Rabu, 17 Januari 2018

Susah Mempelajari Sesuatu? Coba Metode Feynman dan Kuasai Cara Cepat Belajar Segala Hal

  • Rosiana
  • 27/09/2017 12:50 WIB
Susah Mempelajari Sesuatu? Coba Metode Feynman dan Kuasai Cara Cepat Belajar Segala Hal
EPIZONE.ID - Belajar memang jadi kewajiban setiap siswa. Tak hanya siswa orang dewasa pun juga butuh belajar agar bisa menyesuaikan diri dengan dunia yang selalu bergerak. Terkadang proses belajr ini memang melelahkan. Ada saja keluhan yang datang, khususnya dari siswa yang mengaku kurang bisa menyerap pelajaran.

Hal ini tak lepas dari banyaknya pelajaran yang harus dikuasai di sekolah. Hal ini menyebabkan konsentrasi atau malah day aingat seseorang menjadi terpecah. terlepas dari itu semua ternyata sekarang ada loh cara belajar cepat yang bisa kamu praktekkan saat belajar. Cara ini disebut dengan Metode Feynman. Dilansir dari College Info Geek, Feynman diambil dari nama seorang ilmuwan peraih Nobel di bidang Fisika, Richard Feynman yang menemukan metode ini.

Richard Feynman juga sering disebut sebagai "The Great Explainer" karena kemampuannya menjelaskan gagasan kompleks kepada ilmuwan dan non ilmuwan dengan kejelasan yang sama. Tepatnya Feynman merupakan seseorang yang bisa menjelaskan hal-hal rumit dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti orang awam. 

Nah buat kamu yang sedang mencari gaya belajar baru dan pengen belajar cepat, maka metode Feynman ini mungkin bisa menjadi jawaban. 

Tren StudyBlr, Padukan Kegiatan Belajar dan Estetika



Inti dari Metode ini adalah belajar dengan cara menyederhanakan sesuatu dan berpura-pura menjelaskan hal tersebut kepada orang lain, seolah-olah kita mengajarkan ilmu ini untuk anak kecil. Richard Feynman menggunkan metode ini untuk belajar saat ia sedang kuliah di Universitas Princeton. Cara yang ia gunakan ternyata cukup efektif untuk mempelajari sesuatu yang cukup kompleks dan rumit seperti pelajaran Fisika contohnya. 

Namun metode Feynman tak hanya bisa digunakan untuk mempelajari bidang ilmu alam saja loh. Feynman bisa diterapkan dalam berbagai bidang seperti IT, sejarah bahkan ekonomi. Nah untuk menggunakan metode ini, kamu perlu mempelajari empat langkah berikut ini:

1. Pilih materi yang ingin kamu pelajari dan catat poin-poin penting ke dalam kertas kosong. 

Belajar cepat dengan metode Feynman, menulis di notes


Baca dan pahami dulu materi yang ingin dipelajari, kemudian catat  poin-poin pentingnya ke dalam kertas kosong. Jangan lupa untuk menamai kertas tersebut dengan materi yang sedang kamu pelajari. Kamu juga bisa mencoba menjelaskan sambil mencatat materi. Biar ngak lebih ribet, kamu bisa menggunakan notes khusus untuk mencatat poin penting materi. 

2. Berpura-puralah kamu sedang menjelaskan materi tersebut ke orang lain.

Belajar cepat dengan metode Feynman, berpura-puralah menjelaskan kepada orang lain

Inti dari metode ini adalah bagaiman kamu bisa menjelaskan sebuah materi kepada orang lain dengan bahasa yang sederhana. Nah biar mendukung, kamu bisa membayangkan sedang menjelaskan materi tersebut kepada anak kecil. Dengan begini, kamu jadi mengerti bagian-bagian mana yang sudah dipahami maupun yang belum dipahami. Semakin sederhana pembahasanmu, maka semakin paham pula dirimu dengan materi tersebut. 

Belajar Sejarah yang Asyik dan Menyenangkan, Emang Bisa?

3. Jika ada bagian yang belum dipahami, ulangi hal tersebut hingga benar-benar paham.

Belajar cepat dengan metode Feynman, ulang kembali materi jika belum paham


Dalam percobaan pertama, mungkin ada hal yang terlewat dari penjelasnmu. Nah jika kamu merasa penjelasanmu kurang, kamu bisa baca kembali materi dalam catatanmu. identifikasikan bagian yang bermasalah dan review kembali bagian tersebut. Buka lagi buku pelajaran dan sumber belajarmu dan baca kembali materinya. Kemudian ulangi langkah nomor dua hingga kamu benar-benar paham dengan apa yang diucapkan. 

4. Jangan lupa untuk memperhatikan istilah-istilah kompleks.

Belajar cepat dengan metode Feynman, jangan lupa untuk menghapalkan istilah-istilah yang rumit dan kompleks


Selain bisa menjelaskan kepada orang lain, kamu juga harus bisa menyederhanakan istilah-istilah kompleks yang ditemui. Pastikan orang lain bisa menerima penjelasanmu, meski mereka tidak mempelajari hal yang sama.

Gimana? mudah bukan? metode Feynman ini bisa kamu terapkan untuk mempelajari materi baru, mengingat sebuah konsep dan memperdalam materi yang menurutmu sangat susah untuk dipelajari. Nah tertarik untuk mencoba?

Baca Juga
Tak Lelah Belajar, Profesor Ini Miliki 145 Gelar Akademik di Belakang Namanya
Belajar Mengalahkan Keterbatasan Dari Sosok Seorang Susan Boyle
5 Kebiasaan Yang Akan Meningkatkan Nilai Sekolahmu, Coba Yuk

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close