Sabtu, 18 Agustus 2018

Selain Kopi 6 Makanan Ini Juga Ampuh Cegah Kantuk Melanda

  • Rosiana
  • 28/09/2017 17:10 WIB
Selain Kopi 6 Makanan Ini Juga Ampuh Cegah Kantuk Melanda
EPIZONE.ID - Sering kali kita merasa masih mengantuk ketika bangun di pagi hari. Kopi biasanya menjadi pilihan untuk membuat mata menjadi lebih segar. Namun efek samping dari terlalu sering mengkonsumsi kadang membuat orang-orang memberi batasan tertentu terhadap minuman satu ini, termasuk penderita asam lambung dan mereka yang sensitif terhadap kafein. 

Nah biar lebih segar tanpa kantuk mlagi, mungkin kamu bisa mencoba alternatif dibawah ini sebagai pengganti kafein di pagi hari seperti dilansir dari Wolipop berikut ini:

1. Telur

Makanan pencegah kantuk, telur


Telur memiliki jumlah kolin yang tinggi sehingga bisa mempercepat metabolisme. Hal inilah yang nantinya bisa mencegah kantuk dan cocok dimakan sebagai pengganti kafein dan sumber protein di pagi hari. Kelebihan lain dari telur adalah makanan ini bisa diolah menjadi

2. Oatmeal

Makanan pencegah kantuk, oatmeal

Sarapan favorit ini memang jadi primadona saat sarapan. Hal ini karena makanan ini mengandung magnesium dan fosfor yang yang dapat mencegah kelelahan. Semangkuk bubur oatmeal perlu waktu lama melalui proses pembakaran di tubuh, sehingga membuat energi dilepaskan secara perlahan. Jadi ketika seseorang mengkonsumsi oatmeal sebagai sarapan, ketika tiba waktu makan siang dia tidak akan mudah kelaparan dan mencegah kantuk saat siang. 

3. Sayuran hijau

Makanan pencegah kantuk, sayuran hijau


Makanan yang mengandung sayuran hijau sudah pasti bisa meningkatkan energi, apalagi jika dimakan saat sarapan. Sayuran hijau yang kaya akan vitamin B membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Sarapan dengan sayuran hijau bisa membuatmu terjaga dan tidak merasa mengantuk hingga nanti jam makan siang. 

4 Tips Jitu Atasi Kantuk yang Mengganggu Saat di Kelas

4. Apel

Makanan pencegah kantuk, apel


Dilansir dari Merdeka, buah satu ini membantu tubuh untuk menciptakan lebih banyak sel darah merah yang bisa membawa oksigen menuju ke otak. Ketika ada pasokan oksigen ke otak, hal ini akan membuat tubuh lebih lama terjaga. Otak yang kekurangann oksigen akan membuat seseorang merasa letih hingga mengantuk. 

5. Minum air putih

Makanan pencegah kantuk, minum air putih


Meski bukantermasuk makanan, namun air putih ternyata jug ampuh mengusir kantuk loh. Ketika tubuh kekurangan cairan atau sedang mengalami dehidrasi, seseorang tentu merasa lemas dan hal ini tentu akan membuat seseorang merasakan kantuk. Oleh sebab itu usahakan untuk minum air putih 8 hingga 10 gelas sehari untuk menghindari kantuk. 

6. Tahu

Makanan pencegah kantuk, tahu

Seperti telur, tahumerupakan salah satu sumber protein yang berguna bagi tubuh. Mengkonsumsi bahan makanan ini akan membuat asupan protein ke dalam tubuh terpenuhi sehingga menghindarkanmu dari kantuk di pagi hari. 

Baca Juga
7 Fakta tentang Kopi yang Bakal Bikin Kamu Males Ngopi
Biji Kopi Termahal Di Dunia Ada di Dubai
Lakukan Kebiasaan Positif Saat Memulai Pagi Biar Harimu Lebih Semangat

  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close