang tidur bisa menyebabkan kelelahan fisik. Hal ini karena waktu istirahat yang diperlukan oleh tubuh tersita oleh kegiatan lain. Sama seperti nutrisi tidur juga diperlukan untuk mengisi kembali energi dalam tubuh yang telah dikeluarkan selama seharian. Jadi jika kamu "nekat" untuk begadang semalaman padahal besoknya ada agenda, maka jangan kaget kalau seharian nanti tubuhmu akan merasakan kelelahan yang luar biasa.

2. Tak hanya fisik, kamu juga akan susah berkonsentrasi dan mengalami penurunan daya ingat

Akibat kurang tidur, susah konsentrasi dan menurunkan daya ingat


Tak hanya kelelahan fisik yang akan kamu hadapi, kurang tidur juga akan berakibat pada penurunan daya konsentrasi dan daya ingat. Kamu kan susah melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak konsentrasi. Parahnya lagi ingatanmu juga akan melemah seiring dengan tubuh yang mudah lelah. Nah kalau udah kayak gini, tandanya tubuhmu perlu diistirahatkan agar bisa kembali menjalankan aktivitas.

Susah Tidur? Biar Tidur Lebih Pulas Hindari 6 Jenis Makanan Ini

3. Memperlambat fungsi kognitifmu

Akibat kurang tidur, memperlambat fungsi kognitif

Sama seperti hal diatas, kurang tidur akan memperlambat kinerja otak. Hal ini juga akan mempengaruhi kemampuan kognitifmu dan membuat ortak tidak bekerja secara maksimal. Disamping itu, kamu juga akan merasa sering bingung dan tiba-tiba blank saat melakukan kegiatan. Ini berbahaya loh, apalagi kalau kamu sering mengendarai kendaraan. Kurang tidur dan mengantuk juga menjadi penyebab utama berbagai kecelakaan di jalan raya. 

4. Kulit kusam dan wajah yang tak lagi bercahaya

Akibat kurang tidur, kulit kusam dan wajah yang tak lagi bercahaya, ditambah dengan munculnya jerawat


Hal ini sangat dihindari kaum hawa karena akan membuatnya terlihat mengerikan. Kulit yang kamu jaga setiap hari akan mengalami kekusaman. Mengutip dari National Geographic, orang yang kekurangan waktu tidur cenderung menyebabkan lingkar mata menjadi hitam. Hal ini akan diperparah dengan tumbuhnya berbagai jerawat pada wajah. Nah nggak mau kan kalau kulit yang kita sayangi ini jadi berjerawat? Maka atur waktu tidurmu agar sesuai dengan kebutuhan. 

5. Mempercepat penuaan dini

Akibat kurang tidur, mempercepat penuaan dini


Nah ini nih momok bagi semua orang. Tak hanya kulit yang terjangki, justru kurang tidur akan mengakibatkan penuaan dini. Melansir dari Alodokter, kurang tidur akan menyebabkan kulit menjadi pucat dan mata bengkak. Namun lebih dari itu, kekurangan tidur terus menerus bisa meningkatkan produksi hormon kortisol berlebiha yang akan membuatnya mengahncurkan protein. Protein ini bertugas untuk menghaluskan kulit dan membuatnya elastis. Jadi jika kamu kurang tidur, maka secara otomatis kulitmu juga akan terlihat lebih tua dari usia yang seharusnya. Nggak mau kan disebut tua sebelum waktunya?

Susah Tidur? Coba 4 Cara Ini, Dijamin Langsung Pules

6. Menyebabkan penyakit diabetes

Akibat kurang tidur, mencegah diabetes

Selain dampak diatas, kurang tidur juga akan menyebabkan seseorang terjangkit beberapa penyakit salah satunya diabetes. Kurang tidur akan menyebabkan metabolismue tubuh menurun. Hal inilah yang bisa kemampuan tubuh dalm mencerna glukosa juga ikut berkurang. Nah dengan banyaknya glukosa yang tidak bisa dicerna, akan membuat tubuh terkena penyakit diabetes serta obesitas.

Baca Juga
Pengen Tidur Berkualitas? Ketahui Baik Dan Buruk Dari 3 Posisi Tidur Ini
10 Lagu yang Cocok Didengarkan Sebelum Tidur, Kamu Bisa Cepet Ngantuk dan Relaks
Foto Dokter Tidur di Lantai Jadi Viral, Begini Cerita Lengkapnya yang Mengharukan

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close